Demo Mahasiswa di DPR Pakai Dana Publik, Terkumpul Rp31 Juta Sehari

Oleh: Zakki Amali - 23 September 2019
Penggalangan dana untuk mendukung aksi bertajuk ‘Reformasi Dikorupsi’ di DPR RI, Senayan, tembus Rp30 juta dalam sehari.
tirto.id - Penggalangan dana untuk mendukung aksi mahasiswa ‘Reformasi Dikorupsi’ di DPR RI, sudah menembus Rp30 juta pada pada Senin (23/9/2019) pagi.

Perwakilan penggalang dana, Ananda Wardhana Badudu menyebut, uang yang telah terkumpul lewat platform kitabisa.com itu diperuntukkan kepada mahasiswa yang mendemo DPR RI selama dua hari ini.

Saat ini, ia telah mencairkan dana Rp15 juta untuk kebutuhan mobil komando dan konsumsi mahasiswa.

“Saya kaget dengan respons dari masyarakat. Kurang dari sehari, donasi telah mencapai Rp28 juta. Makanya langsung kami cairkan hari ini untuk biaya aksi, karena vendor mobil komando minta uang muka,” kata dia kepada Tirto, Senin (23/9/2019)

Dalam laman Kitabisa.com, target dana yang terkumpul sebanyak Rp50 juta dalam sebulan. Pukul 11.28 WIB tadi, posisi dana yang terkumpul meningkat menjadi Rp31.196.136

“Ini menunjukkan aksi mahasiswa tak ditunggangi siapa pun. Entah taipan atau cukong. Dana ini dari rakyat biasa. Gerakannya organik. Siapa pun bisa berkontribusi. Donatur juga paling besar Rp1 juta dan hanya satu,” ujarnya.

Ananda menyebut, dana ini bakal diperuntukkan untuk aksi mahasiswa di Jakarta saja. Hal ini sudah jadi komitmennya sesuai unggahan di situsweb Kitabisa.com.

“Sayangnya saya tidak tahu, sesaat akan mengunggah informasi ini, ternyata aksi serupa juga ada di Jogja dan Malang. Kalau tahu, saya ikut sertakan peruntukkan dana publik ini,” imbuh dia.



Baca juga artikel terkait DEMO MAHASISWA atau tulisan menarik lainnya Zakki Amali
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Zakki Amali
Penulis: Zakki Amali
Editor: Hendra Friana
DarkLight