Film Prekuel "Master and Commander" akan Masuk Tahap Produksi

Oleh: Dede Mudopar - 8 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Film Prekuel "Master and Commander" akan masuk tahap produksi dan kembali dibintangi oleh Russell Crowe.
tirto.id - Setelah 18 tahun petualangan Kapten Jack Aubrey dalam film Master and Commander: The Far Side of the World dirilis, kini prekuel film tersebut sedang dalam tahap pengerjaan.

Sebagaimana dilansir dari Deadline, pihak 20th Century kembali ke laut lepas untuk mengembangkan film Master and Commander yang akan ditulis oleh Patrick Ness dalam mengadaptasi naskahnya.

Ness merupakan penulis yang menggarap naskah film A Monster Calls, Chaos Walking dan Anya's Ghost yang sedang diproduksi oleh sutradara Dan Mazer.

Naskah film ini kemungkinan akan diambil dari buku pertama dalam seri Aubrey–Maturin karya Patrick O'Brian.

Namun, pihak 20th Century belum mempublikasikan siapa yang akan menjadi sutradara dalam proyek ini. Deretan pemeran juga belum ada yang dilampirkan oleh pihak studio.

Film Master and Commander: The Far Side of the World dirilis pada 2003 dan disutradarai oleh Peter Weir.

Film yang berlatar Perang Napoleon ini mengikuti kisah Kapten Jack Aubrey yang diperankan oleh Russell Crowe, seorang kapten Inggris yang mengejar kapal perang Prancis di sekitar Amerika Selatan.

Selain dibintangi oleh Russell Crowe film ini juga menghadirkan Paul Bettany yang berperan sebagai Dr. Stephen Maturin dan Billy Boyd yang memerankan Barrett Bonden.

Film ini mampu meraih nominasi untuk 10 penghargaan dalam Academy Awards 2004, salah satunya nominasi film terbaik.

Dalam ajang tersebut, film ini memenangkan dua penghargaan di antaranya Sinematografi Terbaik dan Penyuntingan Suara Terbaik.

Melansir Variety, film Master and Commander pada awalnya dirancang untuk menjadi sebuah film franchise dengan setiap angsuran mengangkat setiap kisah kapten angkatan laut yang gagah dan ahli bedah kapal yang cerdas saat mereka menavigasi sebuah kapal di masa Perang Napoleon. Namun, rencana itu tidak terealisasikan.

Sejak dirilis November 2003, film Master and Commander: The Far Side of the World telah menghasilkan 211 juta dolar AS dari pemutarannya secara global.

Pendapatan yang dihasilkan cukup mengecewakan secara komersial mengingat anggarannya sebesar 150 juta dolar AS.

Master and Commander: The Far Side of the World menjadi film kedua terakhir yang disutradarai oleh Peter Weir.

Sutradara kelahiran Australia menyutradarai film terakhirnya The Way Back yang dirilis tahun 2010.

Selain itu, salah satu karya Weir yang terbilang sukses mengangkat namanya ialah Dead Poets Society yang dirilis pada 1989.

Film yang dibintangi oleh Robin Williams ini mendapat banyak penghargaan, salah satunya penghargaan Skenario Terbaik yang Ditulis Langsung untuk Layar Lebar dalam ajang Oscar 1990.


Baca juga artikel terkait MASTER AND COMMANDER atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Dhita Koesno
DarkLight