Dua Semifinalis Piala Presiden 2018 Masih Berjuang di Level Asia

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 7 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Selain melakoni partai berat pada semifinal Piala Presiden 2018, Bali United dan Persija masih harus melakoni jadwal pertandingan Piala AFC.
tirto.id - Bertanding melawan tim-tim tangguh pada babak semifinal Piala Presiden 2018 bukan menjadi ujian tunggal bagi Bali United dan Persija Jakarta. Selain turnamen pramusim tersebut, Serdadu Tridatu dan Macan Kemayoran harus pula melakoni laga perdana Piala AFC yang dijadwalkan berlangsung pada pekan yang sama.

Persija misalnya, yang harus melakoni laga leg kedua semifinal Piala Presiden 2018 melawan PSMS pada Senin (12/2/2018). Padahal, hanya berjarak dua hari setelah laga pertandingan tersebut Macan Kemayoran dijadwalkan menghadapi wakil Malaysia di Piala AFC, JDT di Johor.

Ujian lebih berat bahkan harus dilalui Bali United. Sehari setelah bertanding melawan Yangon United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali pada Rabu (13/2/2018), Stefano Lilipaly dan kawan-kawan diagendakan menjamu Sriwijaya FC pada babak semifinal Piala Presiden 2018.

Meski mengakui berat, pemilik Bali United, Pieter Tanuri yakin Serdadu Tridatu dapat memaksimalkan setiap pertandingan yang ada. Hal tersebut berkaca pada keberhasilan Stefano Lilipaly dan kawan-kawan yang juga bermain di dua kompetisi secara bersamaan selama beberapa pekan terakhir.

"Kami sudah mengalami situasi serupa saat fase grup, ketika harus bermain di kualifikasi Liga Champions dan penyisihan grup. Tapi semua bisa kami lalui dengan baik. Jadi kami optimistis tetap bisa maksimal saat jadwal pertandingan semifinal leg kedua dan match day pertama Piala AFC nanti berdekatan," ungkap Pieter seperti dikutip situs resmi Piala Presiden 2018.

Senada dengan kubu Bali United, Persija pun tak kalah percaya diri. Direktur Persija, Gede Widiade yakin Persija dapat menuai hasil positif demi membawa kebanggaan bagi sepakbola Indonesia.

"Kami punya tugas membawa nama bangsa dan negara di Piala AFC. Tapi kami juga ingin Piala Presiden ini tetap menyedot perhatian pemirsa. Oleh karena itu jadwal semifinal Piala Presiden sedikit disesuaikan, supaya kami bisa fokus ke dua-duanya," pungkas Gede.

Sebelumnya Persija Jakarta memastikan lolos ke semifinal Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 1-3 pada fase delapan besar. Sementara itu, di fase yang sama Bali United menyingkirkan Madura United lewat laga yang berlangsung ketat hingga berakhir dengan babak adu penalti.

Berikut jadwal dan siaran langsung semifinal Piala Presiden 2018:

Hari, Tanggal Pertandingan Waktu Siaran Lokasi
Sabtu, 10 Februari 2018 PSMS vs Persija 19.30 WIB Indosiar Stadion Manahan
Minggu, 11 Februari 2018 Sriwijaya FC vs Bali United 19.30 WIB Indosiar Stadion Jakabaring
Senin, 12 Februari 2018 Persija vs PSMS 14.30 WIB Indosiar Stadion Manahan
Rabu, 14 Februari 2018 Bali United v Sriwijaya 19.30 WIB Indosiar Stadion Kapten I WayanDipta

Baca juga artikel terkait PIALA PRESIDEN 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan