Daftar Top Gaon Chart Minggu Pertama Januari, Chungha Hingga BTS

Oleh: Syarifah Aini - 11 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Daftar yang dirilis ini merupakan daftar lagu yang menguasai tangga lagu musik Gaon terhitung sejak tanggal 30 Desember hingga 5 Januari 2019.
tirto.id - Tangga lagu musik Gaon telah merilis daftar top Gaon Chart pada Kamis (10/1/2019) baru saja. Daftar yang dirilis ini merupakan daftar lagu yang menguasai tangga lagu musik Gaon terhitung sejak tanggal 30 Desember hingga 5 Januari 2019.

Beberapa kategori yang dirilis oleh Gaon di antaranya kategori album fisik, album digital, digital streaming, download chart, dan social chart. Secara lebih rinci, dilansir Soompi, daftar tangga lagu Gaon Chart edisi Januari 2019 pada minggu pertama diisi oleh sejumlah artis, mulai dari Wanna One, TVXQ, Winner, Jennie Blackpink, hingga Chungha.

Pada kategori “Album Fisik”, posisi pertama berhasil diraih oleh Wanna One melalui album studio pertama mereka bertajuk “111=1 (POWER OF DESTINY). Posisi ini berhasil mengalahkan Ryewok “Super Junior” yang berada di posisi ke-2 dengan albumnya “Drunk on Love”, TVXQ dengan album anniversarynya yaitu “New Chapter #2: The Truth of Love”, kemudian diikuti oleh Chungha melalui album terbarunya “Gotta Go”, dan terakhir di posisi ke-5 yang diduduki oleh WINNER dengan albumnya bertajuk “MILLIONS”.

Selanjutnya, untuk kategori “Digital Song”, Ben berhasil meraih posisi pertama melalui lagunya yang berjudul “180 Degrees”. Posisi ini kemudian disusul oleh MC the Max dengan lagu debutnya yang bertajuk “After You’ve Gone”. Pada posisi No. 3 Jennie “BLACKPINK” berhasil menduduki lewat lagu solo pertamanya yaitu “SOLO”. Selanjutnya posisi No. 4 disusul oleh Haeun atas lagunya “Shin Young Jae” serta diposisi ke-5 terdapat Chungha yang berhasil kuasai dengan lagu terbarunya yaitu “Gotta Go”.

Pada kategori “Streaming”, Ben masih kuasai posisi pertama melalui lagunya yaitu “180 Degrees”, posisi selanjutnya disusul oleh Jennie “BLACKPINK” lewat lagu SOLO” miliknya. Pada posisi No. 3 dan No. 4 berhasil diraih oleh Haeun melalui lagu terbarunya “Shin Young Jae” kemudian MC the Max dengan lagu debutnya yang bertajuk “After You’ve Gone”. Pada posisi No. 5 penyanyi sekaligus rapper Song Mino “WINNER” berhasil menduduki posisi tersebut melalui lagu bergenre pop trot miliknya yaitu “FIANCE”.

Pada kategori “Download Chart”, daftar tangga lagu dikuasai oleh MC the Max atas lagunya berjudul “After You’ve Gone”. Posisi ini disusul dengan 4 penyanyi lainnya yaitu Chungha dengan “Gotta Go”, Shauns melalui “Bad Habits”, Ben atas lagunya “180 Degrees”, serta terakhir Idol Group “WINNER” melalui single terbarunya yaitu “MILLIONS”.

Kategori terakhir yang dirilis oleh Gaon Chart adalah “Social Chart”. Pada kategori ini, Idol Group asuhan Big Hit Entertaiment yaitu BTS, masih kuasai daftar tangga lagu baik diposisi pertama, kedua, juga keempat. Pada posisi pertama BTS kuasai daftar tangga lagu atas albumnya yang bertajuk “DNA”, sementara pada posisi ke-2 diisi oleh albumnya yang berjudul “IDOL” dan di posisi ke-4 dikuasai lewat lagu mereka yang berjudul “Fake Love”. Sementara itu, pada posisi ketiga berhasil diduduki oleh Chungha atas lagu “Gotta Go” disusul oleh TWICE di posisi ke-5 melalui lagu terbaru mereka yang bertajuk “YES or YES”.

Berdasarkan kelima kategori yang dirilis oleh Gaon Chart tersebut, terdapat beberapa musisi yang mendominasi di antaranya Ben yang meduduki posisi pertama baik dalam kategori “Digital” dan “Streaming Chart”, juga posisi ke-4 dalam kategori “Download Chart”. Ben berhasil kuasai tangga lagu Gaon edisi Januari minggu pertama ini melalui lagu terbarunya yang bertajuk “180 Degrees”.

Musisi selanjutnya yang mendominasi adalah BTS. Dalam hal ini BTS menguasai kategori “Social Chart” atas ketiga lagu mereka yang berjudul “DNA”, “IDOL” dan juga “Fake Love”. Sementara itu, musisi terakhir yang mendominasi daftar tangga lagu Gaon Chart adalah penyanyi solo Chungha melalui lagu terbarunya bertajuk “Gotta Go”.

Atas lagu yang baru dirilis pada 2 Januari lalu ini Chungha berhasil kuasai tangga lagu baik pada kategori “Album Fisik” yang menduduki posisi No. 4, kategori “Album Digital” di posisi No. 5, kemudian kategori “Download Chart” pada posisi No. 2, serta yang terakhir, yaitu kategori “Social Chart” yang berhasil ia kuasai pada posisi ketiga.

Baru-baru ini Chungha atas lagu “Gotta Go” tersebut juga telah berhasil meraih kemenangan keduanya dalam program musik M Countdown yang ditayangkan pada Kamis (10/1/2019) kemarin.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yulaika Ramadhani