Daftar Hari Besar Islam 2021: Nisfu Syaban Jatuh pada 28 Maret

Oleh: Yulaika Ramadhani - 26 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tahun ini malam Nisfu Syaban jatuh pada hari Minggu tanggal 28 Maret 2021, 14 Syakban 1442.
tirto.id - Terdapat beberapa hari penting umat Islam pada bulan ini, Maret 2021, salah satunya adalah Nisfu Syaban.

Berdasarkan penanggalan hijriah, Maret 2021 bertepatan dengan bulan Rajab dan Syakban 1954.

Syakban atau Sya’ban adalah salah satu bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam agama Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab.

Keistimewaan bulan Syakban dimulai semenjak dari awal bulan hingga akhir bulan. Akan tetapi keistimewaan yang lebih terdapat pada malam Nisfu Sya’ban. Yaitu malam ke lima belas pertengahan bulan sya’ban.

Tahun ini malam Nisfu Syaban jatuh pada hari Minggu tanggal 28 Maret 2021, 14 Syakban 1442.


Sebagaimana dikutip Nu Online, pada malam inilah sebagaimana dijelaskan dalam hadits shahih dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu, “Allah mendatangi semua makhlukNya dan memberikan ampunan kepada mereka atas segala dosa kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang saling bermusuhan” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban).

3 Amalan pada Malam Nisfu Syaban

Sebagaimana ditulis di laman NU Online, setidaknya terdapat tiga amalan yang dapat dilakukan pada malam nisfu Sya’ban. Tiga amalan ini disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

1. Memperbanyak doa.

Anjuran ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

2. Membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya. Dua kalimat syahadat termasuk kalimat mulia. Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun terlebih lagi pada malam nisfu Sya’ban.

Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan,

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”

3. Memperbanyak istighfar.

Meminta ampunan (istighfar) sangat dianjurkan terlebih lagi di malam nisfu Sya’ban. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan,


“Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.


Selain Nisfu Syaban, terdapat sejumlah hari penting sepanjang tahun 2021. Tahun baru Islam diperingati pada setiap tanggal 1 Muharam yang tahun ini jatuh pada 9 Agustus 2021. Sementara itu, awal puasa 1 Ramadhan 2021 jatuh pada 12 April. Berikut selengkapnya:

Daftar Hari Besar Islam Selama Tahun 2021

1. 11 Maret 2021: Isra' Mikraj
2. 28 Maret 2021: Nisfu Syaban
3. 12 April 2021: 1 Ramadan
4. 13 Mei 2021: Idul Fitri
5. 19 Juli 2021: Hari Arafah
6. 20 Juli 2021: Idul Adha
7. 9 Agustus 2021: Tahun Baru Islam
8. 18 Agustus 2021: Hari Ashura/10 Muharram
9. 19 Oktober 2021: Maulid Nabi Muhammad.


Baca juga artikel terkait KALENDER ISLAM atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight