Film Godzilla vs Kong Kuasai Box Office Cina

Oleh: Dede Mudopar - 29 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Film Godzilla vs Kong berhasil menguasai box office Cina sejak pemutarannya pada 25 Maret 2021.
tirto.id - Film dari Warner Bros dan Legendary Entertainment Godzilla vs Kong berhasil menguasai box office Cina sejak pemutarannya pada 25 Maret 2021.

Dilansir dari Variety (28/3), film yang disutradarai oleh Adam Wingard ini berhasil mengumpulkan pendapatan 70 juta dolar AS dari pemutarannya di Negeri Tirai Bambu tersebut. Hal ini menjadi pemutaran perdana terbesar untuk judul asing di tahun 2020 dan 2021 dengan menguasai 82 persen dari pangsa pasar akhir pekan.

Di hari pertama pemutarannya Godzilla vs Kong mampu meraup penghasilan senilai 20,9 juta dolar AS atau dua kali lipat dari film Tenet sebesar 8,7 juta dolar AS pada hari pertama September lalu.

Bertenggernya film Godzilla vs Kong di box office Cina tidak terpengaruh oleh situasi aksi boikot terhadap merek-merek Barat yang khawatir tentang potensi pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang di negara itu.

Film franchise MonsterVerse telah menghasilkan lebih banyak uang di Cina daripada di AS. Film pertama Godzilla meraup 77,6 juta dolar AS, kemudian sekuelnya Kong: Skull Island menghasilkan 168 juta dolar AS. Film ketiga tahun 2019 Godzilla: Kong of the Monsters meraup 135 juta dolar AS di Cina atau 25 juta lebih banyak daripada di Amerika Serikat.

Melansir The Hollywood Reporter, film Godzilla vs Kong menjadi film berpenghasilan terbaik selama pandemi Covid-19. Di hari pembukaannya film yang ditulis oleh Eric Pearson ini berhasil meraup 121,8 juta dolar AS di box office luar Amerika Serikat. Sebelumnya film yang berpenghasilan terbesar di masa pandemi yaitu Tenet karya Christopher Nolan dengan meraup 53 juta dolar di hari pembukaannya.

Selain di Cina, film Godzilla vs Kong mendapatkan pembukaan yang baik di beberapa negara seperti Meksiko sebesar 6,3 juta dolar AS. Di Australia film ini berhasil meraup penghasilan 6,3 juta dolar AS di hari pertamanya melampaui pendapatan King of the Monsters dan di Rusia berhasil meraup 5,8 juta dolar AS.

Film Godzilla vs Kong baru akan tayang di bioskop maupun streaming di daerah Amerika Utara pada 31 Maret 2021 atau lima hari setelah debutnya di Cina dan negara lainnya.

Sementara itu, box office domestik Amerika Serikat pekan lalu dikuasai oleh film Nobody. Film yang disutradarai oleh Ilya Naishuller itu berhasil meraup penghasilan senilai 6,7 dolar AS sejak rilis pertamanya pada 26 Maret 2021.

Di posisi kedua box office AS pekan lalu ada Raya and the Last Dragon (3,5 juta dolar AS), disusul oleh Tom and Jerry (2,5 dolar AS), Chaos Walking (1,2 dolar AS) dan film The Courier berada di posisi kelima dengan penghasilan 1 juta dolar AS.


Baca juga artikel terkait GODZILLA VS KONG atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight