Debat Pilgub Jabar 2018: KPU Libatkan 18 Pakar dan Guru Besar

Oleh: Yulaika Ramadhani - 12 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Materi Debat Kandidat Pertama Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 telah disusun oleh 18 pakar dan guru besar dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat
tirto.id - KPU Provinsi Jawa barat menuturkan materi Debat Kandidat Pertama Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 di Gedung Sabuga, Senin (12/3/2018) telah disusun oleh 18 pakar dan guru besar dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat.

"Para paslon terlihat antusias dengan acara ini," kata Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat, di Bandung, Senin (12/3/2018) dilansir dari Antara.

Pada Debat Kandidat kali ini, persoalan yang bakal diangkat kali ini di antaranya adalah tentang masalah hukum, ekonomi, politik, dan pemerintahan.

Namun begitu, Yayat juga menyampaikan bahwa debat kali ini berbeda dari debat kandidat sebelumnya, karena lekat dengan unsur hiburan.

"Selain debat paslon, tim pendukung akan menampilkan art performance, sehingga kening pun tidak perlu mengerut dan masyarakat bisa menerima acara dengan suka cita," kata Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat, di Bandung, Senin (12/3/2018).

Yayat menuturkan substansi acara Debat Kandidat merupakan ajang tepat para pasangan calon mengeksplorasi gagasan untuk membangun Jawa Barat, yang dikemas dalam suasana berbeda.

"Tidak seperti debat paslon Gubernur 2013 lalu,"tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari turut mengharapkan setiap calon diharapakan dapat mengutarakan pemikiran terbaiknya untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Jawa Barat.

"Kami berharap nanti itu dapat menjawab persoalan-persoalan yang ada di Jawa Barat, bukan menjadi sarana untuk saling menjatuhkan," kata Ineu.

Ia juga berharap seluruh pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang akan tampil dalam debat pada 12 Maret bisa menampilkan visi misi mereka kepada publik melalui acara tersebut.

"Semoga Debat Kandidat Cagub Cawagub Jabar nanti bisa berjalan lancar dan saya harapkan setiap paslon bisa menyampaikan visi misi kepada publik lewat acara ini," kata Ineu

Pada acara Debat Kandidat Jawa Barat kali ini, Rosiana Silalahi akan memandu jalannya debat. Ineu meyakini, Rosiana akan membuat suasana debat menjadi menarik untuk disaksikan.

"Kalau tidak salah Debat Publik nanti itu dipandu sama Rossiana Silalahi ya, saya kira acara nanti bakal seru untuk disaksikan ya," ujar Ineu.

Baca juga artikel terkait DEBAT PILGUB JABAR 2018 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Politik)

Reporter: Yulaika Ramadhani
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani