Flickr akan Hapus Foto Akun Gratis Melebihi Batas Mulai 12 Maret

Oleh: Ibnu Azis - 8 Februari 2019
Pengguna Flickr dapat beralih ke akun pro, mengunduh fotonya, atau menggunakan layanan lain.
tirto.id - Flickr mulai bulan Maret 2019 akan menghapus foto pengguna akun gratis yang melebihi batas. Semula, tenggat yang diberikan pada 5 Februari lalu.

"Berdasarkan umpan balik dari anggota, kami telah memutuskan untuk memperpanjang tenggat penghapusan," kata Scott Kinzie, Wakil Presiden Flickr, seperti dikutip dari USA Today, Jumat (8/2/2019).

Kebijakan ini berawal dari keluhan pengguna yang tak dapat mengunduh media dengan cepat. Atas dasar itu, Flickr mengubah aturan terkait pembatasan foto bagi pengguna gratis.

Kini, mereka hanya dapat menyimpan 1.000 foto, yang sebelumnya hingga 1TB. Oleh karenanya, apabila melebihi jumlah itu, maka pengguna berisiko kehilangan koleksinya pada tanggal eksekusi yang telah ditetapkan.

"Prioritas kami memastikan mereka sadar bahwa foto-foto berisiko dihapus jika disimpan di akun Flickr Free lebih dari 1.000 foto," jelas Kinzie.

Pada November 2018, Flickr sudah mengumumkan perihal ini sekaligus solusinya. Opsi utama, pengguna membayar keanggotaan pro senilai 50 dolar AS untuk penyimpanan tanpa batas.

Kedua, mengunduh foto yang melebihi batas agar tak dihapus, dan terakhir, menggunakan layanan foto lain, misalnya Google Photos.

Adapun Flickr merupakan platform penyimpanan media khususnya foto yang jadi andalan fotografer. Diperkenalkan pada 2004, popularitasnya yang meningkat pesat membuat Yahoo! mengakuisisinya pada 2005.

Namun, Flickr kemudian dilepas ke SmugMug pada 2018 dengan nilai yang tak disebutkan.


Baca juga artikel terkait MEDIA SOSIAL atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight