Eks Mendag RI Mari Pangestu Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 10 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mari Pangestu akan memimpin dan mengawasi program World Bank’s Global Practice Groups.
tirto.id - Presiden Bank Dunia, David Malpass mengumumkan penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan untuk Bank Dunia. Mari efektif menjabat di Bank Dunia per 1 Maret 2020.

Mari Pangestu merupakan menteri perdagangan di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Ia menjabat sebagai Mendag pada periode tahun 2004 hingga 2011. Ia kemudian digantikan oleh Gita Wirjawan. Mari melanjutkan jabatannya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014.

Bank Dunia mencatat Mari sebagai sosok yang memiliki sejumlah keahlian dari pengalamannya.

"Kami sangat senang menyambut Mari di Bank Dunia dalam peran yang sangat penting bagi institusi ini," ucap David dalam keterangan tertulisnya di situs resmi Bank Dunia, Kamis (9/1/2020).

Mari saat ini memiliki status sebagai Senior Fellow di Columbia School of International and Public Affairs serta Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia. Mari Pangestu juga tercatat menjabat sebagai Asisten Profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy dan Crawford School of Public Policy, Australian National University, dan salah satu dewan dalam Indonesia Bureau of Economic Research serta Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta.

Davis juga menilai Mari Pangestu dapat mengisi peran ini lantaran memiliki pengalaman dalam forum-forum internasional. David yakin Mari mampu membantu institusinya dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

Mari Pangestu ketika menerima penunjukan itu menyambut baik posisinya di Bank Dunia. Dalam perannya, Mari Pangestu akan memimpin dan mengawasi program World Bank’s Global Practice Groups. Lalu ia juga akan mengatur divisi riset dan data atau research and data group World Bank (DEC) serta membantu hubungan eksternal lembaga.

"Sungguh suatu kehormatan yang luar biasa dapat bergabung di Bank Dunia dalam misi pembangunan yang penting. Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini untuk mengatasi berbagai tantangan mendesak yang dihadapi negara-negara anggota Bank Dunia," ucap Mari Pangestu dalam keterangan tertulis di situs resmi Bank Dunia.


Baca juga artikel terkait BANK DUNIA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight