Fitur Unggulan MIUI 11 dan Smartphone Xiaomi yang Terima Update

Oleh: Ibnu Azis - 5 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
MIUI 11 menawarkan beragam fitur unggulan dan sudah dapat di-instal ke beberapa smartphone Xiaomi yang telah dipasarkan di Indonesia.
tirto.id - MIUI 11, sistem operasi (OS) terbaru Xiaomi, diklaim lebih efisien dibanding dengan versi sebelumnya.

Dari segi desain, MIUI 11 memiliki antarmuka yang minimalis dan sudah didukung dengan mode gelap.

Fitur dark mode ini untuk memanjakan mata bagi yang tidak terlalu menyukai layar terang.

Keunggulan lainnya ialah fitur Sounds of Nature yang bikin nada alarm terdengar lebih alami seperti suara ombak.

Mi Fans--sebutan pengguna perangkat Xiaomi--juga bisa menggunakan nada notifikasi secara real-time, misalnya ketika malam hari, nadanya otomatis berubah menjadi suara jangkrik.

Mi Doc Viewer tampil dengan thumbnail dan lebih eye catching sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pekerjaan.

Fitur ini juga sudah dilengkapi dengan currency converter dan kalkulator yang membuat pengguna bisa memakainya di waktu bersamaan.

Bila Mi Fans bosan dengan tampilan wallpaper yang itu-itu saja, mereka di MIUI 11 bisa membuka fitur Wallpaper Carousel yang memungkinkan gambar latar belakang berubah secara otomatis.

Pengguna bahkan dapat memilih video untuk dijadikan wallpaper.

Xiaomi juga menyediakan Mi Share yang memungkinkan sesama pengguna untuk berbagi data dengan cara yang lebih mudah dan cepat untuk mengganti fungsi Bluetooth.

MIUI 11 bisa digunakan pada Redmi Note 8 Pro, Redmi 8A, Redmi 7A, Redmi 7, Redmi Note 5A, Redmi Note 6 Pro, Pocophone F1, Mi 8 Lite, Redmi S2, Redmi 5, dan Redmi 5A.

Redmi Note 8, Redmi 6A, Redmi 6, dan Redmi 5 Plus sudah dapat menggunakan sistem operasi baru tersebut. Sedangkan Redmi 8, juga dapat menikmatinya bulan ini.

Xiaomi memperkenalkan MIUI 11 kepada Mi Fans Indonesia dalam acara peluncuran Redmi 8 dan Redmi 8A di Jakarta pada Rabu (4/12/2019) kemarin.

"Sejak semula, kami ingin menghadirkan komunikasi yang lebih langsung dan efisien antara pengguna dan perangkat komunikasinya," ujar Alvin dalam peluncuran tersebut.

Selain MIUI 11, Redmi 8, dan Redmi 8A, Xiaomi pada hari yang sama mengumumkan kehadiran Mi True Wireless Earbuds Basic, yakni penyuara kuping nirkabel bentuk kuncup (wireless earbuds).

Mi True Wireless Earbuds Basic dibanderol dengan harga Rp299 ribu. Earbuds tersebut mulai bisa didapatkan pada 12 Desember mendatang.


Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: Antara
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight