Deretan Caleg Artis dari Dapil Jabar yang Berpotensi Gagal ke DPR

Oleh: Bayu Septianto - 16 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah caleg artis dari Dapil Jawa Barat, seperti Mulan Jameela, Tina Talisa, Giring, Olla Ramlan, Dwiki Dharmawan hingga Angel Lelga berpotensi besar gagal lolos ke DPR RI.
tirto.id - Sejumlah caleg DPR RI dari kalangan artis yang mencalonkan diri di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat berpotensi besar gagal lolos ke senayan.

Prediksi itu berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 untuk Jawa Barat yang telah disahkan dalam rapat pleno di KPU RI, Kamis (16/5/2019).

Misalnya, Mulan Jameela kemungkinan besar bernasib sama suaminya Ahmad Dhani. Suara yang diperoleh keduanya diprediksi tidak cukup untuk mengantarkan mereka ke DPR RI.

Mulan yang maju lewat Gerindra hanya meraih 24.192 suara sah di Dapil Jabar XI (Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya). Sementara Dhani yang juga caleg Gerindra hanya meraih 40.148 suara sah di Dapil Jawa Timur I.


Sedangkan di Dapil Jabar I (Kota Bandung dan Cimahi), tiga caleg artis juga gagal melenggang ke Senayan. Ketiganya adalah penyanyi Skolastika Citra Kirana (Citra Skolastika), presenter Choky Sitohang, dan mantan vokalis Band Nidji, Giring Ganesha.

Citra yang maju lewat Nasdem hanya meraih 2.735 suara. Lalu, Chocky (caleg Perindo) meraih 38.132 suara saja. Adapun Giring dari PSI mendapatkan 47.069 suara. Untuk kasus Giring, PSI memang diprediksi tidak lolos ambang batas parlemen untuk pileg DPR RI.

Artis Olla Ramlan juga diperkirakan gagal karena hanya mengumpulkan 11.599 suara sah di Dapil Jabar 4 melalui Partai Nasdem.


Selain itu, caleg artis lain yang berpotensi gagal berasal dari Dapil Jabar VI, yakni Farhat Abbas dari PKB yang meraih 71.850 suara dan Fauzi Baadila (Gerindra) yang memperoleh 63.161 suara.

Dua caleg lain yang bernasib sama, Angel Karamoy (PDIP) yang mendapat 48.936 suara dan Lucky Hakim (Nasdem) yang mendapatkan 39.696 suara.

Meski suara yang diperoleh empat caleg artis itu tergolong lumayan, mereka tak mampu bersaing dengan kandidat lainnya yang meraup dukungn lebih banyak.

Pedangdut Angel Lelga (caleg Perindo) juga diprediksi gagal lantaran hanya meraih 9.220 suara di Dapil Jabar VII. Begitu pula vokalis Setia Band, Charly Van Houten yang hanya meraih 11.529 suara dengan partai yang sama.

Penyanyi lawas Lita Zen (PDIP) dan mantan pewarta Tina Talisa (Nasdem) juga gagal ke Senayan. Mereka maju dari Dapil Jabar II.

Caleg artis lainnya, pesinetron Helmalia Jelita Putri (Gerindra) pun berpotensi gagal ke Senayan dari Dapil Jabar III. Nasib serupa dialami Sultan Djorghi (Berkarya) yang maju dari Dapil Jabar VIII, musisi Dwiki Dharmawan (PAN) dan pesinetron Krisna Mukti (Nasdem).


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Addi M Idhom