Menuju konten utama

CPNS Kemendikbudristek 2021: Link Download Surat Pranata Fotografi

Berikut ini merupakan tautan untuk mengunduh contoh Surat Pernyataan kemapuan dasar fotografi untuk posisi Pranata Forografi di Kemendikbudristek 2021.

CPNS Kemendikbudristek 2021: Link Download Surat Pranata Fotografi
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jabar di GOR Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/1/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.

tirto.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan kesempatan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Bagi peserta yang melamar pada jabatan Pranata Fotografi, wajib melampirkan Surat Pernyataan Kemampuan Dasar Fotografi yang telah dicetak, diisi, dan ditandatangani dengan tinta hitam di atas meterai Rp10.000 serta diberi tanggal sesuai tanggal pendaftaran dalam format .pdf.

Berikut ini merupakan tautan untuk mengunduh contoh Surat Pernyataan kemampuan dasar fotografi.

Format Surat Pernyataan Kemapuan Dasar Fotografi.

Format tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 991 Tahun 2021 Tanggal 24 Juni 2021 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 883 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Calon Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kemendikbud-Ristek Tahun Anggaran 2021.

Alokasi CPNS Kemendikbudristek 2021

Jumlah alokasi kebutuhan CPNS berdasarkan regulasi yang sama, yaitu sejumlah 10.447. Beberapa unit kerja yang mendapatkan alokasi kebutuhan CPNS (alokasi penempatan CPNS), yaitu:

a. Unit Utama Pusat

  • Sekretariat Jenderal
  • Inspektorat Jenderal
  • Direktorat Jenderal Kebudayaan
  • Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
  • Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
  • Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
  • Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar,
  • dan Pendidikan Menengah
  • Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
  • Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
b. Unit Pelaksana Teknis

  • Balai Bahasa Aceh
  • Balai Bahasa Sumatera Utara
  • Balai Bahasa Sumatera Selatan
  • Balai Bahasa Kalimantan Tengah
  • Balai Bahasa Kalimantan Selatan
  • Balai Bahasa Sulawesi Tengah
  • Balai Bahasa Papua

Secara lebih lengkap, berikut tautan berisi rincian unit utama dan unit pelaksana CPNS Kemendikbudristek 2021.

Alur pendaftaran CPNS Kemendikbudristek 2021

Berikut ini merupakan alur pendaftaran CPNS kemendikbudristek 2021:

1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kemdikbudristek.

2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online melalui portal nasional di laman https://sscasn.bkn.go.id dengan memilih menu "Buat Akun".

3. Pelamar wajib mencetak Kartu Informasi Akun Sistem Seleksi Calon ASN 2021.

4. Pelamar melakukan login ke portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id) dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

5. Pelamar melengkapi biodata, memilih jenis seleksi, instansi, jalur kebutuhan, pendidikan dan jabatan yang akan dilamar, serta lokasi tes. Pastikan bahwa instansi yang dituju adalah Kemendikbud-Ristek, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) jenis seleksi, 1 (satu) instansi, 1 (satu) jabatan, dan 1 (satu) jalur kebutuhan.

6. Pada saat memilih jabatan yang akan dilamar, pastikan posisi penempatan sudah sesuai dengan kolom “rencana penempatan dan kode kebutuhan” di Lampiran I.

7. Pelamar wajib mengunggah hasil scan berwarna dokumen persyaratan asli meliputi:

  • Surat lamaran ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, diberi tanggal sesuai tanggal pendaftaran dalam format .pdf; (Isi surat lamaran sebagaimana contoh pada Lampiran II).
  • KTP atau surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), dalam format .jpg atau .jpeg;
  • Surat pernyataan 11 poin yang telah dicetak, diisi, dan ditandatangani dengan tinta hitam di atas meterai Rp10.000 serta diberi tanggal sesuai tanggal pendaftaran dalam format .pdf; (Format dan contoh surat pernyataan 11 poin dapat diunduh pada Lampiran III).
  • Bagi pelamar yang melamar jabatan Pranata Fotografi wajib melampirkan Surat Pernyataan Kemampuan Dasar Fotografi yang telah dicetak, diisi, dan ditandatangani dengan tinta hitam di atas meterai Rp10.000 serta diberi tanggal sesuai tanggal pendaftaran dalam format .pdf;
  • ijazah dan dokumen persyaratan lain, dengan ketentuan:
  1. Ijazah sesuai persyaratan kebutuhan jabatan yang dilamar.
  2. Bagi lulusan luar negeri wajib melampirkan ijazah dan surat keputusan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.
  3. Bagi kebutuhan jabatan yang mensyaratkan sertifikat keahlian/profesi, sertifikat keahlian/profesi tersebut diterbitkan oleh lembaga yang berwenang, sesuai dengan persyaratan kebutuhan jabatan.
  • Transkrip nilai.
  • pas foto dengan latar belakang merah, dengan ketentuan foto seluruh wajah sampai dengan pundak, jelas dan tidak miring serta bukan swafoto, dan dalam format .jpg atau .jpeg;
  • Khusus untuk pelamar kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude, wajib melampirkan:
  1. Informasi berupa salinan surat/sertifikat akreditasi perguruan tinggi atau tangkapan layar (screen capture) yang memuat nomor Surat Keputusan (SK) penetapan akreditasi perguruan tinggi pada saat kelulusan pelamar; dan
  2. Informasi berupa salinan surat/sertifikat akreditasi program studi atau tangkapan layar (screen capture) yang memuat nomor Surat Keputusan (SK) penetapan akreditasi program studi pada saat kelulusan pelamar.
  • khusus untuk pelamar penyandang disabilitas baik yang melamar pada kebutuhan umum maupun kebutuhan khusus, wajib melampirkan:
  1. Surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan tentang jenis dan derajat kedisabilitasan yang dialami; dan
  2. Tautan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar (pelamar mengunggah video singkat tersebut di Youtube/Google Drive/Dropbox/media penyimpanan lainnya). Pastikan tautan video tersebut dapat diakses oleh panitia.
  • khusus untuk pelamar kebutuhan khusus putra/putri Papua dan Papua Barat, wajib melampirkan:
  1. Akta kelahiran atau surat keterangan lahir pelamar; dan
  2. Surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa orang tua (bapak dan/atau ibu) pelamar adalah asli Papua/Papua Barat.

8. Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran Sistem Seleksi Calon ASN.

Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan lainnya dari Ega Krisnawati

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Maria Ulfa