Daftar Film Interaktif di Netflix dan Perangkat yang Mendukungnya

Oleh: Rachma Dania - 9 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film interaktif di Netflix mulai dari Puss in Boot: Trapped in an Epic Tale, Buddy Thunderstruck: The Maybe Pile, hingga Black Mirror: Bandersnatch.
tirto.id - Fim interaktif adalah film yang mana penoton dapat menentukan karakter, membentuk cerita, menentukan alur dan petualangannya sendiri sehingga ia dapat melihat petualangan yang berbeda walaupun menonton film yang sama.

Perbedaan utama antara pengguna Netflix normal dan versi interaktif adalah penghapusan progress bar yang biasa digunakan untuk mempercepat atau memperlambat video.

Video interaktif di Netflix hampir sama dengan video youtube interaktif yang lebih dahulu ada, yakni dengan memberikan pilihan bagi penonton untuk menentukan akhir cerita dengan dua cara.

Cara pertama adalah dengan menawarkan link pada akhir dari video dan membiarkan penonton memilih. Setiap pilihan pengguna akan membawa penonton kepada satu cerita yang utuh, cara ini tidak digunakan oleh Netflix

Kedua yakni dengan menawarkan pilihan kepada pengguna yang merujuk kepada stempel waktu tertentu, cara ini yang digunakan oleh Netflix. Cara yang kedua hampir sama dengan PS4 dimana pihak Netflix dapat men-debug penggunanya. Ketika keputusan penting muncul, maka pada kanan atas akan terlihat bilah waktu dan adegan di film tersebut dapat melompat ke titik waktu yang lain.

Berikut beberapa film interaktif yang ada di Netflix:

    • Puss in Boot: Trapped in an Epic Tale, film anak yang dirilis pada 20 Juni 2017
    • Buddy Thunderstruck: The Maybe Pile, film anak yang dirilis pada 14 Juli 2017
    • Stretch Armstrong: The Breakout, film anak yang dirilis pada 13 Maret 2017
    • Minecraft: Story Mode, film anak yang dirilis pada 27 November 2017
    • Black Mirror: Bandersnatch, film horror atau thriller yang dirilis pada 28 Desember 2017
    • You Vs. Wild , film anak/ petualangan yang dirilis pada 10 April 2019
Akan tetapi, tidak semua orang dapat merasakan tontonan interaktif karena tidak semua perangkat mendukungnya. Dilansir dari help.netflix.com Beberapa perangkat yang mendukung konten interaktif diantaranya smart TVs, pemutar media streaming, konsol game, dan perangkat Android dan iOS yang menjalankan aplikasi Netflix versi terbaru.

Terkadang perangkat memerlukan pembaharuan untuk mendapatkan aplikasi Netflix terbaru. Untuk televisi, apabila pengguna tidak yakin bagaimana cara memperbaharuinya maka pelanggan bisa menghubungi pabrik atau penyedia jasa terkait.

Untuk pemutaran pada perangkat iOS maka diperlukan minimal Netflix versi 12 sedangkan untuk perangkat android terdapat versi yang berbeda setiap filnya. Buddy Thunderstruck: The Maybe Pile (aplikasi Netflix versi 7.34 atau lebih baru), Stretch Armstrong: The Breakout (versi 6.11 atau lebih baru), Black Mirror: Bandersnatch (versi 6.19 atau lebih baru).

Selanjutnya You vs. Wild ( versi 7.4 atau lebih baru), Minecraft: Story Mode (versi 7.36 atau lebih baru), Puss in Book (versi 7.41 atau yang lebih baru), Captain Underpants (versi 7.40 atau lebih baru), dan Carmen Sandiego (versi 7.40 atau lebih baru).

Untuk saat ini film interaktif tidak didukung oleh Apple TV, Chromecast, komputer Windows dan tablet yang menjalankan aplikasi Netflix, tampilan layar sentuh Tesla, dan browser yang menggunakan Silverlight.


Baca juga artikel terkait FILM NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Film)

Kontributor: Rachma Dania
Penulis: Rachma Dania
Editor: Yantina Debora
DarkLight