Elton John Bawa Pulang Piala Oscar 2020 Berkat Film 'Rocketman'

Oleh: Alexander Haryanto - 10 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film "Rocketman" bercerita tentang tentang perjalanan karier Elton John dalam meraih ketenaran sebagai penyanyi.
tirto.id - Elton John berhasil membawa pulang piala Oscar 2020 dalam kategori Best Original Song untuk lagu "I'm Gonna Love Me Again" dalam film berjudul Rocketman di Academy Awards 2020, Los Angeles, Minggu (9/2) waktu setempat.

Film "Rocketman" bercerita tentang tentang perjalanan karier Elton John dalam meraih ketenaran sebagai penyanyi dengan latar belakang tahun 1970-an. Film biopik yang diperankan oleh Taron Egerton dirilis pada Mei 2019 lalu.

Sebelum ini, Elton John juga pernah mendapat Oscar berkat lagu "Can You Feel the Love Tonight" untuk film The Lion King di tahun 1995. Kendati demikian, lagu "I'm Gonna Love Me Again" merupakan pengalaman pertama bagi Bernie Taupin dalam memperoleh Oscar, di mana ia bertindak sebagai penulis untuk lagu itu, sementara Elton membuat musiknya.

"Terima kasih kepada Bernie, yang selalu konsisten di dalam hidupku - ketika aku kacau ataupun dalam keadaan normal, dia selalu ada untukku," ujar Elton seraya mengatakan: "Ini adalah mimpi bagi kami. Kami belum pernah dinominasikan sebelumnya untuk hal seperti ini," dalam pidatonya dilansir Antara dari Variety, Senin, 10 Februari 2019.

"Berada di sini bersama orang ini, saya tidak punya kata-kata untuk itu. Ini adalah sebuah pembuktian untuk 53 tahun atas apa yang telah kita lakukan," kata Bernie.


Sebelumnya, Studio Paramount sempat meminta sutradara Rocketman, Dexter Fletcher dan produser Matthew Vaughn untuk memotong adegan ranjang antara Taron Egerton dan Richard Madden, yang menggambarkan kisah cinta pasangan gay.

Dilansir ET Canada, Paramount meminta sutradara untuk memotong adegan berdurasi 40 detik yang menampilkan Egerton (yang memerankan rocker) dan Madden (yang menjadi manager Elton) di ranjang dengan kondisi telanjang.

Hal tersebut dilakukan agar film Rocketman dapat meraih predikat PG-13 (film kategori remaja, di atas 13 tahun), yang akan meningkatkan pendapatan film karena mengizinkan anak-anak di bawah usia 18 tahun untuk menonton.

“Dua orang pria telanjang sedang berpelukan untuk mengungkapkan cinta mereka dan itu akan dihilangkan, diganti dengan salam hangat [antar keduanya] dalam busana lengkap,” kata salah seorang sumber seperti dilansir ET Canada.

“Dunia tahu kalau Elton adalah seorang gay. Ini bukan rahasia,” tambahnya. Akan tetapi, produser film mengatakan hal lain. Ia telah berbincang dengan Elton dan Elton merespons film tersebut dengan, “Katakan semuanya. Biarkan [film ini] bergenre R (Restricted,kategori film dewasa 17 tahun ke atas) kalau perlu.”





Baca juga artikel terkait OSCAR 2020 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight