Film First Man Tak Tampilkan Bendera AS di Bulan, Trump Kecewa

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 10 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Donald Trump menyayangkan Film First Man yang sama sekali tak menampilkan bendera AS yang tertanccap di bulan, saat Neil Armstrong mendarat disana untuk pertama kalinya.
tirto.id - Senator dari Partai Republik AS, Marco Rubio, berkomentar mengenai film First Man yang tidak menunjukkan bendera AS yang ditanam di bulan.

Menanggapi hal tersebut, sang Sutradara, Damien Chazelle menjelaskan bahwa inti dari film ini adalah menceritakan kisah yang tak terkatakan dan tak diketahui.

“Inti dari film ini adalah menceritakan kisah yang tak terkatakan, untuk melihat hal-hal yang tidak kami ketahui, yang tidak kami lihat. Jadi itu murni pilihan estetik - tidak ada yang berbau politik sama sekali,” jelas Damien, dilansir The Guardian, Minggu (7/10/2018).

Pendapat yang serupa keluar dari Presiden AS Donald Trump. Ia menanggapi film First Man yang tidak menampilkan bendera Amerika yang menancap pertama di Bulan.

"Saya pikir itu sangat disayangkan, Ini hampir seperti yang mereka banggakan, hampir seperti mereka malu dengan pencapaian yang datang dari Amerika. Saya pikir itu hal yang mengerikan,” ujar Trump.

Ia menambahkan, “Saya benar-benar percaya, karena ketika Anda memikirkan Neil Armstrong dan ketika Anda berpikir tentang pendaratan di bulan, Anda berpikir tentang bendera Amerika. Dan saya mengerti mereka tidak melakukannya [dalam First Man]. Jadi untuk alasan itu, saya bahkan tidak ingin menonton film itu,” ujar Trump.

Merespons pendapat Donald Trump mengenai filmnya, Damien mengatakan ia merasa sedih dan berharap Trump dapat mengubah pendapatnya.

“Saya harap dia berubah pikiran. Saya pikir siapa saja yang melihat film akan melihat patriotisme yang saya pikir sepenuhnya merupakan bagian dari itu (film),” ucapnya.

First Man, film bergenre drama biografi yang menceritakan perjalanan manusia pertama “Neil Armstrong” ke Bulan.

Film drama produksi Universal itu akan mempertemukan kembali tim "La La Land", sang sutradara Damien Chazelle dengan aktor Ryan Gosling.

The Hollywood Reporter, "First Man" saat ini masih menjadi satu-satunya film yang dijadwalkan akan rilis pada tanggal tersebut.

Sementara itu Warner Bros akan merilis dua film, yaitu kisah superhero "Aquaman" yang satu pekan mendahului rilis First Man. Film kedua adalah "Jungle Book: Origins" , satu pekan setelah First Man rilis.

First Man ditulis oleh Josh Singer, film drama tersebut menggambarkan Neil Armstrong sebagai orang pertama yang melakukan misi NASA untuk mendarat di bulan, berfokus pada tahun 1961-1969 dan astronot pertama yang menjadi orang pertama menginjakkan kaki di bulan.

Ditulis berdasarkan buku James R. Hansen, film tersebut akan mengeksplorasi pengorbanan dan biaya — Armstrong dan negara — untuk misi paling berbahaya dalam sejarah.

"First Man" akan diproduksi oleh Wyck Godfrey dan Marty Bowen dibawah bendera Temple Hill Entertainment milik mereka, bersama Chazelle dan Gosling. Isaac Kalusner akan menjadi eksekutif produser. DreamWorks Pictures juga turut menjadi pembiaya film tersebut.



Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Film)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Nuraini Ika