Timnas Indonesia di AFF 2018

Evan Dimas Pengumpan Terbanyak, Zulfiandi Paling Presisi

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 26 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Patut disayangkan karena performa bagus Evan Dimas dan Zulfiandi tak diiringi dengan hasil positif Indonesia yang justru gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018.
tirto.id - Timnas Indonesia dipastikan angkat koper dari gelaran Piala AFF 2018, setelah hanya mampu menempati peringkat empat klasemen akhir Grup B. Tim Garuda sekadar mengumpulkan empat poin, tertinggal dari Thailand (10), Filipina (7), serta Singapura (6).

Terlepas dari hasil buruk tersebut, nama Evan Dimas masih mencuri perhatian. Ia tampil sebagai pengumpan terbanyak bagi skuat asuhan Bima Sakti.

Evan memang mendapat kepercayaan besar. Dari empat laga yang dilakoni Timnas Indonesia, ia tampil penuh selama 360 menit. Jawaban atas kepercayaan tersebut pun tak bisa dibilang mengecewakan.

Berdasarkan statistik Opta, total sebanyak 231 umpan dilepaskan penggawa Selangor FA tersebut. Evan juga tampil dengan akurasi umpan bagus. 198 dari 231 umpannya berhasil diterima pemain Indonesia lain. Artinya, angka akurasi umpan Evan menyentuh 85,7 persen.

Evan mengungguli torehan rekan setimnya, Hansamu Yama yang jadi pengumpan terbanyak kedua bagi Timnas Indonesia. Total 225 umpan dilepaskan bek asal Barito Putera itu dalam empat pertandingan Indonesia. Sayangnya, akurasi Hansamu tak sebagus Evan, di mana hanya 189 yang sukses. Rasio kesuksesan umpannya adalah 84 persen.

Zulfiandi Paling Akurat

Di luar performa mentereng Evan Dimas, ada satu nama lain yang tak kalah mencuri perhatian. Ia adalah Zulfiandi.

Tak seperti Evan yang tampil penuh 360 menit, Zulfiandi tidak mendapat kepercayaan penuh dari sosok pelatih Bima Sakti. Penggawa Sriwijaya FC itu hanya tampil 255 menit karena harus berbagi tempat dengan Muhammad Hargianto.

Namun menit bermain tak maksimal tidak jadi alasan bagi Zulfiandi untuk kehilangan kejeniusannya. Pemakai nomor punggung empat itu melepaskan 122 umpan. Namun dari jumlah tersebut 106 di antaranya mampu diterima dengan baik oleh pemain Indonesia lain. Artinya, akurasi umpan Zulfiandi menyentuh angkah 86,9 persen.

Capaian ini membuat Zulfiandi jadi pemain Indonesia yang mencatatkan lebih dari 100 umpan dengan akurasi terbaik. Tak hanya mengalahkan akurasi Evan, operan Zulfiandi juga lebih akurat dibanding Fachrudin Aryanto dan Hansamu Yama yang melakukan umpan lebih banyak.


Daftar Pemain Indonesia dengan Lebih dari 100 Umpan di Piala AFF 2018

Pemain Jumlah Umpan Umpan Sukses Akurasi
Evan Dimas
231 (terbanyak)
198 (terbanyak) 85,7 persen
Hansamu Yama 225 189 84 persen
Fachrudin Aryanto 173 138 79,8 persen
Zulfiandi 122 106 86,9 persen
(paling akurat)
Putu Gede 100 76 76 persen

Baca juga artikel terkait AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live