Daftar Tempat Romantis untuk Merayakan Valentine di Asia Tenggara

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 13 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa negara di Asia Tenggara menawarkan tempat–tempat untuk menikmati liburan bersama orang terkasih pada hari Valentine.
tirto.id - Hari Valentine menjadi momen bersama orang terkasih yang dirayakan tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Beberapa negara di Asia Tenggara menawarkan tempat–tempat untuk menikmati liburan bersama orang–orang terkasih.

Tempat tersebut menawarkan suasana yang indah untuk beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-sehari dengan biaya yang terjangkau, mulai dari bukit, pantai sampai situs budaya dengan pemandangan yang menakjubkan.

Berikut beberapa tempat yang bisa direncanakan untuk berlibur pada Hari Valentine, sebagaimana direkomendasikan Weekender.

  • Khao Yai, Thailand
Ladang bunga matahari menjadi spot romantis yang dapat dinikmati di Hari Valentine. Tempat ini dapat ditemukan di Khao Yai, Thailand, daerah dengan suasana pedesaan yang indah.

Untuk menuju ke sana Anda perlu berkendara beberapa jam dari Bangkok. Keindahan bunga ini dapat disaksikan saat bermekaran di musim antara November sampai Februari.

Desa Pak Chong memiliki dua ladang untuk dinikmati sambil berswa-foto dengan orang terkasih, sementara di ladang pertanian Jim Thompson terdapat bunga musiman yang bermekaran.

Tidak hanya itu yang dapat dinikmati, Anda juga bisa mendaki atau berenang di Taman Nasional Khao Yai, situ Warisan Dunia UNESCO dan salah satu taman nasional paling terkenal di Thailand. Setelah puas menjelajah, Anda bisa menginap di resor vila yang terjangkau dengan suasana hutan, gunung, dan air terjun.

  • Sapa, Vietnam
Ladang hijau yang indah dan luas dapat anda nikmati di Sapa, sebuah kota di barat laut Vietnam. Suasana yang nyaman dengan tempat yang luas sangat cocok untuk berjalan santai sambil menjelajah desa-desa setempat yang menawan dan pasarnya.

Gunung Fansipan juga bisa dikunjungi untuk anda yang menyukai tantangan seperti mendaki. Ada juga kereta gantung yang dapat digunakan untuk bersantai dan menghabiskan waktu sambil menikmati pemandangan yang indah.

  • Bagan, Myanmar
Bagan menawarkan pengalaman romantis yang unik untuk dikunjungi. Rumah bagi lebih dari 3000 kuil ini menyajikan balon udara yang terbang di atas kuil untuk disaksikan sambil melihat matahari terbit.

Jika Anda memiliki budget lebih, Anda dapat merasakan sendiri menaiki balon udara dan menyaksikan matahari terbit atau terbenam dari ketinggian.

  • Banyuwangi, Indonesia
Pasangan pencinta alam akan menyukai berlibur di Banyuwangi, Jawa Timur. Di kota ini Anda dapat menemukan fenomena blue fire atau api biru yang dapat disaksikan saat malam hari berlokasi di Kawah Ijen, Gunung Ijen.

Di sisi lain tepatnya Pantai Sukamade, Anda dapat menyaksikan kura–kura bertelur dan melepaskan bayi kura–kura kembali ke laut.


  • Vigan City, Filpina
Vigan City merupakan Kota Warisan Dunia UNESCO untuk kota kolonial Spanyol yang terpelihara dengan baik. Di sini Anda akan merasakan berjalan atau menaiki kalesa (kereta kuda) di sepanjang jalan berbatu, Calle Crisologo.

Selama perjalanan, mata Anda akan dimanjakan dengan arsitektur yang menggambarkan keunikan budaya Eropa dan Asia abad ke-16.

  • Tagalle, Sri Lanka
Anda dapat bersantai menikmati pantai selatan Sri Lanka yang disebut Kota Tagalle. Di sana banyak pantai yang menakjubkan dan merupakan pantai paling popular di Sri Lanka.

Liburan di sana dapat diisi dengan kegiatan berenang, snorkelling, menyelam, dan berjemur di bawah sinar matahari. Tak jauh dari pantai ada banyak akomodasi murah dan kegiatan yang menyenankan seperti menjelajahi beberapa taman nasonal dan menyaksikan kura–kura raksasa di pantai Rekawa dan Kahandamodara.

  • Kepulauan Perhentian, Malaysia
Terletak di negara bagian Malaysia, Terengganu, Kepulauan Perhentian ini terdiri dari dua pulau utama, salah satunya Perhentian Besar.

Pulau ini terkenal karena resor dan pantai yang nyaman dan intim, salah satunya disebut Pantai Romantis. Pantai Long dan Coral Bay di pulau ini dapat digunakan untuk bersnorkeling dan menyelam karena airnya jernih dan banyak terumbu karang yang dapat dilihat dari dekat.


Baca juga artikel terkait VALENTINE atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Yulaika Ramadhani