Daftar Film yang Diperankan Natalie Portman, Profil dan Rekam Jejak

Oleh: Siti Ninda Lestari - 17 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Natalie Portman adalah pemeran Ratu Amidala dari Kerajaan Naboo dalam sekuel Star Wars.
tirto.id - Nama Natalie Hershlag Portman atau yang lebih dikenal Natalie Portman muncul di Google trend pada 16 September 2020. Ia adalah pemeran Ratu Amidala dari Kerajaan Naboo dalam sekuel Star Wars.

Natalie lahir di Yerusalem pada 9 Juni 1981. Dia merupakan anak tunggal dari Avner Herslag, seorang dokter kelahiran Israel dan Shelley Stevens, artis kelahiran Amerika Serikat. Kedua orang tuanya merupakan keturunan Yahudi Ashkenazi.

Natalie mengambil nama belakang Portman dari nenek pihak ibunya untuk melindungi diri dari perhatian yang tidak diinginkan akibat perannya. Keluarga Natalie meninggalkan Israel ketika dia berusia tiga tahun. Dia dan keluarganya menetap di Washington DC sebelum pindah ke Long Island, New York.

Aktris yang tidak hanya cantik, namun memiliki IQ 140 ini mengawali karier di dunia hiburan sebagai model ketika berusia 11 tahun. Namun, dia beralih ke dunia seni peran dan bermain dalam film The Professional (1994). Kelak, film itulah yang melambungkan namanya.


Léon a.k.a The Professional (1994)


Natalie berperan sebagai Mathilda Lando dalam film yang disutradarai Luc Besson. Dia memerankan gadis 12 tahun, anak korban pembunuhan, yang kemudian dilatih untuk menjadi pembunuh.


Heat (1995)


Setelah film tersebut, Natalie dipercaya berperan sebagai Lauren Gustafson dalam film Heat (1995) bersama Al Pacino dan Robert De Niro. Dia berperan sebagai anak tiri polisi Los Angeles (diperankan oleh Al Pacino) yang depresi.


V for Vendetta (2005)


Natalie memerankan Evey Hammond dalam film ini. Evey adalah seorang karyawan jaringan televisi biasa. Namun, dia terlibat dengan pejuang kemerdekaan hingga dia menjadi musuh negara nomor satu.

Natalie mendapatkan penghargaan sebagai aktris terbaik di ajang Saturn Awards 2007, Golden Schmoes Awards 2006, dan SFX Awards 2007. Selain itu, dia juga mendapatkan nominasi Scream Awards 2006, Teen Choice Awards 2007, dan The Stinkers Bad Movie Awards 2006,


My Blueberry Nights (2006)


Film lain yang pernah dibintangi oleh Natalie ialah My Blueberry Nights. Di bawah arahan sutradara kawakan Wong Kar Wai, dia berperan sebagai Leslie. Leslie adalah pemain poker yang kehabisan uangnya dan bertemu dengan Elizabeth, tokoh utama film ini.

Natalie dipercaya untuk membintangi film pertama Wong Kar Wai dalam bahasa Inggris. Film ini meraih nominasi Palme d’Or pada Festival Cannes tahun 2007.

The Other Boleyn Girl (2006)

Tidak hanya pernah bermain dalam film drama dan aksi laga, Natalie juga pernah bermain dalam film kolosal The Other Boleyn Girl.

Dia berperan sebagai Anne Boleyn, saudara dari Mary Boleyn. Dia “bertugas” untuk merebut hati Raja Henry Tudor atau Raja Henry VIII, namun dia gagal. Bahkan, dia terlibat dalam cinta segitiga antara saudaranya Mary Boleyn dan Raja Henry.

Black Swan (2009)

Black Swan dapat dikatakan merupakan film paling sukses yang pernah dibintangi Natalie Portman. Dia berperan sebagai Nina Sayers, balerina yang mengejar kesempurnaan hingga tanpa sadar melukai dirinya sendiri.

Berkat performanya di film tersebut, dia diganjar dengan penghargaan sebagai aktris terbaik Academy Awards dan Golden Globes 2011, BAFTA Film Awards 2011, Screen Actors Guild Awards 2011, dan Saturn Award 2011.

Tidak hanya di dalam negeri, Natalie juga mendapatkan penghargaan di luar negeri. Dia meraih penghargaan Central Ohio Film Critics Association 2011 sebagai aktris terbaik, SESC Film Festival 2012 sebagai aktris asing terbaik, nominasi Toronto Film Critics Association Awards 2010 sebagai aktris terbaik, dan Utah Film Critics Association Awards 2010 sebagai aktris terbaik.

Namun, dari semua peran dan prestasinya, mungkin film Star Wars yang paling diingat publik. Natalie bermain dalam Film Star Wars I: The Phantom Menace, Star Wars: Episode II-Attack of The Clones (2002), dan Star Wars: Episode III-Revenge of The Sith (2005). Dia berperan sebagai Ratu Amidala atau Padmé Amidala.


Baca juga artikel terkait NATALIE PORTMAN atau tulisan menarik lainnya Siti Ninda Lestari
(tirto.id - Film)

Kontributor: Siti Ninda Lestari
Penulis: Siti Ninda Lestari
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight