Fitur dan Keunggulan LG Wing, Tak Sekadar Andalkan Layar Putar

Oleh: Ibnu Azis - 23 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Saat layar depan LG Wing diputar 90 derajat, ponsel ini akan membentuk hurur "T".
tirto.id - Alih-alih merilis smartphone layar lipat, LG mengumumkan ponsel unik dua layar dengan layar depan yang dapat diputar. Apa saja fitur dan keunggulannya?

Diumumkan pada pekan lalu tepatnya 14 September 2020, LG Wing usung desain nyentrik dan berbeda dibanding smartphone lipat saat ini. LG Wing punya dua mode: Basic dan Swivel.

Sebagaimana dirangkum dari laman LG Global, mode Basic memungkinkan LG Wing berfungsi sebagai smartphone pada umumnya. Layar utamanya luas dengan diagonal 6,7 inci FHD+ tiper POLED. Ponsel ini tampak jangkung lantaran punya rasio 20,5:9.

Layar LG Wing bersih tanpa "poni" lantaran kamera depan tersembunyi berkat teknologi "nyembul" yang akan nongol saat diperlukan. Adapun kamera selfie ponsel ini berkekuatan 32MP.

Soal kamera utama, LG Wing dibekali tiga buah kamera di bodi belakangnya terdiri dari lensa utama 64MP, lensa ultra-wide 13MP, dan lensa ultra-wide big pixel 12MP.

Mode berikutnya, Swivel, cukup unik, lantaran depan LG Wing dapat diputar 90 derajat. Ya, ponsel ini punya dua layar yang seakan menumpuk. Pada mode ini banyak hal yang bisa dilakukan.

Mengenai layar kedua tampak lebih kecil berdiagonal 3,9 inci dengan tipe panel OLED. Layar kedua ini akan nongol saat layar utama LG Wing diputar. Saat diputar, LG Wing seperti membentuk huruf "T".

BBC melansir LG mengklaim engsel LG Wing tangguh hingga 200 ribu putaran atau dengan rata-rata 100 putaran setiap hari selama lima tahun. Engselnya dilengkapi dengan peredam kejut hidrolik.


Untuk dapur pacu, LG membekali LG Wing dengan chipset Snapdragon 765G 5G yang disandingkan bersama RAM 8GB dan internal 256GB. Penyimpanan internalnya bisa diekspansi hingga 2TB menggunakan microSD.

Soal daya tahan, LG Wing tertanam baterai berkapasitas 4.000mAh didukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4.0 untuk pengisi daya cepat. Ada pula konektivitas NFC di ponsel ini.

Perangkat yang tersedia dalam warna Aurora Gray dan Illusion Sky ini juga didukung teknologi pemindai sidik jari di dalam layar. Soal software, LG Wing menjalankan sistem Android 10.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari LG Wing adalah lebih memudahkan aksi multitasking di smartphone. Lantaran layar depan bisa diputar, ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Androidauthority melansir LG Wing bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus tanpa perlu membagi layar menjadi dua atau split screen sebagaimana ponsel Android berlayar besar pada umumnya. Layar utama bisa untuk aktivitas utama, layar yang lebih kecil untuk keperluan lain.

LG Wing bisa dipakai untuk GPS sementara layar kedua membuka aplikasi musik. Layar utama untuk menonton streaming video di YouTube sementara layar kedua membalas pesan teks. Layar yang lebih kecil bahkan bisa digunakan untuk trackpad.

Layar LG Wing pun bisa dijadikan gimbal untuk merekam video agar lebih stabil. Ketika layarnya diputar, layar yang lebih kecil bisa menjadi pegangan untuk stabilitas.

Jika bicara soal kebutuhan multitasking, LG Wing sebenarnya tak sendirian di sini. Kompetitor lain, macam Microsoft Serface Duo dan Samsung galaxy Z Fold 2 juga mumpuni.

Namun, desain mereka tak senyentrik LG Wing dan sekadar ponsel yang dapat dilipat saja: dibuka tawarkan pengalaman serupa dengan perangkat tablet, ditutup seperti ponsel biasa.

LG Wing diagendakan meluncur di negara asalnya Korea Selatan pada bulan Oktober mendatang. Amerika Utara dan Eropa jadi wilayah berikutnya pemasaran ponsel ini. LG belum mengungkap harga perangkat uniknya itu.


Baca juga artikel terkait LG WING atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight