Hasil Liga Inggris: Menang 2-0, Arsenal Dekati Chelsea

Oleh: Hendi Abdurahman - 20 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Arsenal vs Chelsea dalam pekan ke-23 Liga Inggris berkesudahan dengan skor 2-0.
tirto.id - Arsenal meraih kemenangan atas Chelsea dalam laga bertajuk derby London Liga Inggris pekan ke-23, Minggu (20/1/2019) dengan skor 2-0. Setelah pekan lalu kalah atas West Ham, dua gol The Gunners yang diciptakan Alexandre Lacazette dan Laurent Koscielny membawa mereka merengkuh tiga poin.

Dengan kemenangan ini, skuat asuhan Unai Emery kembali mengamankan posisi lima setelah beberapa jam sebelumnya direbut Manchester United yang menang atas Brighton. Keduanya memiliki poin sama yakni 44, akan tetapi Granit Xhaka dan kawan-kawan unggul selisih gol dibanding The Red Devils.

Sementara itu, kekalahan yang diderita Chelsea membuat mereka tertahan di peringkat empat dengan poin 47. Dalam 23 pertandingan yang telah dijalani, The Blues menorehkan 14 kali menang, lima kali seri, dan empat kali kalah. Hasil ini membuat posisi Eden Hazard dan kolega hanya berjarak 3 poin dari Arsenal.

Pada laga ini Unai Emery kembali bermain dengan formasi 4-3-1-2 setelah sebelumnya kerap memasang patron 3-4-3. Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazete dipasang sebagai juru gedor, penyerang berusia 29 tahun itu ditopang oleh Aaron Ramsey di lini tengah. Sementara Laurent Koscielny kembali berduet dengan Sokratis Papastathopoulos di lini belakang.

Di pihak lain, Chelsea memakai formasi 4-3-3. Pedro, Willian dan Eden Hazard menghiasi lini depan The Blues. Ketiganya ditemani Mateo Kovacic di lini tengah. Adapun lini belakang dikomandio David Luiz dan Antonio Rudiger.

Tuan rumah mendominasi di awal laga. Kurang dari sepuluh menit, Arsenal memiliki dua peluang yang membahayakan gawang Kepa Arrizabalaga melalui Aubameyang pada menit keempat dan Sokratis lima menit kemudian.

Terus menerus menekan, gol yang diharapkan suporter tuan rumah pun hadir pada menit ke-14. Berawal dari umpan Hector Bellerin di sisi kiri pertahanan Chelsea, Alexandre Lacazette berhasil memanfaatkannya melalui sepakan keras di dalam kotak penalti. Skor 1-0.

Peluang lainnya diciptakan Aubameyang pada menit 17. Mengandalkan kecepatan dan melakukan akselerasi dari sisi kiri, ia sempat mengecoh beberapa pemain belakang The Blues untuk kemudian melakukan tendangan ke arah gawang. Sayang, Kepa Arrizabalaga masih mampu menghalau sepakan tersebut.

Tim tamu tak tinggal diam. Satu menit berselang, giliran Pedro yang menciptakan peluang melalui tendangan chips setelah melihat Bernd Leno maju. Namun, meski gawang telah kosong, tendanganya masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Enam menit jelang paruh pertama usai, Arsenal menggandakan keunggulan melalui bek sekaligus kapten mereka, Laurent Koscielny. Menariknya, umpan yang diterima Koscielny dihasilkan dari rekan duetnya di lini belakang, Sokratis. Skor pun berubah menjadi 2-0 sekaligus menutup 45 menit pertama.

Di babak kedua, tuan rumah mesti kehilangan Hector Bellerin pada menit ke 69 lantaran mengalami cedera. Ia akhirnya digantikan Mohamed Elneny guna menjaga kedalaman di lini pertahanan.

Di sisi lain, tim tamu tak menyerah dan mencoba keluar dari tekanan. Melalui Eden Hazard, Chelsea memiliki peluang untuk memperkecil kedudukan pada menit 76. Sayang, sepakannya kelewat tinggi sehingga belum mampu mengubah keadaan.

Tempo pertandingan pun berangsur menurun. Chelsea yang tengah berusaha mengejar angka seolah terbawa oleh cara bermain tuan rumah yang lihai mengatur tempo. Intensitas serangan pun menurun yang mengakibatkan tak banyak peluang terjadi. Skor tetap bertahan 2-0 untuk kemenangan Arsenal hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.

Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Bernd Leno; Hector Bellerin, Sokratis Papastathopoulos, Laurent Koscielny, Sead Kolasinac; Lucas Torreira, Granit Xhaka, Matteo Guendouzi; Aaron Ramsey, Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang.

Cadangan: Petr Cech, Mohamed Elneny, Mesut Ozil, Ainsley Maitland-Niles, Alex Iwobi, Nacho Monreal, Shkodran Mustafi.

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Antonio Rudiger, David Luiz, Marcos Alonso; N'Golo Kante, Jorginho, Mateo Kovacic; Pedro, Eden Hazard, Willian.

Cadangan: Ross Barkley, Willy Caballero, Olivier Giroud, Callum Hudson-Odoi, Andreas Christensen, Emerson, Ethan Ampadu.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman