Liga Inggris

Daftar Pemain Terbaru Chelsea 2021: Formasi Tuchel Usai Gaet Lukaku

Oleh: Beni Jo - 17 Agustus 2021
Dibaca Normal 2 menit
Kehadiran Lukaku semakin memperketat persaingan lini depan Chelsea. Berikut ini ulasan formasi dan daftar skuad The Blues usai mendatangkan Lukaku.
tirto.id - Chelsea menggaet Romelu Lukaku pada bursa transfer pertama Liga Inggris 2021/2022. Kedatangan eks striker Inter Milan itu semakin menambah stok lini depan The Blues. Ketajaman skuad Thomas Tuchel diprediksi semakin terasah.

Pada Kamis (12/8/2021) waktu London, Chelsea mengumumkan secara resmi perekrutan Romelu Lukaku. Bomber asal Belgia itu menandatangani kontrak dengan durasi 5 tahun.

“Saya senang bisa kembali ke klub ini. Ini merupakan perjalanan yang panjang bagi saya. Saya datang ke sini sebagai anak yang baru belajar, sekarang saya kembali dengan banyak pengalaman dan lebih matang,” ucap Lukaku dikutip laman resmi klub.

Menurut Transfermarkt, harga striker yang pernah membela Manchester United itu ditaksir senilai 115 juta euro. Lukaku terikat kontrak hingga 30 Juni 2026 mendatang.

Kedatangan bomber 28 tahun ini semakin menambah stok penyerang yang dimiliki Chelsea dalam mengarungi kompetisi musim 2021/2022.

Di lini depan, The Blues masih memiliki Timo Werner sebagai salah satu penyerang haus gol. Musim sebelumnya, eks penggawa VfB Stuttgart dan RB Leipzig ini baru mencetak 6 gol dalam debut perdana di Liga Inggris 2020/2021. Hadirnya Lukaku pun dapat mengancam posisi Werner yang sudah dipercaya tampil dalam 35 partai di liga domestik.

Persaingan ketat diprediksi bakal tersaji di antaranya keduanya demi mendapatkan posisi sebagai bomber utama Chelsea. Sedangkan pemilik nomor punggung 9 yang juga sama-sama bermain sebagai penyerang tengah, yakni Tammy Abraham, santer dilaporkan bakal bergabung dengan AS Roma.

Satu lagi bomber yang disebut-sebut bakal segera meninggalkan Chelsea adalah Michy Batshuayi. Salah satu klub Turki, Besiktas, diyakini menjadi pelabuhan berikutnya bagi Batshuayi.

Dengan demikian, satu tempat sebagai striker tunggal Chelsea kini bakal menjadi rebutan antara Romelu Lukaku dengan Timo Werner dalam formasi 3-4-2-1 yang biasa dipasang oleh Thomas Tuchel selaku manajer.

Di belakang Lukaku atau Werner, dua winger yang dapat menjadi pilihan utama ialah Mason Mount dan Kai Havertz. Selain itu, mereka juga masih mempunyai Christian Pulisic, Callum Hudson-Odoi, hingga Hakim Ziyech.


Prestasi Romelu Lukaku

Performa ciamik yang ditampilkan Romelu Lukaku saat memperkuat Inter musim lalu membuat Chelsea kepincut untuk kembali menggaet mantan pemainnya tersebut.

Pemain kelahiran Antwerp, Belgia, itu sebelumnya memang pernah berseragam The Blues pada 2011 hingga 2014. Namun, ia gagal mendapatkan kepercayaan untuk bermain penuh dengan catatan hanya 10 pertandingan Liga Inggris tanpa bisa mencetak gol.

Pada musim 2011/2012, Lukaku mengisi daftar skuad Chelsea saat menjuarai Piala FA. Akan tetapi, namanya tidak termasuk dalam starting XI maupun penghuni bangku cadangan tim besutan Roberto Di Matteo kala itu.

Saat bersama klub yang bermarkas Stadion Stamford Bridge itu dirinya juga beberapa kali menjalani masa peminjaman dengan sejumlah tim Premier League. Lukaku pernah berseragam West Bromwich Albion yang dibela pada musim 2012/2013 dengan torehan 17 gol selama 35 kali penampilan di liga domestik.

Semusim kemudian, Everton juga sempat merasakan jasanya. Lukaku tampil dalam 31 laga dengan torehan 15 gol di Liga Inggris 2013/2014. Dianggap cukup memuaskan, status Lukaku pun dipermanenkan The Toffees. Lukaku ikut andil dalam 141 pertandingan dengan torehan 68 gol secara total selama memperkuat Everton di ajang Premier League.

Tidak ada trofi yang bisa dicapai Lukaku saat berseragam tim sekota Liverpool itu. Pada 2017, ia pindah ke Manchester United dengan biaya transfer sebesar 84 juta euro.

Bersama The Red Devils, pemilik nama lengkap Romelu Menama Lukaku Bolingoli itu nyaris saja mengangkat gelar juara. Pada musim 2017/2018, ia turut mengantarkan pasukan arahan Ole Gunnar Solskjær menjadi runner-up Premier League sekaligus FA Cup.

Sedangkan di Liga Italia, penggawa yang mengemas 98 caps bersama Timnas Belgia itu hanya butuh waktu dua musim saja untuk bisa mengantarkan Inter Milan meraih gelar Scudetto yang ke-19 kali.

Pada musim debut perdana di Serie A 2019/2020, Lukaku langsung melesakkan 23 gol dalam 36 penampilan. Di level Eropa, eks Anderlecht itu menjadi salah satu kunci saat Inter tampil sebagai runner-up Europa League 2019/2020.

Sedangkan untuk edisi 2020/2021 lalu, ia membobol gawang lawan sebanyak 24 kali dari 36 penampilan liga domestik sekaligus memastikan trofi juara Liga Italia bagi I Nerazzurri.


Daftar Pemain Chelsea 2021/2022

Kiper
Édouard Mendy
Kepa Arrizabalaga
Marcus Bettinelli

Bek
Antonio Rüdiger
Marcos Alonso
Andreas Christensen
Thiago Silva
Kurt Zouma
Trevoh Chalobah
Ben Chilwell
Reece James
César Azpilicueta
Emerson
Ethan Ampadu
Baba Rahman
Malang Sarr
Davide Zappacosta
Matt Miazga

Gelandang
Jorginho
N'Golo Kanté
Mateo Kovačić
Mason Mount
Ruben Loftus-Cheek
Tino Anjorin
Tiemoue Bakayoko
Lewis Baker
Ross Barkley
Danny Drinkwater

Penyerang
Romelu Lukaku
Tammy Abraham
Christian Pulisic
Timo Werner
Callum Hudson-Odoi
Hakim Ziyech
Kai Havertz
Charly Musonda
Michy Batshuayi
Kenedy


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight