Daftar Aplikasi Android Sambut Ramadan 2019

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 6 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi Android untuk mengisi waktu menunggu buka puasa dan lainnya saat Ramadan 2019.
tirto.id - Ramadan 2019 telah tiba dan umat islam mulai melaksanakan ibadah puasa. Berikut ini terdapat beberapa aplikasi Android yang menarik dan bermanfaat sambil mengisi waktu sebelum buka puasa, mulai dar Al Quran digital, pengingat salat, edukasi, dan sebagainya.

MyQuran Al Quran dan Terjemahan

MyQuran merupakan aplikasi Al Quran digital yang dilengkapi dengan terjemahan. Aplikasi ini sangat membantu bagi pengguna yang ingin membaca kitab suci Al Quran selama Ramadan sambil menanti buka puasa di mana saja. Menurut informasi di deskripsinya, MyQuran ini dikembangan oleh developer asal Cimahi dan sudah bersertifikasi TASHIH dari Kemenag.

Aplikasi MyQuran ini terbilang lengkap dengan dukungan teks arab offline, terjemahan resmi dari Kemenag, terjemahan per kata, dan dilengkapi juga tafsir Al Jalalyn. Tersedia mode gelap atau dark mode guna mendukung kenyamanan membaca saat malam hari.

Muslim Pro

Muslim Pro adalah salah satu aplikasi multifungsi yang sangat cocok menemani pengguna di bulan Ramadan. Beberapa fitur utamanya adalah informasi waktu salat yang akurat berdasarkan lokasi pengguna. Selain itu, tersedia pengingat salat secara vidual dan audio dengan suara adzan.

Selain mengingatkan waktu salat, Muslim Pro ini juga dapat menampilkan waktu imsak dan buka puasa. Fitur lain yang tak kalah berguna adalah menampilkan lokasi rumah makan halal dan masjid terdekat dari lokasi pengguna.


Aplikasi Muslim Pro juga dilengkapi dengan Al Quran digital yang dilengkapi tajwid dan cara membacanya. Tak lupa, Muslim Pro juga membenamkan fitur Asmaul Husna atau 99 nama Allah SWT dan kumpulan doa-doa sehari-hari.

Marbel Belajar Ngaji

Marbel Belajar Ngaji adalah aplikasi Android yang dapat membantu anak untuk belajar dan mengenali huruf hijaiyah lengkap dengan harokatnya. Aplikasi ini dirancang khusus untuk anak-anak usia 3 - 8 tahun, sehingga tampil dengan antarmuka animasi yang menarik.

Menulis Alfabet

Aplikasi Menulis Alfabet ini berbeda dengan Marbel Belajar Mengaji, meski sama-sama memperkenalkan huruf hijaiyah pada anak. Menulis Alfabet ini membantu anak menulis huruf hijaiyah menggunakan jari di layar smartphone atau tablet Android. Anak-anak dapat memilih empat warna yang disediakan dan dilengkapi fitur penghapus.

Marbel Belajar Shalat

Marbel Belajar Shalat merupakan aplikasi yang membantu anak-anak belajar tata cara salat 5 waktu. Aplikasi ini dirancang untuk anak usia 4 - 8 tahun. Selain menawarkan materi pembelajaran salat lima waktu dengan animasi yang menarik, Marbel Belajar Salat ini juga menyediakan game edukasi yang menarik untuk anak-anak yang berhasil menyelesaikan salatnya.

Baca juga artikel terkait RAMADAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Yantina Debora
DarkLight