Daftar Wakil Indonesia di BWF World Championship 2022 & Peringkat

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 15 Agu 2022 12:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah daftar wakil Indonesia di BWF World Championship 2022, termasuk peringkatnya.
tirto.id - Daftar wakil Indonesia di BWF World Championship 2022 terdiri dari 15 di 5 nomor berbeda. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, menjadi wakil Indonesia dengan peringkat BWF tertinggi yakni ranking 1.

Pasangan ganda putra itu pun menempati unggulan pertama di turnamen yang digelar di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang.

Sektor ganda putra menjadi andalan Indonesia di BWF World Championship 2022. Pasalnya, 3 dari 4 pasangan yang tampil di nomor tersebut merupakan pasangan unggulan.


Selain Marcus/Kevin, yang menempati unggulan pertama, ada juga Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, yang menempati unggulan ke-3, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang menempati unggulan ke-5 di BWF World Championship 2022.

Satu-satunya wakil Indonesia di nomor ganda putra adalah Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, yang memiliki peringkat 19 BWF. Kendati begitu, pasangan tersebut berpotensi membuat kejutan karena di tahun 2022 juga sukses meraih gelar All England.


Tunggal Putra Indonesia Kirim 4 Wakil di BWF World Championship 2022

Selain ganda putra, nomor tunggal putra juga mengirim 4 wakil di BWF World Championship 2022. Juara Malaysia Master 2022 Chico Aura Dwi Wardoyo, mendapat undangan resmi dari BWF setelah pemain Indonesia lainnya Shesar Hiren Rhustavito, batal tampil karena cedera.

Sebelumnya, Chico masuk dalam daftar tunggu pemain di nomor tunggal putra. Namun, dia dipastikan tampil di BWF World Championship untuk pertama kalinya di tahun 2022.

"Saya bersyukur bisa tampil di Kejuaraan Dunia. Saya ingin mengeluarkan kemampuan terbaik dari latihan yang sudah saya jalani, dan ingin menikmati permainan juga," kata Chico Aura Dwi Wardoyo, dikutip dari Antara.

Selain Chico, 3 tunggal putra Indonesia juga bakal tampil. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie, dan Tommy Sugiarto.


Anthony Ginting, yang baru meraih gelar Singapore Open 2022 bertekad meraih hasil terbaik di BWF World Championship 2022. Dia mengatakan siap menghadapi semua lawan, termasuk jika kembali bertemu dengan Viktor Axelsen.

"Kalau bertemu Axelsen, saya punya motivasi sendiri. Pastinya, saya harus fokus dulu melewati pertandingan satu per satu, karena semua pemain [di BWF World Championship] memiliki peluang untuk menang," kata Ginting.

Berdasarkan hasil drawing BWF World Championship 2022, Anthony Ginting, akan menghadapi Ygor Coelho, di ronde pertama (64 besar). Jika mampu terus melaju, pemain peringkat 6 BWF tersebut berpeluang menghadapi Viktor Axelsen di babak perempat final.


Daftar Wakil Indonesia di BWF World Championship 2022

Selain nama-nama di atas, Indonesia masih memiliki wakil lainnya di BWF World Championship 2022. Berikut ini adalah daftar pemain Indonesia lengkap dengan peringkat BWF terbaru update 9 Agustus 2022.

Tunggal Putra

  • Anthony Ginting (6)
  • Jonathan Christie (7)
  • Tommy Sugiarto (33)
  • Chico Aura Dwi Wardoyo (36)

Tunggal Putri

  • Gregoria Mariska Tunjung (24)
  • Putri Kusuma Wardani (45)

Ganda Putra

  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (1)
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (3)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (5)
  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (19)

Ganda Putri


  • Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto (28)
  • Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (43)

Ganda Campuran

  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (18)
  • Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (44)
  • Zachariah Josianhno Sumanti/Hediana Julimarbela (52).


Baca juga artikel terkait BWF WORLD CHAMPIONSHIP 2022 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight