Fadli Zon, Dedi Mulyadi & Rieke "Oneng" Diprediksi Lolos ke Senayan

Oleh: Bayu Septianto - 16 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Menurut hasil rekapitulasi suara oleh KPU RI untuk Provinsi Jawa Barat, sejumlah caleg petahana dan pesohor diprediksi lolos ke Senayan.
tirto.id - Hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 untuk Jawa Barat telah disahkan dalam rapat pleno di KPU RI, Kamis (16/5/2019).

Untuk hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 sejumlah tokoh ternama diprediksi lolos ke DPR RI periode 2019-2024.

Nama-nama itu di antaranya Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon yang mendapat 230.524 suara sah di Dapil Jabar V yang meliputi Kabupaten Bogor. Caleg petahana itu diprediksi berhasil kembali melenggang ke Senayan.

Masih di dapil yang sama, terdapat nama mantan aktor Primus Yustisio yang maju lewat PAN. Sama seperti Fadli Zon, ia diprediksi melenggang kembali ke Senayan setelah meraih 86.983 suara.

Caleg petahana lainnya yang kembali lolos yakni pesinetron Rieke Diah Pitaloka. Politikus PDIP itu diprediksi kembali berkarier di Kompleks Parlemen, Senayan setelah meraup 169.729 suara sah di Dapil Jabar VII yakni Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Di dapil itu, ada juga nama dua mantan Cawagub Jawa Barat Dedi Mulyadi dari Golkar dan Ahmad Syaikhu dari PKS.

Dedi yang juga Ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Barat mendapatkan 206.622 suara, sementara Syaikhu meraih 147.573 suara.

Eks presenter Nico Siahaan yang merupakan petahana juga kemungkinan besar kembali ke Senayan melalui Partai PDIP dengan perolehan 69.237 suara sah.

Nico yang saat ini duduk di Komisi I DPR itu maju lewat PDIP di Dapil Jabar I yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi.

Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf sekaligus Ketua DPP Partai Golkar, Tubagus Ace Hasan Syadzily juga diprediksi lolos. Ia meraih 77.334 suara sah di Dapil Jabar II.

Di dapil yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu, terdapat pula nama mantan aktor yang juga petahana dari Fraksi Partai Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi. Wakil Ketua Komisi IX itu diprediksi lolos kembali dengam perolehan suara 165.182.

Sekjen PAN Eddy Soeparno dan Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria juga diprediksi lolos ke Senayan dari Dapil Jabar III. Eddy mendapat 45.081 suara sah, sedangkan Riza mendapat 54.528 suara sah.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Yandri Daniel Damaledo