Fenomena Planet Sejajar 24 Juni: Pertanda Apa dan Dampaknya di Bumi

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 23 Jun 2022 11:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Fenomena langka planet sejajar 24 Juni dan apa dampaknya bagi Bumi?
tirto.id - Lima planet akan berada dalam posisi sejajar pada tanggal 24 Juni. Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus sejejar untuk pertama kalinya sejak Desember 2004. Pada hari Jumat, 24 Juni, fenomena tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang.

Meskipun merupakan hal yang umum untuk melihat konjungsi dari tiga planet yang berdekatan, melihat lima planet adalah hal yang sangat jarang, menurut Sky & Telescope, dikutip CBS News. Planet ini sejajar dalam urutan alami mereka dari Matahari, yang juga menjadikannya fenomena luar biasa.

Lima planet ini terlihat mulai sejajar sejak tanggal 3 dan 4 Juni, dan susunannya dapat dilihat dengan teropong, tetapi hanya sekitar setengah jam, sebelum Merkurius hilang di bawah sinar matahari. Namun pada 24 Juni, penampakan planet akan optimal.

Jika jarak antara Merkurius dan Saturnus menjauh, akan semakin mudah untuk menemukan Merkurius, sehingga semakin mudah untuk melihat kelima planet, Diana Hannikainen, editor pengamat Sky & Telescope, mengatakan kepada CBS News.

Hannikainen mengatakan langit pada tanggal 24 pagi "akan menghadirkan pemandangan yang menyenangkan" karena memudarnya bulan sabit juga akan bergabung dengan prosesi antara Venus dan Mars.

Waktu terbaik untuk melihat feomena planet sejejar pada tanggal 24 Juni adalah 45 menit sebelum matahari terbit. Fenomena ini akan terlihat di ufuk timur. Empat dari planet tersebut telah sejajar selama beberapa bulan terakhir, menurut NASA.

Dalam beberapa bulan ke depan, Saturnus, Mars, Jupiter, dan Venus akan menyebar. Pada bulan September, Venus dan Saturnus tidak lagi terlihat oleh pengamat.

Fluktuasi gaya gravitasi karena planet yang sejajar, tidak berpengaruh di bumi. Fenomena planet sejajar lainnya diprediksi akan terjadi pada 6 Mei 2492. Pada tanggal tersebut, delapan planet akan berada dalam satu garis lurus, termasuk Pluto.


Fenomena Planet Sejajar Pertanda Apa?


Tidak ada pertanda khusus dari fenomena planet sejajar ini. Menurut Live Science, ini adalah fenomena alam luar biasa yang bisa terjadi beberapa kali.

Planet-planet tidak benar-benar berada dalam satu garis di ruang angkasa. Planet-planet mengorbit matahari pada bidang datar, jadi ketika mereka kebetulan lewat di dekat satu sama lain, mereka terlihat sejajar dari sudut panda Bumi.

Merkurius mengelilingi matahari setiap 88 hari Bumi, Venus setiap 225 hari, Mars setiap 687 hari, Jupiter setiap 12 tahun dan Saturnus setiap 29 tahun. Mengingat garis waktu yang bervariasi ini, orbit planet membawa mereka saling berdekatan pada interval yang tidak teratur.

Seperti yang terlihat di belahan bumi utara, Venus, Saturnus, dan Mars mulai mengelompok pada akhir Maret 2022. Sekitar 17 April, Jupiter akan bergabung dengan garis Venus, Mars, dan Saturnus.

Bulan akan bergerak ke dalam garis planet ini pada 23 April, muncul di sebelah kanan dan di atas Saturnus, sebelum menghilang dari pandangan pada 29 April. Bulan akan bergabung kembali dengan keselarasan planet mulai 21 Mei.

Sekitar pertengahan Juni, Merkurius akan meluncur ke tempatnya bersama empat planet lainnya, dengan bulan Bumi bergabung dengan kesejajaran itu pada 17 Juni. Secara kebetulan, garis planet akan berada dalam urutan jarak planet-planet dari matahari.

Fenomena astronomi lainnya akan terlihat pada bulan Juni: gugus bintang globular M13, kumpulan bintang berbentuk bola yang padat. M13, juga dikenal sebagai Gugus Hercules, berisi ribuan bintang, yang diperkirakan berusia sekitar 12 miliar tahun - hampir seusia alam semesta itu sendiri, kata NASA.


Baca juga artikel terkait FENOMENA PLANET SEJAJAR 24 JUNI atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Yantina Debora

DarkLight