Liga Champions

Duel Liverpool vs Porto di 8 Besar UCL 2019, Dendam Musim Lalu

Oleh: Wan Faizal - 15 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Duel Liverpool vs Porto di perempat final Liga Champions 2018/2019 bisa menjadi balas dendam klub Portugal atas kejadian musim lalu, atau sebaliknya jadi momen The Reds mulus ke semifinal.
tirto.id - Hasil undian babak perempat final Liga Champions 2019 memastikan duel Liverpool vs Porto. Mengingat sejarah musim kemarin, ini jelas menjadi hasil drawing yang tidak diinginkan oleh wakil Portugal. Ketika itu mereka merasakan luka mendalam karena disingkirkan The Reds.

Musim lalu di babak 16 besar Liga Champions 2017/2018, Porto harus rela ditekuk oleh Jurgen Klopp dan anak asuhnya. Bermain di kandang sendiri, Porto malah dihajar dengan skor telak 0-5 berkat gol-gol dari trio andalan Liverpool. Sadio Mane memborong tiga gol alias mengemas hattrick sementara dua gol lain dibagi rata antara Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Kekalahan tersebut saat itu memupus harapan Porto untuk melangkah lebih jauh. Maklum saja karena pada pertemuan kedua mereka harus bertandang ke Anfield yang terkenal angker bagi tim mana pun. Namun Porto terbilang mendapatkan hasil lebih positif karena bisa menahan Liverpool dengan skor imbang 0-0.

Secara keseluruhan Porto memang tak punya tren bagus ketika bersua dengan Liverpool di ajang antarklub Eropa. Pada 2007 lalu mereka juga sempat bertemu Liverpool di fase grup dengan hasil imbang di Portugal dan kemudian kalah telak 4-1 ketika giliran bertandang ke Anfield. Satu-satunya kemenangan Porto dalam lima pertemuan terakhir mereka hanya terjadi di level laga persahabatan saja pada 2004.

Tapi bukan berarti Porto bisa dianggap remeh. Setelah hasil undian tercipta, Klopp buru-buru menenangkan situasi dengan meminta semua menghormati Porto. Bagaimana pun juga mereka telah sampai di level ini sehingga kekuatannya tidak bisa dikatakan jelek.

“Kami akan bertemu Porto dan kami tahu bagusnya kekuatan mereka musim lalu. Memang secara hasil sangat aneh (skor 0-5), tapi pada pertemuan kedua kami melihat benar bagaimana kekuatan mereka. Kami tidak boleh berpikir bahwa kami mendapatkan undian yang bagus karena lawan pasti juga mempersiapkan diri dengan baik,” ujar Klopp di situs resmi klub.



Tidak salah jika Klopp merasa waspada karena semakin hari timnya akan semakin terkuras tenaganya lantaran masih bersaing dengan Manchester City dalam perebutan gelar juara Liga Inggris. Selain itu, Porto juga memiliki motivasi berlebih jelang laga ini.

Ketika terakhir kali Porto bisa menyingkirkan tim Inggris di fase knock out Liga Champions, mereka bisa terus melaju dan keluar sebagai juara. Hal itu terjadi di era Jose Mourinho pada musim kompetisi 2013-2014 saat mereka menumbangkan Manchester United di babak 16 besar.

Pertemuan Terakhir Liverpool vs Porto:

06-03-2018: Liverpool 0-0 Porto (Liga Champions)

14-02-2018: Porto 0-5 Liverpool (Liga Champions)

28-11-2017: Liverpool 4-1 Porto (Liga Champions)

18-09-2007: Porto 1-1 Liverpool (Liga Champions)

31-07-2004: Porto 1-0 Liverpool (International Champions World Series)

https://www.whoscored.com/Matches/1368027/Show/Europe-UEFA-Champions-League-2018-2019-Liverpool-FC-Porto


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal