Daftar 5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang 2018

Oleh: Maria Ulfa - 12 Desember 2018
Dibaca Normal 3 menit
Film Dilan 1990 menjadi film terlaris sepanjang 2018, dengan jumlah penonton sebanyak 6.315.664.
tirto.id - Sepanjang 2018, banyak film-film tanah air yang berhasil menarik minat para pecinta film hingga meraup jutaan penonton. Mulai dari film komedi, drama romantis, hingga horor.

Tirto mencoba merangkum film-film terlaris sepanjang 2018 tersebut, berdasarkan jumlah penonton, dari laman laman Filmindonesia.or.id, pada Rabu (12/12/2018).

Sumber data yang digunakan Filmindonesia.or.id adalah Cinema 21, PPFI, Blitzmegaplex, produser film dan sumber-sumber lainnya.

Berikut ini 5 daftar film terlaris Indonesia sepanjang 2018:

1. Dilan 1990

“Dilan 1990” keluar sebagai film Indonesia dengan penonton terbanyak tahun 2018, dengan total jumlah penonton sebanyak 6.315.664. Jumlah tersebut menjadikan Dilan 1990 sebagai film paling laris ditonton sepanjang 2018.

Film yang diangkat dari novel Pidi Baiq dengan judul “Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990” tersebut mengisahkan tentang, Dilan (Iqbaal Ramadhan), siswa pengendara motor yang satu sekolah dengan si gadis bernama Milea (Vanessa Prescilla).

Dilan tahu semua hal tentang Milea, mulai dari kelas, asal-usul, lokasi rumah, nomor telepon, hingga siapa orang tuanya. Hari-hari berikutnya telepon di rumah Milea berdering tiap malam.

“Dilan 1990” menceritakan kisah cinta SMA, seperti adegan merayu. Kita juga menyaksikan betapa mulusnya kisah asmara ala putih abu-abu, mulai dari pacaran di kelas, jalan selepas pelajaran selesai, hingga memperkenalkan orang tua masing-masing. Film ini rilis pada 25 Januari 2018.

2. Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur

Film terlaris kedua adalah “Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur”. Dengan jumlah penonton sebanyak 3.270.468, menjadikan film ini sebagai film Indonesia terlaris kedua sepanjang 2018 ini.

Film horror yang tayang pada 15 November 2018 ini disutradarai oleh Sony Soraya dan Anggi Umbara.

Film ini mengisahkan Suzzanna (Luna Maya) dan Satria (Herjunot Ali) yang telah menikah selama 7 tahun.

Mereka hidup dengan tentram dan bahagia. Satria merupakan suami yang taat beragama dan sukses dalam pekerjaan. Hanya satu yang kurang, mereka belum dikaruniai seorang anak.

Akan tetapi, kehidupan mereka mulai berubah. Singkat cerita, satria akan berangkat ke luar negeri dan meninggalkan istrinya seorang diri.

Momen tersebut yang dimanfaatkan oleh empat orang perampok yang kelak menjadi pembunuh Suzzanna.

Empat orang itu adalah Jonal (Verdi Solaiman), Umar (Teuku Rifnu Wikana), Dudun (Alex Abbad), dan Gino (Kiki Narendra). Mereka ternyata adalah karyawan Satria yang menyimpan dendam.

Malam hari di mana perampokan terjadi, Suzzanna dibunuh dan dikubur begitu saja oleh keempat kawanan perampok tersebut. Namun, keesokan harinya, Suzzanna ada di rumah dan seolah tidak terjadi apa-apa.

3. Danur 2: Maddah

Urutan nomor 3 ada film “Danur 2: Maddah” yang merupakan sekuel dari film “Danur”, dengan jumlah penonton sebanyak 2.572.672.

Angka tersebut menjadikan “Danur 2” sebagai film terlaris nomor tiga setelah “Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur” di sepanjang 2018 ini.

Dikutip dari Filmindonesia.or.id, film yang diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati dengan judul “Maddah” ini menceritakan tentang Risa (Prilly Latuconsina) yang memiliki 3 sahabat hantu: Peter (Gamaharitz), William (Alexander Bain) dan Jhansen (Kevin Bzezovski).

Risa tinggal berdua bersama adiknya Riri (Sandrina Michelle), karena ibunya sedang menemani ayahnya untuk dinas ke luar negeri.

Keluarga pamannya, Ahmad (Bucek), baru pindah ke Bandung bersama istrinya, Tina (Sophia Latjuba) dan anak mereka Angki (Shawn Adrian). Risa dan Riri sering berkunjung bahkan menginap di rumah om dan tantenya.

Awalnya, Risa tidak merasa ada yang aneh dengan rumah om dan tantenya, namun suatu hari Risa memergoki om Ahmad pergi bersama seorang wanita.

Risa hampir tidak percaya bahwa omnya selingkuh, Risa pun tidak berani menceritakan hal tersebut kepada tantenya, yang akhirnya membuatnya memilih menyelidiki sendiri.

Setelah itu, Angki bercerita bahwa beberapa hal janggal terjadi dan yang paling aneh adalah sikap ayahnya berubah. Suatu malam Risa diganggu oleh hantu perempuan menyeramkan di rumah itu.

Film ini disutradarai oleh Awi Suryadi dan rilis pada 28 Maret 2018 lalu.

4. Si Doel the Movie

Urutan ke-empat, ada film “Si Doel the Movie” dengan jumlah penonton sebanyak 1.757.653.

“Doel The Movie” bercerita tentang hubungan cinta segitiga Doel (rano Karno) setelah 14 tahun Sarah (Cornelia Agatha) pergi tanpa kabar.

Melalui Hans (Adam Jagwani), Sarah meminta Doel yang saat ini sudah berumah tangga dengan Zaenab (Maudy Koesnaedi) ke Amsterdam. Sarah ingin Doel bertemu dengan Dul (Rey Bong), anak hasil pernikahannya dengan Doel.

Tanpa mengetahui maksudnya, Doel ditemani Mandra (Mandra YS) terbang ke Amsterdam. Doel bertemu dengan Sarah dan anaknya Dul.

Namun, kejadian tersebut membuat dilema tersendiri untuk Doel. Ia berada di dalam pilihan sulit.
Pilihan tersebut bergantung pada keputusan si Doel yang tidak ingin membohongi dan melukai perasaan siapa pun.

"Si Doel the Movie" tayang premiere di Pathe Tuschinski Theater, Amsterdam, Belanda pada 23 Juli 2018 dan tayang tanggal 2 agustus 2018 di bioskop Indonesia.

5. Asih

Di urutan ke-lima adalah film “Asih” dengan jumlah penonton sebanyak 1.714.798. Jumlah tersebut memang beda tipis dengan “Si Doel the Movie” yang unggul di atasnya sebanyak 42. 855 penonton.

“Asih” menceritakan tentang perempuan malang yang mengakhiri hidup karena banyaknya kejadian naas yang menimpanya.

Dia diusir dari rumah oleh ibu dan bapaknya, karena seorang laki-laki menghamilinya namun lari dari tanggung jawab.

Sementara, keluarga Asih jelas tidak akan menerima anak Asih yang baru lahir, karena dianggap sebagai aib keluarga.

Semua orang kampung mencemooh Asih, tidak ada satu pun yang membelanya, hingga semua hal itu membuat Asih menjadi gila dan kemudian tega membunuh anaknya sendiri.

Asih menanggung kesedihan dan marah hingga akhir hayatnya. Dia pergi dengan tidak tenang malam itu.

Film bergenre horor ini digarap oleh sutradara Awi Suryadi dari adaptasi novel karya Risa Saraswati dengan mengajak Shaarefa Daanish, Citra Kirana, Darius Sinathrya, Alex Abbad berakting di film ini. Film ini rilis 11 Oktober 2018 lalu.

Pada tahun sebelumnya, film “Pengabdi Setan” menjadi film terlaris sepanjang 2017 dengan jumlah penonton 4.206.103. Diikuti dengan “Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2” (4.083.190), kemudian “Ayat Ayat Cinta 2” (2.840.159), lalu ada “Danur: I Can See Ghosts” (2.736.157), dan “Jailangkung” (2.550.271).


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA TERLARIS 2018 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yandri Daniel Damaledo