Periksa Fakta

Foto Najwa Shihab dengan Sandiaga Bukanlah Tanda Dukungan Pilpres

Oleh: Frendy Kurniawan - 25 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Gambar itu diambil pada 2016
tirto.id - Setelah nomor urut kandidat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 resmi ditetapkan, berbagai klaim dukungan muncul di media sosial. Banyak yang meragukan atas informasi yang beredar itu. Berbekal sebuah foto, presenter talk show Najwa Shihab, dirumorkan mendukung Prabowo-Sandiaga.

“Akhirnya Najwa Shihab Dukung Prabowo-sandi. Alhamdulillah Kekuatan Makin kuat. #2019GantiPresiden #2019PrabowoSandi," tulis akun Forum Politik Republik Indonesia di Facebook, dua hari lalu. Kalimat itu menyertai unggahan foto. Nana, panggilan akrab Najwa, tampak sedang berswafoto bersama Sandiaga Uno dan Suryopratomo. Di foto itu Nana mengacungkan jari telunjuk dan tengah yang identik dengan angka dua.

Entah sengaja ingin menghubung-hubungkan atau apa, foto dijadikan alat tafsir bahwa Nana akhirnya mendukung Prabowo-Sandiaga. Pasalnya, nomor urut Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres 2019 adalah 2 (dua). Masalahnya, tidak ada keterangan lain selain foto dan status unggahan FB itu.

Fakta

Tirto lantas mencoba mencari asal-muasal foto itu. Berbekal telusur Reverse Image, jauh-jauh hari sudah ada foto itu. Dalam cuitan akun Twitter Mata Najwa, 3 Agustus 2016 pukul 1:27 AM, foto itu muncul sebagai ilustrasi promo tayangan acara di hari yang sama.

Konteks atas foto semakin terang setelah Tirto menghubungi Nana secara langsung (25/9/2018). Dia menerangkan bahwa benar foto itu asli. Namun, foto itu adalah foto lama. Sandiaga disebutnya sedang melakukan media visit ke kantor Metro TV, kantor lama Nana dulu.

“Itu foto lama. Dua tahun lalu. Bahkan sebelum Pilkada DKI [berlangsung]” ungkap Nana.

Nana menyebut bahwa dirinya di dalam foto masih menggunakan seragam kantor lamanya yang berwarna biru, yakni seragam awak Metro TV. Di dalam foto itu pun, bosnya, Suryopratomo, salah satu direktur stasiun TV tersebut, terlihat menemani.

Soal tanda dua jari, Nana pun menjelaskan bahwa itu adalah simbol peace (salam damai) dan bukan nomor urut terkait apapun.

“Tanda V yg saya acungkan itu juga mengartikan simbol peace [salam damai]. Bukan angka nomor urut. Sekali lagi, bahkan, ketika itu Mas Sandi [Sandiaga] belum ada nomor urut untuk Pilkada DKI” jelasnya.

Bahkan foto yang sama dengan klaim yang salah pula disebutnya sempat beredar saat Pilkada DKI tengah berlangsung. Nana dituduh mendukung nomor urut 2 (dua) Basuki-Djarot saat berswafoto dengan Sandiaga—nomor urut 3 (tiga) pada Pilkada DKI itu.

Kesimpulan

Setelah melalui pelacakan foto dan konfirmasi langsung kepada Najwa Shihab, dapat disimpulkan bahwa informasi di atas masuk kategori disinformasi.

Foto tersebut bukanlah foto rekayasa, tapi konteks dan keterangan informasinya salah, atau memang telah digubah sedemikian rupa secara sengaja. Salah satunya dengan ditafsirkan sebagai klaim dukungan kandidat di Pilpres 2019.

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Frendy Kurniawan
(tirto.id - Politik)


Penulis: Frendy Kurniawan
Editor: Maulida Sri Handayani