Daftar Film Indonesia Maret: Mekah I'm Coming, KKN Desa Penari

Kontributor: Sirojul Khafid, tirto.id - 26 Feb 2020 10:51 WIB
Dibaca Normal 5 menit
Daftar dan sinopsis film Indonesia yang rilis di bioskop mulai bulan Maret 2020
tirto.id - Memasuki bulan Maret 2020, ada beberapa film Indonesia yang akan rilis di bioskop-bioskop tanah air. Ada film cinta komedi seperti Mekah, I’m Coming. Ada pula film adaptasi seperti Mariposa dan Tersanjung.

Jangan lewatkan beberapa film horor seperti Aku Tahu Kapan Kamu Mati, KKN Desa Penari, Roh Mati Paksa: Cinta Berujung Maut dan Djoerig Salawe. Film lain yang juga akan rilis yaitu Jodohku yang Mana?, Tenripada, dan Buku Harianku.

Dilansir dari Film Indonesia, berikut daftar dan sinopsisnya:

Mekah, I’m Coming

Mekah, I’m Coming bercerita tentang Eddy (Rizky Nazar), pemilik usaha bengkel desa, yang menjalin hubungan dengan Eni (Michelle Ziudith), penyanyi kosidah. Namun hubungan mereka tidak berjalan lancar, Eni akan dijodohkan dengan saudagar kaya dari kota, Pietoyo (Dwi Sasono). Orang tua Eni susah untuk menolak perjodohan itu lantaran sertifikat rumahnya bisa berganti nama.

Namun Eddy dan Eni tetap gigih mempertahankan cinta mereka. Ayah Eni memberi kesempatan saat Eddy menyatakan bahwa dia akan berhaji dan mendoakan Eni di Mekah. Agar terhindar dari antrean haji yang lama, Eddy menjual bengkelnya, dan mengikuti haji khusus. Sayangnya dia justru ditipu. Kini Eddy harus mencari cara agar dia tetap bisa menikah dengan Eni.

Selain pemain di atas, aktor dan aktris lain yang bergabung di antaranya Jennifer Coppen, Ephy Sekuriti, Ria Irawan, Totos Rasiti, Rasyid Karim, Yusril Fahriza, dan Fanny Fadillah. Mekah, I’m Coming merupakan karya sutradara dan penulis naskah Jeihan Angga. Film yang berada dalam naungan studio produksi MD Pictures dan Dapur Film ini juga diproduseri oleh Hanung Bramantyo. Film ini akan rilis pada 5 Maret 2020.

Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Aku Tahu Kapan Kamu Mati merupakan film horor tentang remaja yang memiliki kemampuan melihat kematian sesorang. Kemampuan itu tentu membuat gusar para warga tempatnya bersekolah. Banyak murid lain yang ketakutan. Kejadian-kejadian menggemparkan kemudian terjadi di sekolah. Salah satunya saat ada anak yang terjun dari atap gedung. Kepalanya yang bocor parah membuatnya seketika itu mati. Si perempuan yang bisa melihat hantu ini sebenarnya tidak nyaman. “Gue pengen bisa kaya dulu lagi,” katanya. “Gue enggak mau bisa ngeliat makhluk ghaib.”

Semakin berjalan, para makhluk ghaib itu semakin sering muncul dan semakin mengganggu si perempuan. Tidak jelas latar belakang yang menjadi sumber dari seluruh kejadian aneh ini. Para pemain yang bergabung dalam film ini di antaranya Natasha Wilona, Ria Ricis dan Al Ghazali. Film adaptasi cerita Wattpad ini berada dalam arahan sutradara Hadrah Daeng Ratu. Film ini akan rilis pada 5 Maret 2020.



Tenripada

Awalnya, Syamsir dan Melati sudah siap melaksanakan acara pertunangan. Harapan akan kebahagiaan di hari bersajarah justru berganti menjadi hari pengkhianatan. Melati pergi dengan laki-laki lain bernama Silariang. Belum selesai masalah perselingkuhan, Kayla, anak yatim piatu, yang bermaksud menolong justru memperkeruh suasana.

Masalah-masalah itu membuat Syamsir dan Melati bertengkar dan berduel. Namun, apakah kebencian yang muncul bisa melenyapkan cinta yang telah terpupuk sejak lama.

Para pemain yang bergabung di antaranya Jeihan Dun, Reza Pahlevi, Saffanah Kayla, Sony Dg Romo, M Harun, Adit Sulolipu, Drg Iqbal, Amir Desar, Andini Widyastuti, Elsa Nurfadillah Ekha Dun, Fritz Fredich, Asdar Alif, dan Mochdy. Tenripada berada dalam araha sutradara dan penulis naskah Rere Art2tonic. Film ini akan rilis pada 12 Maret 2020.

Buku Harianku

Kila memiliki kebiasaan menulis di buku harian. Dia akan mencurahkan semua isi hatinya di situ. Suatu hari, mereka sekeluarga berencana untuk liburan. Sayangnya, rencana berubah dan Kila dititipkan ke rumah kakeknya di Sukabumi.

Di rumah kakeknya, dia bertemu lagi dengan teman lamanya bernama Rintik yang merupakan seorang penyandang disabilitas. Pertemuan itu ternyata membawa mereka menuju petualangan yang tidak pernah mereka duga sebelumnya.

Para pemain yang bergabung di antaranya Kila Putri Alam, Widuri Puteri, Slamet Rahardjo, Widi Mulia, Dwi Sasono, Ence Bagus, Gary Iskak, Wina Marrino, Bacun Hakim, Astanur Cahya, Tizza Radia, Fairel K.r., Daffa R.p., Kayyisah Z. R., dan Samanta. Buku Harianku berada dalam arahan sutradara Angling Sagaran dan penulis naskah Alim Sudio. Film ini akan rilis pada 12 Maret 2020.

Mariposa

Dalam film Mariposa, Zara JKT48 dan Angga Yunanda akan menjadi pemain utamanya. Zara akan memerankan karakter Acha, sementara Angga akan memerankan tokoh Iqbal. Acha merupakan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang pintar dan cerdas. Saat melihat Iqbal untuk pertama kali, dia merasa tertarik dan jatuh cinta. Sejak saat itu, Acha mengejar cinta Iqbal.

Namun Iqbal merupakan orang yang dingin dan selalu menolak perhatian dari Acha. Tidak hanya penolakan, beberapa kali Iqbal cenderung melakukan penghinaan. Dia hanya ingin fokus belajar dan persiapan olimpiade. Dengan keadaan seperti itu, apakah Acha akan bertahan atau justru Iqbal yang akan berubah?

Mariposa merupakan adaptasi novel dengan judul yang sama karya Luluk HF. Sebelumnya, novel tersebut telah rilis di WattPad. Sejak rilis, Mariposa mendapat tanggapan yang baik dengan dibaca oleh 97 juta orang. Mariposa merupakan film karya sutradara Fajar Bustomi. Film ini akan rilis pada 12 Maret 2020.

Tersanjung the Movie

Tersanjung merupakan film karya sutradara Hanung Bramantyo adaptasi sinetron. Ini merupakan kisah cinta segitiga antara Tian, Yura dan Bobby. Awalnya Tian dan Yura memiliki hubungan yang dekat. Sayangnya, Tian harus pergi ke seuatu tempat dan meninggalkan Yura sendiri.

Di saat itu, Bobby masuk ke kehidupan Yura. Awalnya Bobby baik, namun suatu malam dia memperkosa Yura. Sejak saat itu kehidupan Yura menjadi berantakan.

Para pemain yang bergabung dalam film ini di antaranya Pandhu Adjisurya, Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, Kevin Ardilova, Kinaryosih, Nugie, Ari Wibowo, Feby Febiola, Djenar Maesa Ayu, Marthino Lio, Allya Syakila, Ernanto Kusuma, Sacha Stevenson, Enditha, Jenny Zhang, dan Bebe Gracia. Film ini akan rilis pada 19 Maret 2020.

Jodohku yang Mana? (Molulo 2)

Selang beberapa waktu setelah pernikahan Tiar dan Ros, akhirnya Ros positif hamil. Saat itu mereka tinggal di Kendari. Namun keadaan ekonomi yang kurang bagus dan guna membantu keluarga yang sedang terlilit hutang, Tiar memutuskan pergi ke Jakarta. Dia ditemani sahabatnya, Sakka dan Dodi. Mereka mencari saudara mereka yang katanya sudah kaya raya.


Entah seperti apa prosesnya, mereka justru kesasar ke Bandung. Mereka bertemu dengan Ayana, yang ternyata juga ingin pergi ke Jakarta. Pertemuan itu rupanya menjadi ujian bagi kesetiaan cinta Tiar. Kondisi itu terjadi seiring Tiar yang terlibat dengan permasalahan Ayana yang sangat menguras energi. Namun Tiar juga masih perlu menghadapai permasalahan di Kendari yang tidak pernah dia bayangkan akan terjadi.

Para aktor dan aktris yang bermain dalam film ini di antaranya Andi Arsyil, Arlita Reggiana, Alexa Key, Robby Sugara, Musdalifah Basri, Dodi Mahuze, Zakaribo, Alli Murdani, Anjas Chambank, Ichal Kate, Ucha Limau, dan Derry 4 Sekawan. Jodohku yang Mana? berada dalam arahan sutradara Irham Acho Bahtiar serta penulis naskah Ferdy. K dan Andi Arsyil Rahman. Film ini akan rilis pada 19 Maret 2020.

KKN Desa Penari

KKN Desa Penari merupakan film horor tentang mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa. Adapun para tokohnya yaitu Nur (Tissa Biani), Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Anton (Calvin Jeremy), dan Bima (Achmad Megantara).

Film ini merupakan adaptasi cerita yang dibuat oleh Simpleman, yang sempat viral pada 2019. Kisah berawal dari kunjungan sekelompok mahasiswa yang berkunjung ke sebuah desa. Perjalanan yang awalnya terasa biasa-biasa saja ini ternyata berubah menjadi pengalaman yang menyeramkan dan membuat trauma untuk mereka. Mulai dari suara gamelan yang muncul entah dari mana, hingga adanya sosok penari wanita yang secara tiba-tiba menghilang begitu saja tepat di depan mereka.

KKN Desa Penari berada dalam arahan sutradara Awi Suryadi. Film ini akan tayang pada 19 Maret 2020.

Roh Mati Paksa: Cinta Berujung Maut

Emosi masa muda seringkali membuat remaja bertingkah berlebihan. Boy dan Lastry memiliki sebuah hubungan. Sayang, dengan angkuhnya, Boy mempermainkan perasaan Lastry.

Pada sebuah acara di villa kakek Boy, dia bersama dengan teman-temannya bernama Salsa, Farah, Alvin, Ferry, dan Vina. Keadaan yang awalnya normal berubah menjadi mencekam dengan berbagai teror yang datang. Semua orang diganggu selain Vina. Kemudian Vina merasa perlu mencari sumber teror yang hampir membunuh teman-temannya.

Para aktor dan aktris yang bermain dalam film ini di antaranya Arnold Leonard, Dea Annisa, Gabriella Larasati, Ratu Sikumbang, Ismi Melinda, Ahmad Pule, Natalie Zenn, dan Robert Chaniaago. Roh Mati Paksa: Cinta Berujung Maut berada dalam arahan sutradara Adi Garing dan penulis naskah Agus Noor Ismail. Film ini akan rilis pada 26 Maret 2020.

Djoerig Salawe

Adang dan Asep terlibat dalam persaingan pemilihan lurah. Adang akhirnya keluar sebagai pemenang. Namun bukannya bahagia dan mendapat banyak hal, dia justru mengalami hidup yang naas. Dia bangkrut dan ditinggal istri.

Asep yang kalah justru makin kaya raya bahkan bisa melunasi hutang Adang. Kemudian Adang tahu bahwa Asep meminta bantuan kepada dukun Rojan. Adang meminta bantuan Rojan untuk memenangkan togel. Rojan menerima permintaan Adang yang menjanjikannya jabatan wakil lurah. Setelah itu muncul teror di kampung. Banyak makhluk halus yang mulai mengganggu seperti pocong, babi ngepet dan tuyul. Penampakan makhluk-makhluk itu dipercayai bahwa ada warga yang memelihara memedi untuk mendapatkan kekayaan.

Para aktor dan aktris yang bermain dalam film ini di antaranya Joe P Project, Fico Fahreza, Aming, Ben Kasyafani, Nadine Alexandra, Anyun, Babe Cabita, Dimas Andrean, Mega Carefansa, Gabriella Desta, Inggrid Widjanarko, Mongol, dan Candil. Djoerig Salawe berada dalam arahan sutradara Sahrul Gibran serta penulis naskah Fajar Umbara dan Isman H. Film ini akan rilis pada 26 Maret 2020.


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA MARET atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight