DPR Heran UAS Bisa Ditolak Masuk ke Singapura

Reporter: Irfan Amin - 17 Mei 2022 15:42 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menilai ceramah-ceramah Ustaz Abdul Somad masih wajar dan jauh dari kesan kontroversial.
tirto.id - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily menuntut pemerintah Singapura memberikan penjelasan atas pendeportasian pendakwah Ustaz Abdul Somad (UAS).

"Pihak pemerintah Singapura harus bisa menjelaskan mengenai alasan deportasi Ustadz Abdul Somad," kata Ace kepada wartawan pada Selasa (17/5/2022).

Ace menerangkan pihak Singapura harus segera memberi penjelasan mengenai deportasi karena sosok Abdul Somad merupakan tokoh terkemuka di Indonesia dalam bidang agama.

"Kebijakan deportasi adalah kewenangan dari setiap negara namun soal deportasi Ustaz Abdul Somad harus ada penjelasan karena sosoknya adalah figur tokoh agama," jelasnya.

Ace juga beranggapan mengenai pidato dan retorika UAS jauh dari kesan kontroversial atau berkenaan dengan tema terorisme.

"Pidato atau ceramahnya masih dalam batas wajar, dan tidak pernah ada aspek radikalisme yang mengajak pada tindakan kekerasan atas nama agama. Jadi saya kira ceramah yang disampaikan oleh Ustaz Abdul Somad masih dalam batas wajar," ujarnya.

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura menyatakan UAS bukan dideportasi, melainkan ditolak izin masuknya.

“Saya mau meluruskan, petugas imigrasi sudah menyatakan bahwa beliau tidak dideportasi, tetapi ditolak izin masuknya ke Singapura karena tidak memenuhi syarat kriteria warga asing untuk ke Singapura,” ujar Kepala Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Singapura, Ratna Lestari kepada ANTARA, Selasa (17/5/2022).

Ratna menjelaskan peristiwa itu terjadi pada saat UAS sedang melakukan pengecekan paspor di pintu masuk imigrasi di Tanah Merah, Singapura.

“Jadi belum masuk ke Singapura dan izin masuknya ditolak,” tegas Ratna.

Namun, terkait alasan UAS ditolak masuk Singapura, Ratna mengaku tidak mengetahui dan tak mendapatkan informasi dari imigrasi Singapura.

“Karena izin masuknya orang asing ke suatu negara memang kedaulatan masing-masing negara. Kami paham soal itu, karena kami sering menolak warga negara asing masuk ke Indonesia dengan beberapa kriteria yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia," jelas Ratna.


Baca juga artikel terkait USTAZ ABDUL SOMAD atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight