Menuju konten utama
PPG Dalam Jabatan 2023

Contoh Soal PPG Kemenag 2023, Kisi-Kisi Pedagogik, IPA, & Bahasa

Contoh soal PPG Kemenag 2023 untuk peserta Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA-PPG) Daljab.

Contoh Soal PPG Kemenag 2023, Kisi-Kisi Pedagogik, IPA, & Bahasa
Ilustrasi PPG. foto/https://ppg.kemdikbud.go.id/

tirto.id - Contoh soal PPG Kemenag (Kementerian Agama) 2023 dapat dipelajari untuk belajar para peserta yang akan mengikuti Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA-PPG) Madrasah dalam Jabatan (daljab) tahun 2023.

Sebagaimana dilansir laman resmi Kemenag, jadwal Tes Kompetensi USKA-PPG) akan dilaksanakan, pada 24 Maret 2023 dan akan berakhir, pada 26 Maret 2023.

Pengumuman jadwal seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan 2022 telah dirilis Direktorat PPG Kemdikbud melalui website dan media sosial.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain berharap bawah Dengan adanya Uji Seleksi Kompetensi Akademik PPG 2023 dapat menambah kualitas guru.

“Jangan sampai guru-guru yang lulus Uji Seleksi Kompetensi Akademik tersebut adalah guru-guru yang tidak layak dan tidak memiliki ghirah perjuangan yang tinggi," kata Zain mengutip laman resmi Kemenag.

Sehingga dengan semakin dekatnya USKA-PPG, peserta seleksi dapat belajar menggunakan contoh soal USKA-PPG 2023. Berikut sejumlah contoh soal PPG Kemenag yang dilansir dari laman Sipenmad-Kalteng.

Contoh Soal PPG Kemenag 2023 Materi Pedagogik

1. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral …..

a. Prakonvensional

b. Konvensional

c. Pascakonvensional

d. Interkonvensional

2. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan …..

a. sosial-emosional

b. kognitif

c. moral

d. spiritual

3. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

a. 0 - 2 tahun

b. 2 - 7 tahun

c. 7 - 11/12 tahun

d. 11/12/ - 14/15 tahun

Contoh Soal PPG Kemenag 2023 Materi Bahasa Inggris

1. A teacher should know how extrovert students learn in the classroom. The following activities can make them more comfortable in learning EXCEPT.…

a. working on a worksheet independently

b. presenting materials in front of the class

c. answering questions verbally

d. solving problems with others

e. discussing a topic in groups

2. Mr. Dika is aware that his students consistently make grammatical errors in his grammar class. He then designs to conduct classroom action research by applying which of the following strategies?

a. Communicative language teaching

b. Inductive method

c. Contrastive analysis

d. Mind-mapping

e. Error analysis

3. Utilizing strategies to motivate students’ learning is among key factors in making students successful in learning English because it may.…

a. help students set their own achievable learning objectives

b. make the students enthusiastic about the teacher in learning

c. create a pleasant, relaxed and enjoyable learning environment

d. make students active participants in completing language tasks

e. use achievable and relevant learning materials helpful for students

Contoh Soal PPG Kemenag 2023 Materi Bahasa Indonesia

1. Penulisan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat...

a. Dimas memerlukan perlengkapan: tas, sepatu, dan alat tulis baru untuk sekolah.

b. Ayah membeli barang-barang rumah tangga: perkakas dapur dan baju baru.

c. Guru saya, Pak Redi sangat pandai, dan kreatif.

d. Ber-evolusi berarti melakukan evolusi.

2. Cermatilah kalimat berikut!

Setiap peserta didik harap membawa piring sendok dan gelas saat pesantren. Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah...

a. Setiap peserta didik harap membawa piring, sendok, dan gelas saat pesantren.

b. Setiap peserta didik harap membawa; piring, sendok, dan gelas saat pesantren.

c. Setiap peserta didik harap membawa, piring, sendok, dan gelas saat pesantren.

d. Setiap peserta didik harap membawa: piring, sendok, dan gelas saat pesantren.

3. Kalimat di bawah ini yang menggunakan tanda baca dengan tepat adalah...

a. Andre bertanya:"Apakah kamu bahagia?"

b. Gaya rambut "bob" sudah tidak populer lagi di Indonesia.

c. Sultan naik bus antar kota ke malang Jawa Timur.

d. Rate of inflation, 'laju inflasi', di Indonesia mulai turun.

Contoh Soal PPG 2023 Matematika

1. Suatu kompetensi dasar pada pembelajaran Matematika Kelas XI adalah menganalisis sifat- sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3. Rumusan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut, kecuali …

a. Menentukan adjoin matriks-matriks berordo 3x3

b. Mengidentifikasi matriks singular

c. Menentukan Kofaktor matriks berordo 2x2

d. Menentukan minor matriks berordo 3x3

e. Memahami hubungan matriks identitas dengan invers matriks

2. Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk menanggapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah ....

a. Memberikan siswa berpendapat sesuai keinginan

b. Meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat

c. Memperhatikan pendapat yang diungkapkan

d. Memberikan arahan jika pendapatnya kurang benar

e. Jawaban a, b, c, d, benar

3. Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menjelaskan panjang sisi suatu segitiga berdasarkan kesebangunan dua segitiga. Materi yang paling sesuai untuk mencapai indikator tersebut adalah ….

a. Syarat kesebangunan dua segitiga

b. Pengertian kesebanguna dua segitiga

c. Ciri-ciri kesebanguna dua segitiga.

d. Perbandingan sudut-sudut dua segitiga sebangun

e. Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga

Contoh Soal PPG IPA

1. Pak Rudi mengajar IPA di SMP Harapan Bangsa. Di SMP tersebut terdapat kebun sekolah yang hijau, koleksi tanaman obat, wastafel tempat cuci tangan di depan setiap kelas, bak sampah, biopori untuk resapan air, serta ada rumah kaca tempat para siswa mengembangbiakan tanaman. Pak Rudi akan mengajar IPA siswa kelas VII tentang upaya mengatasi sampah dalam kehidupan dengan Problem Based Learning. Pak Rudi berhasil dengan baik, maka langkah pertama yang harus dilakukan Pak Rudi adalah ...

a. Menugaskan siswa mengidentifikasi beragam limbah di bak sampah sekolah

b. Menugaskan siswa memfokuskan pada limbah kertas atau plastik di bak sampah sekolah

c. Menetapkan jenis produk daur ulang yang akan dibuat

d. Membuat jadwal alokasi waktu pembuatan produk

e. Mempresentasikan hasil hasil karya daur ulang limbah

2. Bu Nina melakukan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat melakukan pengukuran kuat arus listrik pada rangkaian. Bu Nina memulai dengan mengkondisikan siswa untuk belajar, memotivasi, dan menyampaikan tujuan. Kemudian Bu Nina mendemonstrasikan cara mengukur kuat arus listrik pada suatu rangkaian. Langkah Bu Nina selanjutnya yang paling tepat adalah ...

a. Bertanya jawab tentang cara mengukur kuat arus listrik

b. Meminta siswa untuk menerapkan cara mengukur arus listrik pada berbagai rangkaian listrik

c. Bertanya-jawab tentang pengertian arus listrik, kuat arus listrik, dan cara pengukurannya

d. Memancing rasa ingin tahu siswa tentang cara pengukuran arus listrik di rumah

e. Meminta siswa untuk menirukan pengukuran arus listrik seperti demonstrasi Bu Nina

3. Terdapat KD: Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku) Dalam kehidupan sehari-hari banyak cara untuk mengukur panjang suatu benda, seperti menggunakan ukuran langkah, depa, dan meter. Di antara pilihan berikut yang merupakan indikator pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi adalah ...

a. Menganalisis kesalahan yang mungkin terjadi dari hasil pengukuran panjang

b. Menjelaskan perbedaan ketepatan mengukur panjang suatu benda dengan alat ukur standar dan alat ukur tidak standar

c. Menjelaskan pentingnya menggunakan alat ukur standar dalam pengukuran

d. Menjabarkan cara menggunakan penggaris untuk mengukur panjang benda

e. Menyebutkan jenis-jenis alat ukur standar, besaran, dan satuan panjang.

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani