Menuju konten utama

Spark Playful Connection OREO Ciptakan Momen Seru Bersama

Ke depannya, sebagai produk Indonesia, Mondelez berkomitmen meneruskan produksi guna meningkatkan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi.

Spark Playful Connection OREO Ciptakan Momen Seru Bersama
Direktur PT Mondelez Indonesia Manufacturing, Zaenal Abidin, pada Kunjungan Pabrik OREO di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/10). (FOTO/dok. Mondelez Indonesia)

tirto.id - Sejak 1995, OREO, salah satu merek biskuit populer, telah menjadi biskuit yang menemani momen ngemil keluarga Indonesia. Dikenal dengan slogan “diputar, dijilat, dicelup”, salah satu pusat produksi OREO berlokasi di PT Mondelez Indonesia Manufacturing di Cikarang, Jawa Barat.

Direktur PT Mondelez Indonesia Manufacturing, Zaenal Abidin, mengatakan bahwa produksi yang berlangsung telah melampaui pasar Indonesia ke kancah global. Dari sekitar 90 ribu ton biskuit yang diproduksi per tahun, 70 persen merupakan pasok ekspor.

“Produksi bukan hanya untuk domestik Indonesia, tapi terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan di 40 negara, meliputi Asia Pasifik, Timur Tengah, termasuk Australia dan Jepang,” ujarnya pada Kunjungan Pabrik OREO di Cikarang, Rabu (2/9).

Keberhasilan ekspor OREO dari PT Mondelez Indonesia Manufacturing memasuki pasar Australia dan Jepang diungkap menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, kedua negara ini dikenal dengan pasar dan konsumen yang memiliki standar tinggi terhadap kualitas produknya.

Guna memenuhi standar tersebut, produksi OREO di PT Mondelez Indonesia Manufacturing diungkap telah menggunakan mesin terbaru dengan standardisasi tinggi yang lebih efisien.

“Untuk pabrik OREO di Cikarang ini, mesin-mesinnya sudah menggunakan yang terbaru dan standar tinggi, juga menggunakan energi dan air yang lebih efisien, serta mengurangi emisi karbon, sehingga menunjang proses produksi berkelanjutan,” jelas Zaenal.

Standardisasi yang menunjang produksi OREO juga diikuti dengan keseluruhan kualitas yang dipastikan mulai dari rantai pasok dan produksi sampai distribusi. Zaenal menyebut, kurang lebih 1.500 karyawan yang mumpuni di bidangnya terlibat untuk mendukung sekaligus memastikan bersama proses produksi OREO, yang hingga kini masih menduduki posisi top 5 global untuk pangsa pasar biskuit.

Budaya Kerja Maksimalkan Produksi

Dengan misi OREO yang berbunyi “spark playful connection” untuk momen keseruan keluarga, keseluruhan produksi OREO di PT Mondelez Indonesia Manufacturing disebut juga menjunjung misi ini untuk diterapkan bersama.

“Kita bekerja di sini bukan hanya memproduksi biskuit, tapi juga menciptakan keseruan keluarga Indonesia dan keluarga di dunia,” ungkap Zaenal.

Karenanya, Zaenal menambahkan, misi produksi itu tercermin dalam budaya produksi di pabrik untuk karyawan, keluarganya, bahkan hingga lingkungan sekitarnya. Budaya ini juga direfleksikan melalui kesempatan sama yang diberikan bagi seluruh karyawan Mondelez, untuk mendukung inklusivitas.

Dalam lingkup Mondelez, para ibu disebut memiliki kesempatan yang tidak terbatas. Tidak hanya bisa mengembangkan jenjang karier, aktivitas yang melibatkan keluarga juga dihadirkan untuk menyebarkan momen keseruan sesuai misi OREO.

Tidak berhenti pada ibu pekerja PT Mondelez Indonesia Manufacturing, kesempatan momen seru untuk berkembang bersama juga diberikan untuk para ibu melalui agenda Plant Tour Visit Pabrik OREO Cikarang yang memberikan akses ibu dan anak untuk melihat langsung proses produksi OREO.

Komitmen untuk terus berkontribusi ini telah merangkul seluruh aspek, tidak terkecuali lingkungan. Zaenal mengungkap, berbagai kolaborasi dijalin untuk menebar manfaat bagi seluruh keluarga Indonesia dan stakeholder.

“Kita juga sangat aktif bekerja sama dengan aktivis lingkungan, penanaman pohon mangrove, dan yang lainnya. Gambaran sekilas tentang bagaimana tadi misi dan budaya ‘spark playful connection’ itu, kita bangun bukan hanya dinikmati oleh keluarga Indonesia, tapi seluruh stakeholder di Mondelez,” tuturnya.

Ke depannya, sebagai produk buatan Indonesia, Mondelez berkomitmen untuk meneruskan produksi guna meningkatkan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menciptakan momen keseruan lainnya, sebagai misi dari Mondelez global, dari Indonesia untuk dunia. Mondelez akan terus berupaya menciptakan produk camilan yang tepat pada waktu tepat.

“Mondelez ada tagline ‘snacking made right’, jadi itu yang akan terus dikembangkan dan nantikan saja produk-produk inovasi dari Mondelez untuk menemani camilan kita semua,” tutup Zaenal.

Strategi Mondelez Indonesia berikutnya akan menyasar pengembangan dan pemasaran produk OREO sebagai pemimpin industri biskuit global. Aspirasi Mondelez Indonesia adalah melahirkan keseruan lainnya dengan mempersiapkan kapabilitas proses dan karyawan dalam produksi varian-varian baru, baik pada skala lokal maupun mancanegara.

Baca juga artikel terkait MONDELEZ INDONESIA atau tulisan lainnya dari Shofiatunnisa Azizah

tirto.id - Gaya hidup
Penulis: Shofiatunnisa Azizah
Editor: Nuran Wibisono