Debat Kedua Capres, Polri Masih Berlakukan Empat Lapis Pengamanan

Oleh: Adi Briantika - 12 Februari 2019
Jelang Debat Capres Kedua di Pilpres 2019, Polri akan menggunakan sistem empat lapis penjagaan di sekitar Hotel Sultan, Senayan, Jakarta pada 17 Februari nanti.
tirto.id - Polri akan menggunakan sistem empat lapis penjagaan pada Debat Capres Kedua di Pilpres 2019 yang akan digelar, Minggu (17/2/2019) di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.

“Tidak berbeda dengan pengamanan debat pertama, di debat kedua kami menggunakan pola empat ring pengamanan termasuk dengan jalur penyelamatan diri [escape route],” kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Selasa (12/2/2019).

Polri juga menyiapkan rencana kontijensi dalam acara tersebut. “Kepolisian sudah sangat berpengalaman dan akan melakukan pengamanan debat secara komprehensif,” ucap Dedi.

Ring 1 merupakan area yang dijaga oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) sebab ada Presiden Joko Widodo. Wilayah Ring 2 yaitu area hotel yang akan dijaga oleh TNI dan Polri. Ring 3 merupakan halaman parkir dan Ring 4 yaitu jalur keluar-masuk paslon termasuk jalur evakuasi darat dan udara jika terjadi sesuatu hal.

Dalam debat kedua, kandidat yang tampil hanyalah capres, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Mereka akan adu gagasan perihal energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Sementara itu, cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno, akan tampil di debat ketiga.


Terdapat tujuh panelis yang ditunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam debat kedua, yaitu:

1. Rektor ITS Profesor Joni Hermana
2. Rektor IPB Arif Satria
3. Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati
4. Ahli pertambangan ITB Profesor Irwandy Arif
5. Pakar energi Ahmad Agustiawan
6. Pakar lingkungan Undip Sudharto P. Hadi
7. Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria Dewi Kartika.

Pakar Hukum Lingkungan dari Universitas Airlangga, Suparto Wijoyo mengundurkan diri sebagai panelis. Sementara dua orang yang menjadi moderator adalah Tommy Tjokro dan Anisa Dashuki.


Baca juga artikel terkait DEBAT PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Politik)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Maya Saputri