Menuju konten utama

Contoh Reklame Komersial, Fungsi dan Pengertiannya

Apa itu reklame komersial? Berikut pengertian, fungsi dan contohnya.

Contoh Reklame Komersial, Fungsi dan Pengertiannya
Ilustrasi Papan Reklame. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Reklame secara umum bisa dipahami sebagai media untuk mempromosikan produk atau jasa agar lebih banyak dikenal oleh orang banyak atau calon konsumen.

Namun secara bahasa, reklame asalnya adalah dari bahasa latin “re clamare” atau “re calmo” yang maknanya adalah “re” artinya berulang-ulang dan “clamare/clamo” artinya berteriak.

Dapat diartikan, sebagai teriakan yang berulang-ulang untuk menarik perhatian orang dan memberitahukan / mengajak / menganjurkan sesuatu.

Agar dapat melakukan promosi secara efektif, perlu diketahui lebih dahulu jenis reklame apa yang sesuai dengan produk atau jasa yang hendak dipromosikan. Reklame sendiri dibagi menjadi dua macam menurut bentuknya yaitu:

  • Reklame komersial
  • Reklame nonkomersial

Namun demikian, yang akan dibahas dalam artikel ini adalah reklame komersial.

Reklame Komersial

Tujuan reklame komersial adalah untuk mencari laba atau keuntungan sebesar-besarnya dari konsumen yang menjadi target pasar reklame tersebut.

Isi dari reklame komersial biasanya adalah bentuk promosi barang atau jasa seperti keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh pembuat reklame. Misalnya reklame produk makanan akan berisi informasi mengenai rasa, bentuk, ukuran, atau harganya yang lebih terjangkau.

Merujuk e-modul yang dirilis Kemdikbud, reklame komersial secara garis besar maknanya adalah suatu sarana untuk mengajak seseorang atau kelompok dengan tujuan mencari keuntungan dalam bentuk materi.

Sifat dari reklame komersial adalah mengandung beberapa unsur di bawah ini yakni:

  • Persuasif. Artinya reklame bersifat mengajak, entah mengajak untuk membeli produk atau mengajak untuk memilih produk tersebut.
  • Estetis. Artinya bentuk reklame harus memiliki nilai estetis berupa unsur keindahan, keseimbangan supaya terlihat harmonis, irama, kontras, sopan atau sesuai dengan norma dan bersifat mendidik.

Fungsi Reklame Komersial

Seperti telah dijelaskan di atas, fungsi reklame secara umum adalah memperkenalkan kepada orang banyak atau khalayak ramai tentang suatu produk atau jasa yang sudah atau yang baru agar dapat menarik minat dan mendapatkan keuntungan secara materi/uang/laba.

Mengutip Guru Berbagi, jadi fungsi atau tujuan reklame adalah:

  • Memperkenalkan suatu produk pada khalayak atau masyarakat;
  • Agar pembeli lebih tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan;
  • Agar perusahaan produk tersebut banyak keuntungan.

Contoh Reklame Komersial

  • Reklame berbentuk selebaran yang diberikan di depan sebuah restoran, berisi daftar makanan dan fotonya serta harga.
  • Reklame berbentuk poster berukuran besar yang ditempelkan di pinggir jalan raya, bergambar sebuah produk mie instan, minuman, ponsel dan lainnya.
  • Reklame berbentuk advertensi yakni gambar dan tulisan di media cetak: majalah, koran atau tabloid berisi produk makanan misalnya es krim atau jasa seperti bengkel mobil.
  • Reklame berbentuk spanduk yang terbuat dari kain atau plastik panjang berisi gambar dan tulisan yang dibentangkan melintang di atas jalan raya, atau membujur di sisi jalan raya agar mudah dilihat oleh pengguna jalan. Spanduk rokok adalah yang paling sering ditemukan di sepanjang jalan.
  • Dll

Baca juga artikel terkait REKLAME atau tulisan lainnya dari Cicik Novita

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Alexander Haryanto