Daftar Pemain Timnas Indonesia U16 di Kualifikasi Piala Asia 2020

Oleh: Beni Jo - 13 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Daftar pemain Timnas Indonesia U16 di Kualifikasi Piala Asia U16 2020 diisi oleh kebanyakan penggawa yang berlaga di Piala AFF U15 2019.
tirto.id - Jelang tampil di ajang kualifikasi Piala AFC U-16 2020 yang digelar mulai Senin (16/9/2019) di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Timnas Indonesia telah mengumumkan 23 nama pemain terpilih di bawah asuhan pelatih Bima Sakti. Di lini depan, terjadi perubahan yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan skuad yang turun di Piala AFF lalu.

"23 nama yang saya panggil merupakan pemain-pemain berdasarkan kualitas serta kebutuhan tim. Saya merasa yakin dengan kemampuan mereka," tutur Bima Sakti, melansir laman resmi PSSI Kamis (12/9).

Dari 23 nama tersebut, Indonesia membawa tiga kiper, tujuh pemain belakang, enam gelandang, dan tujuh penyerang. Daftar itu memang masih didominasi oleh skuad yang terjun dalam ajang Piala AFF U-15 2019 lalu. Namun, sektor depan mengalami perubahan signifikan dengan adanya empat pemain baru.

Di posisi kiper, Indonesia kemungkinan besar akan kembali mengandalkan I Made Putra Kaicen sebagai pilihan utama. Di gelaran Piala AFF, pemain asal Bali United itu tampil impresif dan sempat menggagalkan penalti lawan.

Di lini pertahanan, tidak terjadi perubahan dari skuad Piala AFF 2019. Nama kapten tim Marcell Januar Putra masih menyertai sektor belakang Garuda Asia. Selain itu, masih ada Kadek Arel Priyatna, Mikael Alfredo Tata, Alfin Farhan Lestaluhu, dan Alexandro Felix Kamuru.



Tidak ada perubahan pula di sektor gelandang. Marselino Ferdinan diprediksi menjadi andalan Indonesia saat tampil di level Asia ini. Nama lain yang tetap disertakan adalah Ruy Arianto, Diandra Diaz Dewari, juga Dimas Juliono Pamungkas.

Sementara itu, trio Muhammad Valeron, Wahyu Agung Drajat Mulyono, dan Mohamad Faizal Shaifullah memang tetap menjadi kepercayaan Bima Sakti di lini depan.

Namun, kali ini mereka dituntut bersaing dengan empat pemain baru di luar skuad Piala AFF, yaitu Raka Cahyana Rizky, Elvateeh Varesia Akhada, Fiore Rafli Alifasyah Zainal, dan Wahyu Pratama.

Indonesia sendiri menjadi tuan rumah Grup G Kualifikasi Piala Asia 2020. Timnas Garuda bersaing dengan China, Filipina, Brunei Darussalam dan Kepulauan Mariana. Duel pertama dijalani dengan melawan Filipina di Stadion Madya, Senin (16/9) pukul 19.00 WIB.

"Kami masih ada beberapa hari untuk latihan persiapan, salah satunya besok pagi, sebelum latihan resmi jelang pertandingan. Karena kami baru akan bermain di tanggal 16 September 2019 melawan Filipina," ungkap Bima.

Berikut daftar lengkap pemain Timnas Indonesia U-16.

Kiper
1. I Made Putra Kaicen (Bali United)
2. Nevin Geraldo Kosasih (Perseru BLFC)
3. Ahmad Rifai (Askab Bekasi)

Bek
4. Marcell Januar Putra (Bali United)
5. Kadek Arel Priyatna (Bali United)
6. Dimas Juliono Pamungkas (Persib)
7. Mochamad Aditya Rangga Saputra (Borneo FC)
8. Mikael Alfredo Tata (Persipura)
9. Alfin Farhan Lestaluhu (SKO Ragunan)
10. Alexandro Felix Kamuru (Barito Putera)

Gelandang
11. Resa Aditya Nugraha (Ps Tira)
12. Marselino Ferdinan (Persebaya)
13. Ruy Arianto (Persebaya)
14. Diandra Diaz Dewari (Persib)
15. Ahmad Athallah Araihan (SKO Ragunan)
16. Aditya Daffa Al Haqi (Barito Putera)

Penyerang
17. Muhammad Valeron (Persib)
18. Raka Cahyana Rizky (Bekasi Raya)
19. Elvateeh Varesia Akhada (PPLP Jateng)
20. Wahyu Agung Drajat Mulyono (Persebaya)
21. Fiore Rafli Alifasyah Zainal (Persija)
22. Wahyu Pratama (Borneo FC)
23. Mohamad Faizal Shaifullah (Persela)

Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - )

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight