Daftar Vaksin Semarang RS Kariadi: Pendaftaran & Cek Kuota Online

Oleh: Addi M Idhom - 26 Juli 2021
Dibaca Normal 2 menit
Pendaftaran vaksinasi online di Kota Semarang bisa dilakukan melalui situs khusus milik RS Kariadi.
tirto.id - Masyarakat Kota Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya dapat mendaftar menjadi peserta vaksinasi Covid-19 di RS Kariadi secara online. RS Kariadi menjadi salah satu lokasi vaksinasi Covid-19 di Kota Semarang.

RSUP Dr Kariadi Kariadi telah menyediakan situs khusus yang melayani pendaftaran vaksinasi, cek jadwal vaksinasi pertama dan kedua, hingga pembatalan pendaftaran jika peserta tidak bisa datang sesuai jadwal.

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 di RSUP Dr. Kariadi bisa dilakukan oleh masyarakat umum. Namun, masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta vaksinasi gotong royong tidak bisa menjadi peserta penerima suntikan vaksin Covid-19 di RS Kariadi.

Link situs pendaftaran vaksinasi RS Kariadi Semarang adalah vaksinasi.rskariadi.id. Ketika membuka situs ini, pengunjung akan langsung bisa mengecek kuota vaksin Covid-19 yang tersedia di RSUP Dr. Kariadi.

Jika kuota tersedia maka secara otomatis pendaftaran peserta vaksinasi di RS Kariadi bakal dibuka. Karena itu, masyarakat yang berniat mengikuti vaksinasi Covid-19 di RS Kariadi bisa mengecek situs di atas secara berkala.

Setelah mendaftar lewat sistem pendaftaran online vaksinasi RS Kariadi Semarang, masyarakat akan mendapatkan kode reservasi yang akan memuat pula informasi mengenai hari dan jam penyuntikan vaksin yang sudah ditentukan. Jarak vaksin pertama dan vaksin kedua adalah 28 hari.

Adapun tata cara pendaftaran vaksinasi Covid-19 di RS Kariadi adalah sebagai berikut:

  • Buka link vaksinasi.rskariadi.id
  • Klik HOME untuk daftar online (menu HOME muncul jika kuota tersedia)
  • Ketik nomor NIK dan klik Daftar
  • Pilih tanggal vaksinasi
  • Pilih jam vaksinasi
  • Masukkan data tanggal lahir
  • Tulis alamat sesuai KTP
  • Masukkan info pekerjaan
  • Masukkan info nama Instansi
  • Ketik nomor hape yang aktif
  • Klik tombol Daftar
  • Jika berhasil akan ada notifikasi berhasil daftar.

Dengan klik tombol Cek Bukti Pendaftaran di situs, peserta dapat memasukkan NIK dan tanggal lahir untuk mengecek Bukti Pendaftaran, Jadwal Vaksin Pertama, dan Jadwal Vaksin Kedua (jika vaksin pertama telah dilakukan).


Daftar di Victori Semarang Kota & Sentra Vaksin Jateng

Selain mendaftar melalui situs RS Kariadi, ada sejumlah sarana lain untuk pendaftaran vaksinasi secara online di Kota Semarang. Dua di antaranya adalah website victori.semarangkota.go.id dan situs sentravaksin.jatengprov.go.id.

Pendaftaran vaksinasi online di situs victori.semarangkota.go.id dibuka untuk masyarakat umum yaitu: Pralansia dan Lansia; Warga usia 18-49 tahun; dan Anak usia 12 - 17 Tahun. Sesuai info dari Pemkot Semarang, vaksinasi untuk usia 12 - 17 tahun bakal digelar mulai Agustus 2021.

Vaksinasi bisa diikuti oleh warga dengan KTP Kota Semarang atau yang tinggal di Kota Semarang. Adapun tata cara mendaftar adalah:

  • Buka laman victori.semarangkota.go.id;
  • Pilih kelompok sesuai kategori pendaftar pada beranda;
  • Klik Pendaftaran Vaksinasi;
  • Isi NIK dan nomor KK;
  • Isi data diri dengan lengkap dan benar;
  • Pilih faskes vaksinasi;
  • Jadwal vaksinasi akan dikirim melalui WhatsApp Dinkes Kota Semarang.

Masyarakat yang berdomisili di Jawa Tengah juga bisa mengikuti vaksinasi yang digelar di Sentra Vaksinasi Gradhika. Namun layanan vaksinasi ini diprioritaskan untuk pralansia (40-60 tahun) dan lansia (>60 tahun). Pendamping berusia 18 tahun ke atas diperbolehkan mengikuti vaksinasi jika mendampingi 2 orang lansia ketika mendaftar.

Sentra Vaksinasi Gradhika akan beroperasi setiap hari Senin - Jumat (tanggal merah tutup) pukul 07.00 hingga 14.00 WIB. Diselenggarakan mulai 8 Juni 2021 hingga akhir Desember 2021.

Cara daftar vaksinasi di Sentra Vaksinasi Gradhika secara online adalah sebagai berikut:

1. Buka laman sentravaksin.jatengprov.go.id;
2. Klik menu pendaftaran di bagian atas situs;
3. Klik tombol Sign dengan Google;
4. Sign dengan membuka alamat email google yang aktif;
5. Isi data di kolom Identitas (NIK, NIK Pendamping, email, nomor HP/WA);
6. Isi data di kolom Detal Identitas;
7. Isi data di kolom Pilih Sesi (pilih tanggal jadwal vaksinasi dan jam sesinya);
8. Setelah kolom data terisi semua dan pendaftaran berhasil, download bukti QR Code (bukti pendaftaran).

Anda juga bisa mengecek kuota vaksin Covid-19 di website sentravaksin.jatengprov.go.id. Cara cek kuota vaksin cukup mudah. Silahkan pilih menu Cek Kuota Vaksin dan pilih tanggal vaksinasi yang diinginkan. Selanjutnya akan muncul sesi dan kuota.

Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Addi M Idhom
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight