Bursa Transfer Liga 1 2019

Fabiano Beltrame Hampir Selesaikan Proses Naturalisasi

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 22 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Fabiano Beltrame hampir pasti menyelesaikan proses naturalisasinya sebagai Warga Negara Indonesia, dan kontraknya kemungkinan bakal diperpanjang Madura United.
tirto.id - Bek kelahiran Brasil, Fabiano Beltrame tinggal selangkah lagi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain yang pada Liga 1 2018 memperkuat klub Madura United itu tinggal mengambil satu berkas di Kedutaan Besar Brasil untuk menutup merampungkan rangkaian proses naturalisasi.

"Buat teman-teman yang tanya soal proses naturalisasi, sudah 99 persen. Tinggal satu surat yang akan saya ambil di kedutaan Brasil, dan setelah itu sudah jadi orang Indonesia," tulis Fabiano lewat akun Instagram pribadinya.

Fabiano awalnya sudah menjadwalkan pulang ke Indonesia untuk mengambil berkas tersebut lebih awal. Namun rencana itu tertunda karena istrinya sedang dalam perawatan Medis.

"Rencana [saya] kemarin akan kembali ke Indonesia. Tapi karena istri saya dalam perawatan medis, saya baru berangkat hari Sabtu," imbuhnya.

Bagi Fabiano, paspor Indonesia jelas sangat penting. Hanya dengan itu pula, dirinya bisa mendapat kepastian perpanjangan kontrak dari Madura United. Pasalnya, Fabiano sudah tidak mungkin dikontrak dengan status pemain asing lantaran kuota luar negeri Laskar Sapeh Kerrab sudah penuh.

Pada Desember 2018 lalu, manajemen Madura United sendiri sudah menjanjikan jika Fabiano bisa mendapat paspor Indonesia, dirinya pasti akan mendapat perpanjangan kontrak.

"Fabiano ini akan diproyeksikan sebagai pemain lokal. Kami sudah mulai urus awal bulan kemarin untuk dinaturalisasi. Jika sudah naturalisasi, akan menjadi bagian dari Madura United," kata manajer Madura United, Haruna Soemitro saat itu.


Kehilangan Fabiano memang bukan sebuah pilihan yang bisa dijalani Madura United. Maklum, pemain yang pernah membela Persela Lamongan itu memang selalu tampil brilian. Ia bahkan mengemban jabatan sebagai kapten tim musim lalu.

Di ajang Liga 1 2018 misal, Fabiano tampil 31 kali dan mencetak sembilan gol. Produktivitasnya tergolong mencengangkan untuk ukuran pemain bertahan. Catatan ini juga meningkat drastis dibanding musim sebelumnya, di mana Fabiano mengemas tiga gol dari 30 laga Liga 1 2017.

Jika kontraknya benar diperpanjang, Fabiano bakal jadi pemain naturalisasi kedua yang membela Madura United musim 2019. Sebelumnya, Laskar Sapeh Kerrab telah sukses mendatangkan striker naturalisasi asal Sriwijaya FC, Alberto Goncalves.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan