Dampak Desain Ulang Hasil Pencarian Google di Seluler bagi Pengguna

Oleh: Ayub Rustiani - 18 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Perubahan tampilan hasil pencarian Google di perangkat seluler tidak memengaruhi informasi yang dicari pengguna.
tirto.id - Google telah mendesain ulang tampilan hasil pencarian pada perangkat seluler. Perubahan ini fokus pada informasi daripada elemen desain di sekitarnya.

Visual Design Lead Google Search, Aileen Cheng, mengatakan, Google ingin mengambil langkah mundur untuk menyederhanakan sedikit. Tujuannya agar pengalaman pengguna dalam menggunakan pencarian Google di perangkat seluler lebih maksimal.

“Orang dapat menemukan apa yang mereka cari dengan lebih cepat dan lebih mudah,” ujarnya dikutip Antaranews.

Salah satu cara yang diambil Google dalam desain ulang tampilan itu ialah dengan menggunakan teks yang lebih besar dan lebih tebal. Aileen mengatakan, cara ini akan membuat mata pengguna dapat memindai dan memahami hasil penelusuran lebih cepat.

“Kami juga membuat hasil dan judul bagian lebih besar,” imbuhnya.


Dampaknya bagi Pengguna

Menurut laman Search Engine Journal, pengguna setidaknya akan merasakan tiga hal baru dari perubahan tampilan hasil pencarian Google pada perangkat seluler, yakni sebagai berikut:

1. Kesederhanaan

Pengguna akan lebih fokus pada informasi bukan elemen desain di hasil pencarian seluler. Artinya, pengguna bakal memperoleh informasi yang mereka cari dengan jelas.

Lain itu, Google juga menjanjikan informasi tersebut dapat dijumpai pengguna secepat mungkin. Hal itu dimungkinkan berkat penggunaan teks (font) yang lebih besar dan lebih tebal.

2. Pengalaman Membaca yang Lebih Baik

Pengguna akan lebih mudah untuk segera melihat apa yang mereka cari. Hal itu dimungkinkan berkat desain tepi-ke-tepi baru yang meminimalkan penggunaan bayangan.

Pengguna bakal menjumpai banyak ruang visual yang 'kosong' agar hasil penelusuran dan konten lainnya menjadi pusat perhatian. Hal ini adalah efek secara keseluruhannya.

3. Penekanan Warna

Hadirnya lebih banyak ruang 'bernapas' agar hasil penelusuran menjadi pusat perhatian didukung penggunaan warna yang tepat. Hal ini dilakukan untuk menyoroti hal-hal yang penting.

Oleh karena itu, perubahan desain tampilan hasil pencarian Google di seluler menawarkan penggunaan warna baru. Perubahan warna ini disengaja untuk memandu mata ke informasi yang dicari.

Aileen mengatakan, pembaruan tampilan bereksperimen dengan menggunakan banyak warna yang berani dengan latar belakang yang bersih untuk mengarahkan mata ke informasi penting tanpa berlebihan atau mengganggu.

Ketika pengguna mencari 'paus', misalnya, tampilan hasil penelusuran akan memberikan sorotan warna biru pada poin penting. Sebaliknya, saat mencari 'kijang', tampilan hasil penelusuran akan menyodorkan sorotan warna coklat.


Tidak Memengaruhi Hasil Pencarian

Google menggarisbawahi bahwa perubahan desain tampilan pada hasil pencarian di perangkat seluler tidak akan memengaruhi konten dan informasi yang pengguna cari di mesin penelusurannya.

Jika sebelumnya hasil dari mesin pencarian Google masih hanya berupa teks berwarna biru, kini tampilannya diubah sedemikian rupa agar pengguna dapat fokus pada kata kunci pencarian.

Dalam desain ulang hasil pencarian di seluler, Google fokus pada tiga hal utama. Pertama, agar pengguna membaca hasil penelusuran di perangkat bergerak lebih mudah. Kedua, penyempurnaan pada desain kartu hasil pencarian agar pengguna fokus pada konten penting.

Dan yang terakhir, Google melakukan pendekatan modern pada perubahan desain ini. Google mengatakan, tampilan baru penelusuran seluler kini “lebih sederhana, ramah, dan mudah didekati.”

"Saya rasa ini sangat menyegarkan. Bagiku, ini adalah angin segar," kata Aileen.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Ayub Rustiani
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ayub Rustiani
Penulis: Ayub Rustiani
Editor: Ibnu Azis
DarkLight