Kaleidoskop 2021

Daftar Film Marvel yang Dirilis Tahun 2021, Termasuk Spiderman

Kontributor: Nurul Azizah - 1 Jan 2022 18:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis film Marvel yang dirilis tahun 2021: Black Widow, Sang Chi, Eternals, dan Spiderman No Way Home.
tirto.id - Deretan film Marvel terbaru akan selalu ditunggu-tunggu oleh penggemar setianya. Apalagi, beberapa film Marvel memiliki sekuel dan urutan kronologis cerita yang menarik.

Selama tahun 2021, Marvel Cinematic Universe telah merilis empat film superhero. Perilisan 4 film tersebut dapat mengobati kerinduan para penggemar mengingat pandemi yang terjadi sejak 2020 membuat jadwal penayangan sejumlah sinema Marvel harus mundur.

Keempat film Marvel yang dirilis pada tahun 2021 adalah Black Widow, Sang Chi, Eternals, dan yang paling baru, yakni Spiderman: No Way Home. Berikut sinopsis singkat keempat film Marvel tersebut.

1. Black Widow (9 Juli 2021)

Black Widow merupakan salah satu film Marvel dengan durasi 2 jam 14 menit. Pemeran dalam film Black Widow adalah Scarlett Johansson sebagai Natasha Romanoff atau Black Widow, Florence Pugh sebagai Yelena Belova, dan David Harbour sebagai Alexei Shostakov/ Red Guardian.

Sebenarnya Black Widow dijadwalkan untuk tayang pada 2020, tetapi penayangannya tertunda. Akhirnya film ini berhasil rilis perdana pada 9 Juli 2021. Tentu penayangan pada Juli lalu ini menjadi angin segar untuk penggemar film Marvel yang telah lama menantikan aksi Black Widow dalam film tersendiri.

Film Black Widow mengisahkan seorang mata-mata yang bernama Natasha Romanoff alias Black Widow. Natasha dihadapkan dengan kekuatan yang hendak menjatuhkannya.


Karakter Black Widow dalam film ini berurusan dengan sejarah masa lalunya sebagai mata-mata dan hubungan lama yang telah ia tinggalkan jauh sebelum menjadi bagian dari Avengers.

2. Sang Chi and The Legend of The Ten Rings (22 September 2021)

Film Sang Chi and The Legend of The Ten Rings resmi dirilis di Indonesia sejak 22 September 2021. Dibintangi oleh Simu Liu, Awkwafina, Tony Leung, dan Michelle Yeoh, film Sang Chi berhasil mendatangkan pendapatan Rp1,2 triliun hanya dari empat hari penayangan.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings merupakan film Marvel pertama yang mengangkat superhero dengan latar belakang Asia. Film ini diangkat dari karakter komik Marvel, Shang-Chi.

Sang Chi menceritakan seorang master kung fu yang berbasis persenjataan. Ia dipaksa menghadapi masa lalunya setelah ditarik dalam organisasi Sepuluh Cincin.


Kisah Shang-Chi bermula dari legenda sepuluh gelang ajaib yang dimiliki oleh Xu Wenwu sejak ribuan tahun lalu. Gelang tersebut memiliki kekuatan magis luar biasa dan memberikan kekuasaan tak terhingga bagi pemegangnya.

Berkat itu pula, Xu Wenwu mendirikan organisasi Ten Rings dan menaklukkan banyak kerajaan, menyusup dalam pemerintahan banyak negara, dan menjalankan roda bisnis di berbagai wilayah di dunia selama bertahun-tahun.

3. Eternals (10 November 2021)

Film Eternals dirilis perdana pada 10 November 2021. Eternals mengisahkan The Saga of The Eternals, suatu ras makhluk abadi yang hidup di bumi dan membentuk sejarah dan peradabannya. Eternals dibintangi oleh Richard Madden, Angelina Jolie, Gemma Chan, Brian Tyree Henry, Don Lee, dan jajaran aktor artis lain.

Kisah dalam Eternals bermula dari peristiwa Avengers: Endgame (2019), yang menceritakan sebuah tragedi tak terduga sehingga memaksa Eternals keluar dari bayang-bayang untuk bersatu kembali melawan musuh paling kuno umat manusia, Deviants.


Mulanya Eternals dikerahkan ke bumi sejak ribuan tahun lalu oleh penciptanya, Celestial Arishem. Tujuan dari pengutusan ini adalah untuk melindungi umat manusia dari ancaman ras Deviants.

Ras Deviants juga merupakan musuh bebuyutan Eternals. Usai mengalahkan ras Deviants, setiap anggota Eternals pun hidup dengan tenang di bumi hingga akhirnya musuh mereka kembali lagi.

4. Spiderman No Way Home (17 Desember 2021)

Sekuel Spiderman rupanya telah sangat dinantikan sejak sekuel terakhirnya diluncurkan pada 2019. Kehadirannya di penghujung tahun 2021 mendapat sambutan antusias dari salah satu film Marvel terpopuler ini.

Spiderman No Way Home dirilis pada 17 Desember 2021. Dengan durasi tayang 2 jam 28 menit, film ini berkisah tentang momentum setelah Peter Parker sebagai Spiderman terungkap ke seluruh dunia.

Tak hanya identitasnya sebagai super hero yang terungkap, Peter juga mesti ketiban getah fitnah yang menuding dirinya membunuh Mysterio yang tidak bersalah.

Tuduhan yang berkebalikan dari kenyataan bahwa Mysterio adalah super hero gadungan yang nyaris menghabisi banyak nyawa manusia itu benar-benar merepotkan Peter. Banyak orang membenci dirinya.

Peter lantas mendatangi Doctor Strange untuk membuat dunia lupa bahwa dia adalah Spider-Man. Namun, terjadi kesalahan ketika Doctor Strange ingin membantu Peter.

Kesalahan itu mengakibatkan multiverse hancur dan membuka jalan ke bumi bagi penjahat mengerikan yang bisa menghancurkan dunia.


Film Spiderman: No Way Home tidak hanya menyuguhkan perjuangan Peter Parker untuk menjaga bumi, tetapi juga perjalanan pencarian makna kehidupannya sebagai Spideman.

Spiderman No Way Home saat ini, atau hingga Januari 2022, masih dapat ditonton melalui bioskop. Info jadwal tayang Spiderman No Way Home bisa diakses di laman CGV dan Cinema XXI.

Baca juga artikel terkait FILM MARVEL atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Film)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Addi M Idhom

DarkLight