Daftar Fitur Baru di iOS 15: dari Face Time hingga Wallet

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 8 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Fitur-fitur baru dari iOS 15 yang meluncur musim gugur, apa saja?
tirto.id - Apple resmi mengumumakn pembaruan sistem iOS 15 dengan membawa banyak fitur baru. Sistem operasi ini adalah penerus dari iOS 14 dan akan dirilis secara penuh dalam waktu dekat.

Dalam gelaran WWDC yang dihelat online, Apple memberikan preview OS baru ini. Selain mendatangkan fitur baru, berbagai perbaikan dan peningkatan kemampuan juga dilakukan.

Dalam blog resminya Apple mengatakan telah membuat panggilan FaceTime terasa lebih natural, kemudian Apple juga mengenalkan SharePlay untuk berbagi pengalaman, membantu pengguna lebih fokus terkait pengaturan notifikasi yang masuk, dan membuat foto dan pencarian lebih pintar untuk kemudahan mengakses informasi.

Fitur lain yang mendapat perbaikan adalah Maps, weather, wallet, hingga Safari. "Untuk banyak konsumen, iPhone tidak tergantikan dan tahun ini kami menciptakan lebih banyak cara untuk bisa memperkaya kehidupan sehari-hari kita," ujar Craig Federighi, senior vice president of Software Engineering di Apple.

Berikut sejumlah fitur dan peningkatan baru di iOS 15:

- Panggilan FaceTime yang lebih natural dan berbagi pengalaman dengan SharePlay

Dengan spatial audio, suara di FaceTime dikatakan Apple akan terdengar seolah olah datang dari posisi orang di layar dan model microphone baru memisahkan suara pengguna dengan suara latar. Apple juga menambahkan mode portrait di FaceTime untuk video call.

Pengguna kini juga bisa berbagi pengalaman dengan SharePlay saat terhubung dengan teman di FaceTime. Pengalaman yang dimaksud termasuk mendengarkan lagu bersama dengan Apple Music, menonton film dengan mode sinkronisasi, atau berbagai layar untuk melihat aplikasi bersama-sama. SharePlay bekerja di iPhone, iPad, dan Mac.

- Tools untuk menemukan fokus

Untuk membantu pengguna fokus dan mengurangi distraksi, Apple membawa fitur bernama focus yang bisa menyaring notofikasi dan aplikasi berdasarkan apa yang pengguna ingin fokuskan.

- Desain baru notifikasi

Apple telah membuat desain baru notifikasi, menambahkan foto kontak untuk orang dan ikon yang lebih besar untuk aplikasi sehingga pengguna lebih mudah untuk mengidentifikasi. Untuk mengurangi distraksi, ringkasan noifikasi baru akan mengumupulkan notifikasi yang tidak terlalu penting untuk dikirmkan ke waktu yang lebih longgar.

- Pengalaman baru memakai Safari

Safari juga mendapatkan desain baru yang membuat kontrol lebih mudah dengan memakai satu tangan. Tab bar baru juga lebih kompak dan ringan serta memudahkan pengguna untuk melakukan swipe dari tab ke tab.

Adanya Tab Group juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan tab dan mengaksesnya secara gampang kapan saja di perangkat iPhone, iPad, atau Mac.

- Fitur privasi

Pengaturan privasi yang lebih baik juga dihadirkan di iOS 15. Dengan pengenalan on-device speech, permintaan audio melalui Siri kini diproses sepenuhnya di iPhone secara default. Performanya juga kian ditingkatkan.

Kemudian ada Mail Privacy Protection yang menghentikan pengirim email menelisik apakah emailnya sudah sudah buka dan menyembunyikan alamat IP dari pengirim.


Baca juga artikel terkait IOS 15 atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight