Format Badminton BWF World Championship 2022, Kapan, Tayang TV Apa

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof, tirto.id - 16 Agu 2022 17:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini info tentang format Badminton BWF World Championship 2022, serta jadwal kapan digelar, dan tayang TV apa.
tirto.id - Format Badminton BWF World Championship 2022 berupa turnamen yang diawali dengan babak 64 besar, dan berlanjut hingga final. Kapan Kejuaraan Dunia Badminton BWF 2022 berlangsung, serta akan tayang di TV apa?

Kejuaraan Dunia BWF 2022 akan berlangsung pada bulan ini, tepatnya mulai 22-28 Agustus 2022. Rangkaian pertandingan Badminton BWF World Championship 2022 digelar di Tokyo, Jepang.

Sementara itu, siaran langsung Badminton BWF World Championship 2022 bisa ditonton oleh para pecinta bulu tangkis di Indonesia melalui tayangan live iNews TV, dan juga live streaming RCTI+.


Format BWF World Championship 2022

BWF World Championship adalah turnamen badminton yang paling bergengsi di dunia. Turnamen ini merupakan kejuaraan individu bulu tangkis yang akan jadi penentu peraih gelar juara dunia.

Terdapat 5 sektor di kejuaraan tersebut, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Pebulu tangkis yang meraih medali emas di masing-masing sektor itu memiliki kesempatan besar untuk menempati ranking teratas BWF.

BWF World Championship pertama kali diadakan pada 1977. Pada awalnya, turnamen diagendakan berlangsung setiap 2 tahun. Namun, sejak tahun 2003, penyelenggaraan BWF World Championship berubah menjadi setahun sekali. Hanya saja, jika bertepatan dengan Olimpiade Musim Panas yang digelar 4 tahun sekali, kejuaraan tersebut tidak digelar.


Format yang dipakai di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF adalah sistem turnamen. Seluruh tim peserta yang terdiri dari 128 pebulu tangkis, akan diundi sehingga dipertemukan di babak awal, yakni 64 besar.

Dengan format turnamen, setiap pemain yang kalah di babak tertentu akan langsung dinyatakan gugur. Kejuaraan akan terus dimainkan sejak babak 64 besar hingga partai final.

Semua pemain dari setiap sektor yang berhasil melaju ke semifinal berhak mendapatkan medali. Medali perak dan emas akan diperebutkan di partai final. Sementara itu, 2 pasangan/individu yang gugur di babak semifinal berhak menggondol medali perunggu.

Jadwal BWF World Championship 2022

Jadwal BWF Wolrd Championship adalah pada 22-28 Agustus 2022. Venue rangkaian pertandingan bertempat di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang.

Dalam BWF World Championship 2022, Indonesia mengirimkan 15 pemain, baik tunggal maupun ganda. Ajang ini menjadi kesempatan bagus bagi Kontingen Merah-Putih untuk menyabet medali emas di beberapa sektor.

Di Kejuaraan Dunia BWF edisi sebelumnya, Indonesia menarik mundur para pemainnya lantaran pandemi Covid-19. Maka itu, edisi kali ini bisa menjadi ajang untuk menunjukkan kekuatan bulu tangkis Indonesia ke mata dunia.

Seluruh pasangan ganda putra Indonesia akan memulai kejuaraan ini dari babak 32 besar. Sama halnya dengan pasangan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Sementara itu, di sektor lainnya, wakil-wakil Indonesia akan tampil sejak babak awal (64 besar).

BWF World Championship 2022 Tayang di Mana?

Jika tak ada perubahan jadwal, rangkaian pertandingan badminton Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (BWF World Championship 2022) dapat disaksikan lewat live streaming RCTI+.

Selain itu, sejumlah pertandingan badminton pilihan di ajang itu bisa ditonton via siaran langsung iNews TV. Pecinta badminton juga bisa memantau kejuaraan yang sama melalui live score BWF.

Baca juga artikel terkait BWF WORLD CHAMPIONSHIP 2022 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Addi M Idhom

DarkLight