Daftar Lokasi Wisata di Jogja yang Ramah Anak & Harga Tiket Masuk

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 17 Jun 2022 20:10 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Daftar rekomendasi lokasi wisata ramah anak di Jogja dan harga tiket masuknya di Jogja Bay, Bhumi Merapi hingga Kids Fun Jogja.
tirto.id - Libur sekolah hampir tiba. Beragam agenda mulai dipersiapkan untuk mengisi waktu libur, salah satunya adalah mengunjungi lokasi wisata yang tentu ramah anak.

Selain Bali, Bandung dan Malang, saat ini Jogja juga menjadi salah satu tujuan lokasi domestik yang ada di Indonesia. Beragam lokasi wisata ramah anak bisa Anda jumpai di kota pelajar ini.

Berikut daftar rekomendasi lokasi wisata ramah anak di Jogja yang mungkin bisa Anda kunjungi bersama anak dan keluarga untuk menghabiskan liburan sekolah anak tahun 2022.

1. Kids Fun Jogja

Kids Fun menjadi salah satu lokasi wisata ramah anak di Jogja yang bisa Anda datangi untuk mengisi waktu libur sekolah.

Kids Fun terletak di Jalan Wonosari KM 10, Asem Ngecis, Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792 dengan jam operasional biasa mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap hari. Lalu khusus untuk Gokart bisa Anda kunjungi hingga malam hari pukul 22.00 WIB.

Kids Fun Jogja memiliki kurang lebih 30 wahana permainan yang terbagi menjadi wahana untuk anak, wahana untuk keluarga dan wahana yang dapat menguji adrenalin Anda. Beberapa wahana tersebut di antaranya gokart, wahana tunggang, flying fox, hingga waterboom

Harga tiket yang dibandrol untuk menikmati wahana bermain di Kids Fun Jogja cukup beragam, bahkan saat ini juga tersedia beragam promo seperti, Promo Tiket Presale Kids Fun Park seharga Rp79 ribu dengan fasilitas free bermain sepuasnya di 23 lokasi bermain, Promo Tiket Presale Aqua Splash seharga Rp20 ribu hingga Promo Gokart Diskon 50%.

Guna mendapat informasi lebih detail dan membeli tiket bermain di Kids Fun, Anda bisa mengakses link berikut ini.

2. Bhumi Merapi

Argowisata Bhumi Merapi terletak di Jalan Kaliurang Km.20, Sawungan, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582 dan buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Harga tiket masuk yang dibandrol untuk menikmati liburan di Argowisata Bhumi Merapi cukup murah yaitu Rp30 ribu, tetapi jika ingin memberi makan hewan yang ada di Argowisata Bhumi Merapi Anda perlu merogoh koceh sekitar Rp5 ribu.

Selain bisa memberi makan dan berinteraksi dengan binatang, di Argowisata Bhumi Merapi juga terdapat banyak spot atau lokasi foto menarik yang bisa menjadi latar belakang foto Anda dengan buah hati.

Info lebih lanjut soal Argowisata Bhumi Merapi bisa Anda dapatkan dengan mengakses Instagram resminya di https://www.instagram.com/agrowisatabhumimerapi/.

3. Jogja Bay

Jogja Bay Waterpark atau Jogja Bay merupakan taman wisata air atau salah satu wahana bermain air di Jogja yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan waktu liburan anak sekolah 2022.

Salah satu keunikan dari Jogja Bay Waterpark adalah taman yang penuh dengan tanaman hijau dan thematic park. Selain itu Jogja Bay Waterpark juga telah mengantongi sertifikat clean, health, safety & enviroment (CHSE) dari Kemenparekraf dan Sucofindo.

Jogja Bay terletak di utara stadion Maguwoharjo Depok Sleman. Jika Anda berencana untuk bermain air di Jogja Bay Waterpark, harga yang dibandrol untuk bisa masuk ke Jogja Bay Waterpark adalah Rp100 ribu.

Namun, saat ini sedang ada promo tiket masuk bertajuk Promo 77 seharga Rp77 ribu dengan kode promo 5SILA hingga 30 Juni 2022.

Guna memesan tiket Jogja Bay dan mendapat informasi lebih lanjut, Anda bisa mengakses laman berikut ini.

4. Taman Pintar Jogja

Taman Pintar Yogyakarta adalah salah satu wahana wisata ramah anak yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, yaitu di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, atau di timur kawasan Benteng Vredeburg.

Taman Pintar Jogja merupakan lokasi wisata yang memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu tempat. Beberapa wahana yang ada di Taman Pintar Jogja di antaranya, Science Theater, Wahana Bahari, Zona Pengolahan Sampah, Gedung Oval, Planetarium, Gedung Kotak hingga Gedung Paud.

Harga tiket yang dipungut untuk bisa menikmati berbagai wahana di Taman Pintar Jogja ini adalah Rp12 ribu untuk anak-anak dan Rp20 ribu untuk orang dewasa. Informasi lebih lanjut terkait wisata Taman Pintar Jogja bisa Anda akses di link berikut ini.

5. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo terletak di Jalan Veteran No.47, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165 dan buka mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.00 WIB.

Harga tiket yang dibandrol untuk bisa masuk ke Kebun Binatang Gembira Loka adalah Rp75 ribu sudah termasuk free naik kereta keliling dan kapal Katamaran. Sedangkan harga tiket untuk anak dengan tinggi hingga 80 cm free atau gratis.

Di Kebun Binatang Gembira Loka selain bisa melihat hewan-hewan yang ada, Anda juga bisa berinteraksi dengan memberi makan beberapa hewan hingga bisa menangkap ikan di kolam tangkap.

Guna mendapat informasi lebih lanjut soal Kebun Binatang Gembira Loka, Anda bisa mengakses link resminya di laman https://gembiralokazoo.com/.

6. The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan salah satu objek wisata yang berada di sekitar lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583.

Harga tiket masuk yang mesti Anda bayar untuk berwisata di The Lost World Castle adalah Rp30 ribu dan waktu kunjung ke lokasi ini mulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Lokasi yang luas di The Lost World Castle bisa dimanfaatkan oleh anak-anak Anda untuk berlarian. Selain itu di The Lost World Castle juga mengusung tema dan konsep negeri dongeng yang menjadi nyata.

Sehingga ada banyak ornamen seperti negeri dongeng yang bisa dimanfaatkan latar belakang foto bersama anak dan keluarga Anda. Guna mendapat informasi lebih lanjut, Anda bisa mengakses Instagram resmi The Lost World Castle di https://www.instagram.com/thelostworldcastle/.

7. Chocolate Monggo Museum Factory Kedai & Gelato

Coklat tentu menjadi salah satu cemilan yang digemari oleh sebagian besar anak-anak. Sehingga mengisi waktu liburan dengan mengunjungi musium coklat tentu bisa menambah kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak.

Chocolate Monggo Museum Factory Kedai & Gelato terletak di Jalan Tugu Gentong RT 03, Sribitan, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184 dengan jam operasional pada 10.00 WIB hingga 18.00 WIB untuk Senin sampai Kamis dan 10.00 WIB hingga 18.00 WIB untuk Jumat sampai Minggu.

Di Chocolate Monggo Museum Factory Kedai & Gelato, anak Anda akan belajar dan mencari tahu tentang tahapan hingga proses produksi cokelat, yang dimulai dari biji kakao hingga menjadi cokelat batangan.

Selain itu juga terdapat dua aktivitas yang dapat diikuti dalam tur museum Coklat Monggo ini, yaitu, membuat kepingan cokelat sendiri (Chocolate Making Experience) dan mencicipi perbedaan persentase dari berbagai minuman cokelat (Chocolate Tasting Experience.

Guna mendapat informasi lebih lanjut termasuk melakukan reservasi untuk kunjungan ke museum Coklat Monggo, Anda bisa mengakses link berikut ini.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight