Liga Inggris

Emery Beri Alasan Tak Mainkan Mesut Ozil di Laga Arsenal vs Chelsea

Oleh: Beni Jo - 21 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
"Saya sudah bicara dengannya dan saya ingin dia siap untuk pertandingan [melawan Chelsea], dan juga untuk pertandingan berikutnya seperti semua pemain di tim ini," tutur Unai Emery pada Senin (21/1/2019).
tirto.id - Manajer Arsenal Unai Emery mengungkap bahwa dialah yang memutuskan tidak menurunkan Mesut Ozil dalam laga melawan Chelsea pada Minggu (20/1/2019). Namun Emery menegaskan, masih ada tempat untuk Ozil di dalam timnya.

"Melawan Chelsea, jika (pada akhirnya Ozil bermain) saya punya kepercayaan kepadanya (Mesut Ozil). Namun saya pikir dia harus melakukan seperti yang kami inginkan dan di pertandingan berikutnya kami akan membutuhkan setiap pemain dan juga kualitasnya," tutur Unai Emery dikutip Soccerway Senin (21/1).

Sebenarnya, eks pelatih Sevilla itu mengaku bahwa Ozil sudah siap untuk dimainkan pada pertandingan melawan The Blues. Tetapi, keputusan terakhir Emery adalah tidak membawa Ozil.

"Saya sudah bicara dengannya dan saya ingin dia siap untuk pertandingan [melawan Chelsea], dan juga untuk pertandingan berikutnya seperti semua pemain di tim ini," beber manajer berpaspor Spanyol itu.

Pada laga Derbi London itu, The Gunners menang 2-0 di Stadion Emirates. Unai Emery lebih memilih untuk menurunkan tiga pemain mudanya daripada menurunkan gelandang asal Jerman itu. Ainsley Maitland-Niles, Alex Iwobi, dan Mohamed Elneny turun sebagai pemain pengganti pada babak kedua ketika Arsenal sudah unggul dua gol atas Chelsea.

Mesut Ozil musim ini tercatat tampil dalam 13 pertandingan Liga Inggris 2018/2019 dengan satu di antaranya sebagai pemain pengganti. Sejauh ini, pemain berusia 30 tahun itu sudah mengoleksi tiga gol dan satu assist.

Musim sebelumnya, dia turun dalam 26 pertandingan di Liga Inggris dengan mencetak empat gol. Sedangkan pada musim 2016/2017, 33 laga sudah dijalaninya bersama Arsenal dengan mengumpulkan delapan gol dan tiga assist.

Sepanjang kariernya sejak memperkuat klub asal London itu dari musim 2013/2014, Ozil tampil 212 pertandingan dengan berhasil melesakkan total 41 gol di semua ajang kompetisi.

Begitu Unai Emery gabung Arsenal musim 2018/2019 ini, Ozil memang tercatat memiliki jumlah penampilan paling sedikit dibandingkan musim-musim sebelumnya bersama meriam London. Raihan penampilan tertingginya dicapai pada musim kompetisi 2015/2016 dengan 35 laga di Liga Inggris dan mengoleksi enam gol serta satu assist.

Eks gelandang Werder Bremen itu didatangkan oleh Arsenal dari Real Madrid yang menurut Transfermarkt seharga 42,3 juta paun pada 2 September 2013 silam. Selama empat musim memperkuat Los Blancos, dia tampil dalam 159 pertandingan dengan mencetak 27 gol di semua ajang kompetisi.



Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo