Fokus ke Audiens Milineal Portal Viva Pilih Tagline #Newstainment

Oleh: Muhammad Akbar Wijaya - 22 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Viva.co.id catatakan sejuta artikel pada Januari 2018.
tirto.id - Portal berita Viva.co.id akan fokus menyediakan artikel yang lebih bisa diterima generasi milineal. Caranya dengan menyuguhkan artikel-artikel yang informatif, insipratif, menghibur, dan dilengkapi multimedia terkini. “Dengan memperhatikan tren industri digital saat ini, Viva.co.id harus berubah supaya lebih dekat dengan audience yang didominasi generasi milenial,” kata Direktur Utama Viva.co.id David Burke dalam keterangan pers yang diterima Tirto, Kamis (22/2).

Keinginan menyasar audiens milineal disampaikan Burke dalam acara syukuran artikel ke sejuta yang tayang di Viva.co.id. Burke mengatakan artikel kesejuta merupakan refleksi sekaligus titik awal VIVA.co.id untuk menyegarkan konten-konten jurnalistik yang bisa diterima generasi milenial. "Perubahan ini dilakukan dengan mengganti logo VIVA.co.id yang lebih segar dan berwarna serta mengubah tagline menjadi #1NEWSTAINMENT," ujarnya.

Burke mengatakan satu juta artikel merupakan wujud eksistensi dan komitmen VIVA.co.id dalam upaya melawan hoax. Artikel kesejuta Viva.co.id tayang pada akhir Januari 2018 saat umur perusahaan menginjak 9 tahun. Artikel pertama yang tayang di Viva.co.id berjudul "Lokasi Pelayanan STNK dan SIM Keliling". Artikel ini tayang pertama kali pada 16 September 2008 pukul 09.45 di situs yang kala itu masih bernama VIVAnews. Sedangkan artikel kesejuta di Viva.co.id berjudul "Ditemani Katy Perry, Minnie Mouse Catat Nama di Walk of Fame" tayang pada 24 Januari 2018 pukul 10.30 WIB.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan teman-teman VIVA.co.id, kontributor, staf, pembaca, visitor, dan juga para sponsor yang sudah mendukung kami selama ini. VIVA.co.id akan terus beradaptasi dan memberikan terbaik untuk terus bersaing di pasar. Langkah awal ini kami wujudkan dengan perubahan logo dan tagline," kata Burke.

VIVA.co.id adalah portal berita online yang diluncurkan di Jakarta pada Desember 2008. Saat itu masih bernama VIVAnews. Namun pada 2012 terjadi transformasi besar-besaran dan berubah menjadi VIVA.co.id. Pada Januari 2018, VIVA.co.id mencatat pageviews 73,8 juta, visits 31,7 juta, dan unique visitor (pengunjung baru) 25 juta. Berdasarkan data Comscore Desember 2017, VIVA.co.id bertengger di jajaran 10 besar berita online di Indonesia. VIVA.co.id dikelola oleh PT Viva Media Baru yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Visi Media Asia,Tbk (VIVA) dan bagian dari Grup Media Bakrie.

Baca juga artikel terkait SITUS ONLINE atau tulisan menarik lainnya Muhammad Akbar Wijaya
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Muhammad Akbar Wijaya
Penulis: Muhammad Akbar Wijaya
Editor: Muhammad Akbar Wijaya
DarkLight