Drama Korea 2019 dengan Rating Tinggi: SKY Castle hingga Vagabond

Oleh: Maria Ulfa - 1 November 2019
Dibaca Normal 4 menit
Daftar drakor 2019 dengan rating tertinggi untuk periode Januari hingga Oktober.
tirto.id - Selain pemeran utamanya, drama Korea (drakor) dengan rating tinggi menjadi salah satu pertimbangan bagi pemirsa sebelum memutuskan untuk menontonnya atau tidak. Sebab, meraih rating tinggi, sebuah drakor diperkirakan memiliki jalan cerita menarik lantaran disukai permirsa.

Berikut ini rangkuman sederet drama Korea yang pernah mendapat rating tinggi sepanjang tahun 2019. Dari mulai SKY Castle, Encounter, The Last Empress, Hotel Del Luna, hingga Vagabond yang saat ini statusnya masih on going.

Januari


Drama yang tayang pada Januari 2019 salah satunya adalah drama SKY Castle. Drama ini tayang di JTBC dan berhasil memperoleh rating tinggi, yakni pernah mencapai rata-rata hingga 22,3 persen.

Sementara, drama The Last Empress yang juga tayang pada Januari 2019 di SBS, berhasil memperoleh rating 11,8 persen dan 14, persen untuk masing-masing episde. Sementara, drama Song Hye Kyo dan Park Bo Gum, Encounter yang tayang di tvN pernah memperoleh rating tinggi dan cukup stabil, yakni 7,5 persen.

Adapun, drama kolosal di tvN, The Crowned Clown yang dibintangi Yeo Jin Goo, berhasil memperoleh rating tinggi, yakni rata-rata 8 persen, dan tertinggi mencapai 9,4 persen untuk episode yang tayang pada 14 Januari 2019.

Sementara, drama MBC, Less Than Evil berhasil memperoleh rating rata-rata 5,6 perse dan 6,8 perse untuk masing-masing episode yang tayang pada 14 Januari 2019.


Februari


Pada bulan Februari 2019, sejumlah drama Korea yang tayang memperoleh rating tinggi di antaranya adalah drama Liver or Die yang tayang di KBS2, di mana drama ini pernah memperoleh rating rata-rata 13,1 persen dan 14,8 persen untuk masing-masing episode.

Selain itu, drama The Last Empress yang tayang masih tayang pada Februari, kembali berhasil memperoleh rating tinggi, yakni rata-rata 12,4 persen dan 14,6 persen untuk masing-masing episode. Sementara, drama Haechi episode perdana yang tayang MBC berhasil meraih rating 6 persen dan 7,1 persen untuk masing masing episode.

Adapun, drama The Crowned Clown yang tayang di tvN berhasil meraih rating hingga 8,7 persen, sedangkan drama The Light In Your Eyes yang tayang di JTBC pernah memperoleh rating 5,8 persen.


Maret

Pada bulan Maret, drama My Only One yang juga tayang di KBS2 berhasil memperoleh rating yang sangat tinggi, yakni 44,1 persen dan 49,4 persen. Adapun, drama Liver or Die di KBS2 juga memperoleh rating yang tinggi, yakni rating rata-rata 18,4 persen dan 20,4 persen untuk masing-masing episode.

Sementara, drama Mother of Mine yang menayangkan episode perdananya pada Maret 2019 di KBS2 berhasil memperoleh rating rata-rata sebesar 22,6 persen dan 26,8 persen.

Sementara, episode terakhir The Crowned Clown yang tayang pada 4 Maret 2019 di tvN, berhasil memeperoleh rating 10,9 persen dan 12,8 persen.


April

Pada bulan April, drama akhir pekan, Mother of Mine yang tayang di KBS2 berhasil memperoleh rating hingga 26,3 persen dan 32,1 persen untuk masing-masing episode.

Selain itu, drama The Fiery Priest yang tayang di SBS pernah berhasil memperoleh rating 16,7 persen dan 20,3 persen untuk masing-masing episode.

Sementara, drama kolosal Haechi yang juga tayang pada April 2019 di SBS pernah berhasil memperoleh rating rata-rata 7,1 persen dan 7,4 persen untuk masing-masing episode.

Adapun, drama My Fellow Citizens berhasil memperoleh rating rata-rata 5,8 persen dan 7 persen. Sementara, drama Special Labor Inspector, Mr. Jo berhasil memperoleh rating 5,5 persen dan 6,7 persen.


Mei

Pada bulan Mei, drama kolosal Nokdu Flower yang dibintangi Jo Jong Suk di SBS pernah memperoleh rating rata-rata 8,1 persen dan 9,1 persen untuk masing-masing episode.

Sementara, drama Special Labor Inspector, Mr. Jo yang tayang di MBC setiap Senin dan Selasa pernah mendapat rating 6,8 persen dan 7,7 persen. Adapun, pada bulan yang sama, My Fellow Citizens di KBS2 berhasil memperoleh rating 5 persen dan 6 persen untuk masing-masing episode.

Selain itu, drama Angel’s Last Mission: Love yang tayang perdana pada 23 Mei 2019 di KBS2 berhasil meraih rating rata-rata 6,6 persen dan 8,6 persen untuk masing-masing episode.

Juni


Pada bulan Juni 2019, drama akhir pekan Mother of Mine di KBS2 tetap menjadi drama dengan rating tertinggi, yakni rata-rata sebesar 26,7 persen dan 31,8 persen untuk masing-masing episode. Sementara, drama Arthdal Chronicles yang tayang di tvN pernah berhasil memperoleh rating rata-rata sebesar 7,2 persen, dan yang tertinggi mencapai 8,1 persen.

Selain itu, drama Angel’s Last Mission: Love di KBS2 lagi-lagi meraih rating tinggi dan juga stabil, yakni rata-rata sebesar 7,6 persen dan 8,1 persen untuk masing-masing episode.

Kemudian, drama One Spring Night di MBC yang juga tayang pada Juni 2019 pernah memperoleh rating 6,5 persen dan 7,9 persen. Di sisi lain, drama Search: WWW di tvN berhasil memperoleh rating 3,4 persen dan yang tertinggi 4,2 persen.


Juli


Pada Juli 2019, Drama Doctor John yang dibintangi oleh Jisung dan Lee Se Young di SBS berhasil memperoleh rating 8 persen dan 13 persen, dan yang tertinggi hingga 14,7 persen untuk masing-masing episode.

Drama Angel’s Last Mission: Love di KBS2 yang masih tayang pada Juli 2019 berhasil memperoleh rating 6,8 persen dan 7,8 persen, kemudian, drama One Spring Night di MBC berhasil memperoleh rating 6,2 persen dan 8 persen untuk masing-masing episode.

Sementara, drama politik Designated Survivor: 60 Days yang tayang di tvN berhasil memperoleh rating rata-rata 4,4 persen. Sementara, drama di TV kabel lainnya, Moments of 18 di JTBC berhasil memperoleh rating rata-rata 3,4 persen.

Agustus

Pada bulan Agustus 2019, drama Doctor John di SBS juga memperoleh rating tinggi yakni, 7,3 persen dan 11,3 persen untuk masing-masing episode. Sementara, drama Hotel Del Luna yang tayang di tvN berhasil memperoleh rating 8,2 persen, dan yang tertinggi hingga 9,5 persen.

Kemudian, drama Designated Survivor: 60 Days yang tayang di tvN berhasil memperoleh rating rata-rata 6,2 persen, dengan yang tertinggi mencapi 7,9 persen dan menjadi rekor tertinggi untuk drama tersebut.

Selain itu, drama Justice di KBS2 berhasil memperoleh rating rata-rata 5,7 perse dan 6,2 persen untuk masing-masing episode. Sementara, drama Rookie Historian Goo Hae Ryung di MBC rata-rata mendapat rating 4,4 persen dan 6,9 persen.


September


Pada bulan September, Mother of Mine masih mempertahankan sebagai drama dengan rating tingginya. Mother of Mine pada bulan tersebut pernah memperoleh rating rata-rata 28,4 persen dan 33,2 persen untuk masing-masing episode.

Sementara, drama Vagabond yang dibintangi Lee Seung Gi dan Suzy berhasil memperoleh rating 5,8 persen, 8,1 persen, dan 10,3 persen untuk masing-masing episodenya.

Sementara, drama Golden Garden di MBC berhasil memperoleh rating 6 persen, 8,8 persen, dan 9,1 persen untuk masing-masing bagiannya.

Kemudian, drama Doctor John episode terakhir berhasil memperoleh rating rata-rata 6,7 persen dan 10,2 persen untuk masing-masing episode. Adapun drama Arthdal Chronicles bagian 3, pada episode perdana berhasil memperoleh rating 6,1 persen.

Selain itu, drama Hotel Del Luna di tvN yang menayangkan episode terakhirnya pada 1 September 2019 berhasil memperoleh rating tinggi, yakni 12 persen.


Oktober

Drama yang tayang pada Oktober, When The Camellia Blooms yang tayang di KBS2 berhasil memperoleh rating stabil dan juga tinggi, yakni 11 persen dan 13,4 persen untuk masing-masing episode.

Sementara, drama Graceful Family yang tayang di MBN berhasil memperoleh rating tertingginya, yakni 8 persen. Dengan rating tersebut, Graceful Family menjadi program acara dengan rating tertinggi di MBN, sejak saluran TV tersebut dibuat.

Kemudian, drama The Tale of Nokdu yang tayang di KBS2 berhasil memperoleh rating 5 persen dan 6,6 persen utuk masing-masing episode.

Sementara, menurut Nielsen Korea, Vagabond episode 12 yang tayang pada 26 Oktober 2019 berhasil memperoleh rating rata-rata 11,6 persen, 9 persen untuk masing-masing bagian, serta 11,9 persen untuk wilayah metropolitan Seoul.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Ibnu Azis
DarkLight