Destinasi Favorit Hari Valentine: Bali Hingga Puncak Bogor

Oleh: Yulaika Ramadhani - 14 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
10 destinasi favorit yang paling banyak dikunjungi saat valentine.
tirto.id - Bulan Februari merupakan bulan yang identik dengan hari Valentine. Hari Valentine atau dikenal dengan sebutan hari kasih sayang merupakan hari percintaan yang jatuh setiap tanggal 14 Februari.

Dalam momen ini banyak muda-mudi yang sibuk menyiapkan kejutan romantis untuk pasangan mereka, baik itu dalam bentuk kado, ucapan atau keduanya. Bahkan banyak yang menggunakan momen ini untuk berkunjung ke tempat-tempat menarik untuk menghabiskan momen Valentine bersama pasangan mereka.

Dalam menyambut moment spesial ini, portal diskon tanah air CupoNation dan OYO menganalisa destinasi favorit yang paling banyak dikunjungi saat valentine dan merangking berdasarkan destinasi terpopuler, berikut adalah urutannya:

1. Bali
2. Pulau Seribu
3. Bunaken Manado
4. Puncak Bogor
5. Bandung
6. Yogyakarta
7. Ubud
8. Gili Trawangan
9. Moyo Island, Sumbawa
10. Kepulauan Banda, Maluku

Demikian adalah destinasi paling populer saat momen Valentine di Indonesia versi OYO. Destinasi ini di rangking berdasarkan lokasi wisata di Indonesia dengan jumlah reservasi hotel tertinggi saat Valentine.

Portal diskon tanah air CupoNation menganalisa minat orang Indonesia dalam merayakan hari Valentine dan mengungkap wilayah di Indonesia dengan penduduk paling romantis dan antusias terhadap perayaan hari Valentine.

Volume Penelusuran “Hari Valentine” di Indonesia

Pencarian online tentang “Hari Valentine” meningkat di Indonesia. Berdasarkan hasil studi, volume pencarian online pada mesin pencari google untuk Kata kunci “Hari Valentine” meningkat sebanyak 6% di tahun 2019 jika dibandingkan dengan tahun 2018.

Hal ini menunjukkan semakin banyak orang Indonesia yang antusias dan mencari tahu hal-hal seputar Valentine untuk merayakannya bersama pasangan mereka.

10 wilayah dengan penduduk paling romantis di Indonesia berdasarkan Indeks Romantis

CupoNation berhasil merangking 10 wilayah di Indonesia berdasarkan “indeks romantis” - volume penelusuran rata-rata tentang kata kunci romantis pada google untuk 2 tahun terakhir.

Studi ini menunjukkan jika penduduk Sulawesi Utara adalah penduduk Indonesia yang paling romantis, dimana penduduknya adalah yang paling banyak mencari tahu tentang hari valentine serta ide romantis melalui mesin pencari Google.

Berikut adalah deretan 10 wilayah di Indonesia dengan penduduk paling romantis yang jika diurutkan adalah:

1. Sulawesi Utara
2. Maluku
3. Nusa Tenggara Timur
4. Bali
5. Papua
6. Sulawesi Tengah
7. Papua Barat
8. Riau
9. Sumatera Utara
10. Kalimantan Barat

10 Wilayah di Indonesia dengan popularitas online tertinggi terhadap hari Valentine

Setelah mengungkap wilayah dengan penduduk paling romantis di Indonesia, CupoNation juga mengungkap wilayah mana saja yang masyarakatnya paling antusias dalam merayakan hari Valentine.

Berdasarkan volume penelusuran online terhadap kata kunci “Hari Valentine” maka penduduk Papua lah yang paling banyak melakukan penelusuran online tentang hari Valentine, posisi kedua ditempati wilayah Sulawesi Utara, diiringi Nusa Tenggara Timur dan beberapa wilayah lain yang jika diurutkan:

1. Papua
2. Sulawesi Utara
3. Nusa Tenggara Timur
4. Maluku Utara
5. Kalimantan Utara
6. Papua Barat
7. Sulawesi Barat
8. Bengkulu
9. Sulawesi Tengah
10. Kalimantan Barat

Indeks romantis dihitung melalui popularitas rata-rata dari volume penelusuran yang berkaitan dengan hari Valentine: Hari Valentine, Valentine’s day, Romantis, Romantic, Hari Kasih Sayang dalam skala 0 sampai 100 untuk periode 1 Januari 2018 - 31 Januari 2019 melalui Google Trends.

Popularitas online hari Valentine di rangking berdasarkan jumlah volume penelusuran untuk kata kunci “Hari Valentine” dalam skala 0 sampai 100 untuk periode 1 Januari 2018 - 31 Desember 2019, melalui Google Trends.


Baca juga artikel terkait VALENTINE atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight