Deepfield, Software di Balik Kemampuan Audio Menawan Vivo V-Series

Oleh: Ibnu Azis - 29 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Saat menggunakan earphone atau headphone, Deepfield akan menghasilkan kualitas suara lebih "padat" dibandingkan speaker smartphone.
tirto.id - Smartphone Vivo V-Series terbaru, V11 dan V11 Pro dibekali kemampuan audio menawan yang dapat menghasilkan suara memadukan elemen bass, mids, dan trebel seimbang. Rahasianya, terletak pada software audio yang ditanamkan di perangkat tersebut, yakni Deepfield.

Menurut Jason Fanjaya selaku Product Manager PT Vivo Mobile Indonesia, Deepfield dioperasikan ketika pengguna membuka fitur pemutar musik dan akan melakukan pengaturan audio sesuai dengan daya tangkap telinga.

"Menu yang ditawarkan antara lain pengaturan instan efek suara surround, bass, dan suara jernih," tambahnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Kamis (29/11/2018) malam.

Deepfield juga dibekali equalizer bawaan dengan 10 level, yakni pop, dance, blues, klasik, jazz, lagu bertempo lambat, elektro, rock, dan country. Kendati begitu, sambung Jason, pengguna juga bisa melakukan pengaturan sendiri.

Lebih lanjut, jelas Jason, saat pengguna mendengarkan musik melalui earphone atau headphone berbagai jenis, Deepfield baru bisa bekerja dan kualitas suara akan jauh lebih terasa "padat" dibandingkan menggunakan speaker Vivo V11 Pro atau Vivo V11.

"Dengan menu Adaptasi Headphone, kemampuan kedua V11 Series dalam mengeluarkan audio andal dapat terwujud berkat amplifier atau penguat suara yang menjernihkan suara, mengurangi noise, serta output yang jernih," lanjut Jason.


Manfaatkan Teknologi Optimasi Suara

Di V11 Pro dan V11, Vivo menggunakan Deepfield untuk mengoptimalkan output suara. Dengan tren dual camera belakang dan screen-to-body-ratio yang besar serta ukuran bodi kian menipis, membuat penggunaan speaker berukuran besar sedikit berkurang.

Meski demikian, Vivo tetap berupaya memberikan output audio berkualitas pada ponsel terbarunya seiring kian banyaknya pengguna yang menonton video melalui smartphone.

Dalam mengadaptasi desain ramping yang diusung V11 Pro dan V11, Vivo tetap ingin menghadirkan suara stereo tanpa harus menempatkan dua speaker yang membutuhkan banyak ruang. Teknologi pengoptimalan speaker digital Dirac Power Sound menjadi salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan ruang tersebut.

Untuk membantu speaker kecil menghasilkan suara yang lebih besar, Dirac Power Sound bekerja dengan teknologi AAC, yang telah diintegrasikan ke lebih dari setengah miliar smartphone di seluruh dunia termasuk di perangkat Vivo.

Untuk memanjakan penggunanya, Vivo menghadirkan music player sendiri yakni "i Music", selain Google Play Music sebagai paket default sistem Android. Berbeda dengan pemutar musik lainnya, Vivo menggandeng pengembang audio effect untuk melengkapi mode pengaturan sound agar output musik yang diputar di Vivo V11 Pro terdengar nyaman.

"Musik menjadi salah satu hiburan yang sering dimainkan oleh para pengguna smartphone. Untuk itulah Vivo ingin terus memberikan kemampuan terbaik produknya dalam memutar file audio dan video dengan output melalui efek suara pada aplikasi musik yang ditanamkan di Vivo V-Series," pungkas Jason.


Baca juga artikel terkait VIVO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis