Menuju konten utama

Disebut Pro LGBT, OREO Indonesia Beri Klarifikasi

Mondelez Indonesia tidak ikut serta dalam kampanye dukungan ke komunitas LGBTQ+. 

Disebut Pro LGBT, OREO Indonesia Beri Klarifikasi
(Ilustrasi) Biskuit Oreo. FOTO/iStock

tirto.id - Mondelez Indonesia sebagai pemegang lisensi brand OREO di tanah air tidak ikut serta dengan kampanye dukungan terhadap komunitas LGBTQ+ yang dilakukan oleh OREO global di Amerika Serikat.

Head of Corporate Communication & Government Affairs Mondelez Indonesia, Khrisma Fitriasari, menyatakan, OREO selalu menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya serta agama mayoritas yang diyakini oleh negara setempat.

"Dukungan atau kampanye ini dikhususkan kepada konsumen di Amerika Serikat, dan tidak ditargetkan untuk konsumen di Indonesia," jelas Khrisma Fitriasari melalui keterangan tertulis, Senin (24/6/2024).

Sikap OREO Indonesia

OREO telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Maka dari itu, OREO Indonesia lebih mengedepankan kampanye atau kegiatan yang relevan dengan masyarakat di tanah air untuk menyesuaikan dan menghargai budaya negeri ini.

Mondelez Indonesia juga mempersilakan kepada publik untuk memantau akun sosial media OREO Indonesia. OREO Indonesia mengutamakan agenda yang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut sebagian besar rakyat di tanah air.

"Oleh karenanya, kami memastikan bahwa OREO di Indonesia tidak berpartisipasi dalam dukungan tersebut. Kami menyarankan agar konsumen OREO di Indonesia, dapat melihat akun Instagram @OREO_Indonesia untuk kegiatan/kampanye OREO yang lebih relevan untuk masyarakat Indonesia," sebut Khrisma Fitriasari dalam hak jawabnya.

OREO Apresiasi Nilai-Nilai Nusantara

Sebagai produk yang telah cukup lama hadir di tanah air dan menyertai keseharian warga Indonesia, OREO senantiasa mengapresiasi tradisi dan budaya Nusantara. OREO selalu berusaha menyesuaikan diri dengan kepribadian rakyat Indonesia. Cukup banyak yang telah OREO lakukan agar selaras dengan nilai-nilai luhur yang telah terpatri di negeri ini.

Dalam peringatan ulang tahun OREO ke-112 pada tahun 2024 ini, misalnya, OREO berkomitmen untuk terus menjadi teman ngemil favorit keluarga dengan menyajikan kualitas produk terbaik. Hal ini merupakan wujud rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas kepercayaan yang diberikan kepada OREO selama ini.

“Momentum ulang tahun OREO kali ini kami hadirkan dalam wujud rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah menjadikan OREO sebagai biskuit favorit sejak 1995, sekaligus menjadi momentum bagi kami beserta seluruh jajaran karyawan untuk senantiasa memperkuat komitmen dalam memastikan kualitas produk terbaik,” kata Zaenal Abidin, Direktur PT Mondelez Indonesia Manufacturing, produsen OREO di Indonesia, Kamis (7/3/2024).

“Selain itu, sesuai dengan tujuan OREO untuk senantiasa menciptakan momen seru dan menyenangkan bagi keluarga di seluruh dunia dan di Indonesia, Mondelez Indonesia pun selalu menumbuhkan nilai tersebut kepada seluruh jajaran karyawan di pabrik Cikarang,” tambahnya.

Beroperasi dari pabrik di Cikarang, Jawa Barat, yang juga merupakan pusat ekspor ke 40 negara, OREO Indonesia memberdayakan kurang lebih 1.500 karyawan dan merupakan tenaga kerja asli lokal. Komitmen OREO untuk menghasilkan produk terbaik diwujudkan dengan penggunaan teknologi terbaru, terbaik, dan berstandar tinggi, termasuk penggunaan energi dan air yang lebih efisien, menekan emisi karbon, dan menerapkan standar keselamatan dan kesehatan yang tinggi.

Tak hanya itu, OREO memiliki misi “spark playful connection” untuk membahagiakan keluarga Indonesia. “Kita bekerja di sini bukan hanya memproduksi biskuit, tapi juga menciptakan keseruan keluarga Indonesia dan keluarga di dunia,” ujar Zaenal Abidin.

Menciptakan keseruan pun menjadi budaya OREO bagi karyawan dan keluarganya, bahkan hingga lingkungan sekitar. Budaya ini direfleksikan melalui kesempatan sama yang diberikan bagi seluruh karyawan Mondelez Indonesia, tanpa memandang latar belakang maupun gender.

Kaum ibu di lingkup Mondelez Indonesia tidak hanya berkesempatan mengembangkan jenjang karier, melainkan juga diberi ruang aktivitas yang luas dengan melibatkan keluarga untuk menyebarkan momen keseruan sesuai misi OREO.

Kesempatan yang sama juga dibuka untuk para ibu di luar lingkup perusahaan melalui agenda Plant Tour Visit Pabrik OREO Cikarang. Agenda seru ini memberikan akses ibu dan anak untuk melihat langsung proses produksi OREO. Hal ini tentunya selaras dengan nilai-nilai bangsa Indonesia yang sangat memuliakan ibu.

Masih banyak keseruan bermanfaat yang dilakukan OREO untuk Indonesia. “Kita juga sangat aktif bekerja sama dengan aktivis lingkungan, penanaman pohon mangrove, dan yang lainnya. Gambaran sekilas tentang bagaimana tadi misi dan budaya ‘spark playful connection’ itu, kita bangun bukan hanya dinikmati oleh keluarga Indonesia, tapi seluruh stakeholder di Mondelez,” tegas Zaenal Abidin.

Sebagai teman ngemil favorit anak Indonesia, OREO juga punya program berbagi untuk anak-anak yang kurang beruntung. Saat Ramadan, misalnya, OREO berbagi donasi dan kegembiraan kepada anak-anak yatim di panti asuhan berbagai kota agar mereka juga turut merasakan kebahagiaan di bulan suci.

"Ini bentuk stimulus yang penting dalam proses tumbuh kembang anak, terlebih saat di bulan Ramadan, agar mereka tetap bersemangat sampai berbuka puasa tiba," kata Head of Corporate Communication & Government Affairs Mondelez Indonesia, Khrisma Fitriasari, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Keseruan pun tercipta melalui program #OREOBerbagi bersama anak-anak panti asuhan di 4 kota yakni Jakarta, Cikarang, Bandung, dan Pasuruan. Selain menghibur anak-anak dengan permainan seru, OREO juga mendonasikan 1.000 paket Oreo Play Pack, 1.000 perlengkapan sekolah, dan kebutuhan pokok hasil donasi bersama segenap karyawan Mondelez Indonesia.

Baca juga artikel terkait PERUSAHAAN

Sumber: Tirto Creative Lab