Daftar Fashion Show yang Ditunda Akibat Pandemi Corona COVID-19

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 16 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Daftar acara fesyen sejumlah brand ternama yang ditunda akibat pandemi corona COVID-19, dari Versace hingga Max Mara.
tirto.id - Status corona virus yang sudah ditetapkan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berdampak pada berbagai sektor industri.

Mulai dari industri hiburan, industri perdagangan hingga industri fesyen tak luput dari imbas coronavirus.

Industri hiburan banyak yang menunda jadwal syuting bagi acara-acara yang tidak mendesak.

Industri perdagangan terdampak pada segi pendapatan karena tingkat konsumen masyarakat menurun.

Sedangkan industri fesyen terdampak dengan pembatalan beberapa rencana pagelaran masing-masing brand.

Pada awal tahun biasanya banyak label fesyen yang menggelar pameran untuk karya terbaru edisi tahunan. Namun, akibat adanya pandemi coronavirus yang melanda dunia banyak pagelaran fesyen bulan April hingga Mei yang mengalami pembatalan atau pengunduran jadwal.

Dilansir dari Antara, berikut beberapa pagelaran peragaan busana yang sudah terjadwal dan harus ditunda, bahkan dibatalkan.

1. Versace

Versace merupakan salah satu rumah mode internasional yang harus memutuskan membatalkan pagelarannya.

Keputusan ini diambil setelah adanya kebijakan pembatasan perjalanan yang dikeluarkan oleh otoritas setempat. Pagelaran ini semestinya dihelat pada tanggal 16 Mei 2020 di Amerika Serikat.

2. Giorgio Armani

Rumah mode Giorgio Armani semestinya menggelar acara pagelaran busana pada tanggal 19 hingga 20 April 2020 di Dubai. Namun pandemi global yang melanda membuat pihaknya memutuskan mengundur pagelaran hingga bulan November 2020.

3. Ralph Lauren

Ralpha Lauren juga memutuskan untuk menunda acara pagelaran busananya. Mereka menunda pagelaran yang semestinya dihelat pada bulan April 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

4. Gucci

Salah satu rumah mode asal Italia, Gucci juga telah mengumumkan pembatalan jadwal pagelaran koleksi busana liburan.

Semestinya pagelaran ini digelar pada tanggal 18 Mei 2020 di San Fransisco, Amerika Serikat namun harus dibatalkan karena pandemi corona yang sedang dialami dunia.

5. Channel

Channel juga mengumumkan pembatalan jadwal pagelaran busana di beberapa negara di Asia. Dua jadwal pembatalan pagelaran ini terjadi di Beijing, China yang akan dihelat pada bulan Mei.

6. Prada

Prada juga menjadi salah satu rumah mode yang memutuskan pembatalan pagelarannya. Pihaknya semestinya mengadakan pagelaran busana koleksi liburan pada tanggal 21 Mei 2020 di Jepang namun harus ditunda karena kondisi coronavirus.

7. Dior

Rumah mode Dior juga sudah mengumumkan penundaan pelaksanaan pagelaran yang akan berlangsung di Lecce, Puglia pada 9 Mei 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

8. Hermes

Rumah mode asal Perancis , Hermes juga telah membatalkan pertunjukan koleksi pesiar musim semi 2021. Pertunjukan tersebut semestinya dihelat pada tanggal 28 April 2020 di London.

9. Max Mara

Salah satu rumah mode yang mengalami pembatalan pagelaran acara yaitu Max Mara. Pihaknya telah mengeluarkan keputusan pembatalan acara fesyen show Resort 2021 yang akan diadakan di St. Petersburg, Rusia, pada 25 Mei.

Keputusan pembatalan pagelaran busana yang dilakukan oleh berbagai rumah mode bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para tamu dan karyawan dari penyebaran coronavirus.

Hal ini menjadi tindakan yang dilakukan untuk ambil bagian memerangi penyebaran covid-19 di berbagai belahan dunia dalam bidang industri fesyen.


Baca juga artikel terkait ACARA FASHION SHOW YANG DITUNDA KARENA CORONA atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight