tirto.id - Hasil Seleksi Mandiri Institut Teknologi Bandung (SM-ITB) 2021 telah diumumkan pada 29 Juni kemarin. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, diwajibkan untuk melakukan daftar ulang atau registrasi online.
Pengumuman kelulusan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2021 dapat diperoleh di laman https://sm.admission.itb.ac.id dengan melakukan login menggunakan nomor seleksi dan password masing-masing peserta.
Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru akan dilakukan mulai 2 - 24 Juli 2021 secara DARING (ONLINE) melalui laman https://akademik.itb.ac.id.
Kegiatan pendaftaran ini wajib seluruh calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus SM-ITB 2021 di ITB.
Prosedur Daftar Ulang SM-ITB 2021
Dalam proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg.
Dokumen yang wajib disiapkan untuk pengisian data dan diunggah adalah:
- Kartu Peserta SM-ITB 2021 ASLI
- Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara
- Khusus bagi calon mahasiswa lulusan tahun 2021.
- STL harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap Sekolah.
- Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA.
- Akta Kelahiran ASLI
- Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran.
- Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akta kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut antara tanggal 28 Juli - 7 Agustus 2021.
- Ijazah SMA ASLI. Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Ijazah asli, WAJIB mengunggah file Ijazah ASLI antara tanggal 28 Juli - 7 Agustus 2021.
- Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
- Yang dimaksud dengan asuransi kesehatan adalah asuransi yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan.
- ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.
- Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa.
- Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki asuransi kesehatan pada jadwal pendaftaran online di atas, wajib mengunggah bukti kepemilikan asuransi kesehatan antara tanggal 28 Juli - 7 Agustus 2021.
- Surat Keterangan Bebas Buta Warna ASLI dari Dokter Spesialis Mata
- Diwajibkan bagi calon mahasiswa yang diterima di Fakultas/Sekolah berikut:
- Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
- Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
- Sekolah Farmasi
- Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
- Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
- Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri
- Fakultas Seni Rupa dan Desain
- Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter selain Dokter Spesialis Mata tidak dapat digunakan.
- Surat Keterangan harus sesuai dengan format yang disediakan ITB di laman KitPendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2021, mencantumkan foto calon mahasiswa yang terkena cap Dokter Spesialis Mata/Klinik/Rumah Sakit.
- Calon mahasiswa harus mengunggah Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata pada jadwal pendaftaran online, tanggal 2 – 24 Juli 2021.
- Diwajibkan bagi calon mahasiswa yang diterima di Fakultas/Sekolah berikut:
- Surat Pernyataan Kemampuan Pembayaran BPP/UKT Selama Masa Studi. Format surat tersebut dapat diunduh di tautan ini.
- Surat Keterangan Jaminan Kemampuan Keuangan.
Editor: Addi M Idhom